Pentas Tunggal 25 Tahun Berkarya Teater Kinasih.jpg

Hobi dan Hiburan

Pentas Tunggal 25 Tahun Berkarya Teater Kinasih

Ada yang sudah tahu tentang Teater Kinasih? Bagi yang belum tahu tentang Teater Kinasih, teater ini adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari sebuah perguruan tinggi di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, yaitu Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP).

Dalam rangka 25 tahun berkarya di bidang seni pertunjukan teater, Teater Kinasih telah mempersiapkan sebuah pertunjukan tunggal yang berjudul Don’t Let Me Down. Naskah Don’t Let Me Down ditulis serta disutradarai alumni dari IISIP Jakarta Ahmad Alfian yang masih aktif di Teater Kinasih.

Alfian menjelaskan melalui aplikasi pesan singkat (15/2/2019), awalnya saat pengajuan pementasan tunggal ini mengalami kesulitan dalam hal perizinan dari pihak kampus dan sempat diberikan surat pembekuan untuk Teater Kinasih.

“Karena naskah Don’t Let Me Down ini sebuah naskah yang cukup sensitif dengan mengangkat isu LGBT, jadi awalnya sangat amat kontroversi antara Teater Kinasih dan pihak kampus sendiri,” jelas Alfian.

[Baca Juga: Ronggeng Kulawu, Kisah Jugun Ianfu di Galeri Indonesia Kaya]

Namun, pihak kampus IISIP akhirnya menyetujui dan mendukung penuh untuk pementasan tunggal Teater Kinasih yang digelar tanggal 17 Maret 2019. Alfian mengatakan pihak kampus bersedia untuk berbincang dua arah dengan para tim produksi sehingga menemukan titik kebenaran naskah Don’t Let Me Down dan akhirnya mendukung pementasan ini.

Pertunjukan teater memang melibatkan banyak seni, termasuk seni peran, seni tari dan seni musik. Dalam pementasan tunggal yang memasuki usia perak ini,Teater Kinasih berkolaborasi di keaktoran dengan teater dari Universitas Pakuan Bogor dan Teater Alit seperti yang diutarakan Alfian. Selain itu, pementasan ini juga bekerjasama dengan Kenari (UKM Tari IISIP) dan Retum (UKM Musik IISIP). Sedangkan aktor utama dalam pertunjukan Don’t Let Me Down ini para anggota Teater Kinasih yang mayoritas mahasiswa dan alumni IISIP.

Alfian menyampaikan melalui personal message di Whatsapp pada PingPoint (15/2/2019), dia membuat karya ini untuk menjadi karya yang bermanfaat dengan pesan yang bisa di ambil dari banyak sudut pandang karena naskahnya ditulis dengan sangat amat berhati-hati. Dengan mengangkat isu LGBT yang cukup sensitif di mata masyarakat, dia tidak bisa menjawab saat dikatakan pesan apa yang ingin disampaikan melalui Don’t Let Me Down.

“Kalau ngomongin pesan, aku tak bisa menjawab. Biarkan mereka yang menyaksikan mengambil apa yang mungkin bisa diambil”, ujarnya.

[Baca Juga: Rumah Kami yang Tidak Bungkam di Galeri Cemara Menteng]

Pementasan teater Don’t Let Me Down akan diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) pukul 19.30. Harga tiket untuk menonton Pentas Tunggal 25 Tahun Teater Kinasih mulai dari Rp. 50.000 untuk Balkon, Reguler Rp. 125.000 dan VIP seharga Rp. 200.000.

Bagi Anda yang tertarik dan merasa penasaran dengan karya yang ditulis dengan tema yang menjadi isu besar diangkat ke dalam pertunjukan teater oleh Teater Kinasih, Anda bisa memesan tiket terlebih dahulu dengan mengunjungi akun Instagram Teater Kinasih @teaterkinasih. Pementasan ini akan dipenuhi dengan tata cahaya dan musik yang menghidupkan cerita dalam naskah Don’t Let Me Down yang tentunya sayang untuk dilewatkan.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.