Pentas Virtual Saksikan Aksi Budayawan Modern dalam Dongeng Ala Cinta Jiwo

Hobi dan Hiburan

Pentas Virtual: Saksikan Aksi Budayawan Modern dalam Dongeng Ala Cinta Jiwo

Berawal dari ragam budaya yang beraneka dan kesenian tradisional yang dimiliki Indonesia, namun pelestariannya yang masih dipertanyakan. Di tengah meluapnya kebudayaan modern, timbul kekhawatiran kesenian tradisional semakin terlupakan, salah satunya pewayangan. Kesenian asal Pulau Jawa tersebut merupakan pertunjukan elit dari kerajaan di masa lalu. Namun, pertunjukan wayang di kalangan anak muda sekarang mulai luntur dan tidak terjaga apresiasinya.

Dalam hal ini seorang budayawan bernama Agus Hadi Sudjiwo atau akrab dengan nama Sujiwo Tejo berhasil menjawab modernisasi seni tradisional berwujud Dongeng Cinta. Awalnya ia ingin berpartisipasi dalam usaha pelestarian dan pengembangan tradisi pewayangan Indonesia yang diperuntukkan bagi seluruh masyarakat untuk mencintai kesenian budaya asli Tanah Air.

Pentas Virtual Saksikan Aksi Budayawan Modern dalam Dongeng Ala Cinta Jiwo

Bersama beberapa seniman pendukung dan paduan suara Universitas Parahiyangan, Sujiwo Tejo menghadirkan eksperimental pewayangan dalam sensibilitas kontemporer melalui dongeng sastra atau lisan yang atraktif.

Mereka menggabungkan seni teater dan seni tari, serta berpadu dengan sastra musik dan seni rupa sehingga menciptakan sebuah karya seni berupa dongeng kontemporer. Sejak 2009 lalu, Sujiwo Tejo sudah mementaskan Drama Musikal Kontemporer yang dikemas lewat Dongeng Cinta Kontemporer.

Sedangkan di tahun 2020 ini, Dongeng Cinta Jiwo tetap aktif dalam bentuk virtual akibat dampak covid-19. Bertajuk Dongeng Cinta Ceuk Aing, merupakan refleksi kegelisahan Sujiwo Tejo yang dilakonkan oleh tokoh si Tukang Cerita. Suatu hari dia melakukan pencarian spiritual dan membawa kegelisahan tentang cinta, sosial, sampai politik. Dia ingin mencari tau, “siapa aku” sebagai diri sendiri, aku sebagai makhluk sosial, dan aku sebagai sebuah komunitas bangsa.

[Baca Juga: Pemerintah Dorong Musisi Tetap Berkarya Dengan Konser Virtual]

Chief Growht Officer KiosTix Andhika Soetalaksana memberikan alasan di masa pandemi ini, banyak content creator atau pelaku seni yang memiliki hubungan dengan sejarah dan budaya bisa dilakukan melalui virtual untuk mengasah kembali kemampuan penonton acara tersebut.

"Dengan adanya drama musikal modern oleh budayawan kondang Indonesia bisa menjadi artikulasi hiburan masa kini untuk mengasah kemampuan. Tentunya dengan hal ini kita yakin bisa mengambil hikmah dan pelajaran dari budaya berharga secara langsung di platform KiosLive," ujar Andhika dalam rilis yang diterima PingPoint.co.id (7/8/2020).

Dalam pelaksanaan pemanggungan dongeng dengan sentuhan dramaturgi musikal yang dikemas dalam paduan lagu-lagu dan tarian untuk membuat tiap adegan dan alur kisahnya lebih bermakna bagi seluruh tawa dan tangis kita.

[Baca Juga: Kemendikbud Hidupkan Kembali Karya Sastra Indonesia Lewat Siniar Sandiwara Sastra]

Dongeng Cinta Jiwo virtual bakal hadir pada 30 Agustus 2020 pukul 20.00 WIB melalui streaming KiosLive. Adapun jenis tiket yang bisa kamu beli dan keuntungannya adalah Kategori 1 (termasuk: sarung eksklusif original, voucher sejumlah 750 ribu), Kategori 2 (termasuk: Buku Sujiwo Tejo bertanda tangan asli, voucher sejumlah 600 ribu), dan Kategori 3 (termasuk: voucher sejumlah 500 ribu). Tiket tersedia di KiosTix.com!

Tiket Dongeng Jiwo: Dongeng Cinta Ceuk Aing sudah dapat dibeli secara langsung di KiosTix dengan penjualan tiket untuk kategori 1, 2 dan 3. Masing-masing kategori tiket memiliki tambahan kauntungan yang berbeda. Tiket kategori 1 terdapat (Tiket Nonton, Sarung/Kaos Eksklusif Limited Edition, Voucher IDPhotobook 250K, Special Secret Gift dari Sujiwo Tejo), kategori 2 terdapat (Tiket Nonton, Buku karangan Sujiwo Tejo bertanda tangan asli limited edition dan Voucher IDPhotobook 250K), sedangkan kategori 3 terdapat (Tiket Nonton dan Voucher IDPhotobook 250K).

Pembelian tiket hanya dapat dilakukan melalui laman resmi www.KiosTix.com. Untuk informasi terkait Dongeng Jiwo lainnya dapat dipantau melalui website www.dongengjiwo.com dan akun Instagram resmi @dongengjiwo


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 1 year, 10 months lalu
    hanna56

    Pingin miliki barang kesukaan tp isi dompet gak pernah tercukupi.. jangan bersedih guys....karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165... bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan

  • Larisa 1 year, 10 months lalu
    larisa

    Bosan di rumah karena pandemi covid-19 Keuangan anda berkurang karena di potong gaji <a hre f="https://bola165.org/" title="Agen Judi Bola" rel="nofollow">Bola165</a> solusi untuk anda semua Buruan gabung bersama kami dan menangkan hadiahnya !!! Banyak promo menarik untuk anda semua Tunggu apa lagi buruan bermain dan menangkan hadiahnya Menjadi milyader bukan lagi sebuah mimpi guysss !!!!!!!