Pentas Tunggal 25 Tahun Berkarya Teater Kinasih.jpg

Hobi dan Hiburan

Pentas Tunggal 25 Tahun Berkarya Teater Kinasih

Ada yang sudah tahu tentang Teater Kinasih? Bagi yang belum tahu tentang Teater Kinasih, teater ini adalah salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari sebuah perguruan tinggi di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan, yaitu Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (IISIP).

Dalam rangka 25 tahun berkarya di bidang seni pertunjukan teater, Teater Kinasih telah mempersiapkan sebuah pertunjukan tunggal yang berjudul Don’t Let Me Down. Naskah Don’t Let Me Down ditulis serta disutradarai alumni dari IISIP Jakarta Ahmad Alfian yang masih aktif di Teater Kinasih.

Alfian menjelaskan melalui aplikasi pesan singkat (15/2/2019), awalnya saat pengajuan pementasan tunggal ini mengalami kesulitan dalam hal perizinan dari pihak kampus dan sempat diberikan surat pembekuan untuk Teater Kinasih.

“Karena naskah Don’t Let Me Down ini sebuah naskah yang cukup sensitif dengan mengangkat isu LGBT, jadi awalnya sangat amat kontroversi antara Teater Kinasih dan pihak kampus sendiri,” jelas Alfian.

[Baca Juga: Ronggeng Kulawu, Kisah Jugun Ianfu di Galeri Indonesia Kaya]

Namun, pihak kampus IISIP akhirnya menyetujui dan mendukung penuh untuk pementasan tunggal Teater Kinasih yang digelar tanggal 17 Maret 2019. Alfian mengatakan pihak kampus bersedia untuk berbincang dua arah dengan para tim produksi sehingga menemukan titik kebenaran naskah Don’t Let Me Down dan akhirnya mendukung pementasan ini.

Pertunjukan teater memang melibatkan banyak seni, termasuk seni peran, seni tari dan seni musik. Dalam pementasan tunggal yang memasuki usia perak ini,Teater Kinasih berkolaborasi di keaktoran dengan teater dari Universitas Pakuan Bogor dan Teater Alit seperti yang diutarakan Alfian. Selain itu, pementasan ini juga bekerjasama dengan Kenari (UKM Tari IISIP) dan Retum (UKM Musik IISIP). Sedangkan aktor utama dalam pertunjukan Don’t Let Me Down ini para anggota Teater Kinasih yang mayoritas mahasiswa dan alumni IISIP.

Alfian menyampaikan melalui personal message di Whatsapp pada PingPoint (15/2/2019), dia membuat karya ini untuk menjadi karya yang bermanfaat dengan pesan yang bisa di ambil dari banyak sudut pandang karena naskahnya ditulis dengan sangat amat berhati-hati. Dengan mengangkat isu LGBT yang cukup sensitif di mata masyarakat, dia tidak bisa menjawab saat dikatakan pesan apa yang ingin disampaikan melalui Don’t Let Me Down.

“Kalau ngomongin pesan, aku tak bisa menjawab. Biarkan mereka yang menyaksikan mengambil apa yang mungkin bisa diambil”, ujarnya.

[Baca Juga: Rumah Kami yang Tidak Bungkam di Galeri Cemara Menteng]

Pementasan teater Don’t Let Me Down akan diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) pukul 19.30. Harga tiket untuk menonton Pentas Tunggal 25 Tahun Teater Kinasih mulai dari Rp. 50.000 untuk Balkon, Reguler Rp. 125.000 dan VIP seharga Rp. 200.000.

Bagi Anda yang tertarik dan merasa penasaran dengan karya yang ditulis dengan tema yang menjadi isu besar diangkat ke dalam pertunjukan teater oleh Teater Kinasih, Anda bisa memesan tiket terlebih dahulu dengan mengunjungi akun Instagram Teater Kinasih @teaterkinasih. Pementasan ini akan dipenuhi dengan tata cahaya dan musik yang menghidupkan cerita dalam naskah Don’t Let Me Down yang tentunya sayang untuk dilewatkan.


Read More

Artikel Lainnya

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.


Comments


Please Login to leave a comment.