Pentingkah Elektrolit Bagi Tubuh

Kesehatan

Pentingkah Elektrolit Bagi Tubuh?

Anda tentu sudah sering mendengar tentang minuman elektrolit yang biasanya diasosiasikan dengan minuman yang pas untuk berolahraga. Tapi sebenarnya apa yang dimaksud dengan elektrolit? Elektrolit merupakan jenis mineral di dalam tubuh manusia yang memiliki muatan positif dan negatif. Dengan kata lain, elektrolit adalah mineral yang mengantarkan listrik ketika larut dalam air.

Elektrolit disebarkan dalam tubuh kita melalui cairan tubuh dan kemudian energi listrik dari elektrolit akan digunakan untuk manjalankan berbagai fungsi tubuh. Elektrolit bisa ditemukan di dalam darah, keringat, air seni dan cairan tubuh lainnya.

Pentingkah Elektrolit Bagi Tubuh

Ada sejumlah zat yang terkandung dalam elektrolit, yakni sodium, klorin, potasium, magnesium, dan kalsium. Sedangkan fungsi dari elektrolit ialah mengontrol keseimbangan cairan dalam tubuh, mengatur tekanan darah, mendistribusikan zat gizi ke sel-sel di tubuh, sampai mencegah gejala heat stroke dan keram otot saat berolahraga.

[Baca Juga: Inilah Waktu yang Tepat untuk Minum Air Putih]

Elektrolit adalah mineral yang terdapat di dalam cairan tubuh kita. Karenanya, ketika tubuh Anda kehilangan banyak cairan dalam jangka waktu yang pendek, maka tubuh dapat kekurangan mineral-mineral yang disebutkan tadi. Misalnya, saat Anda berolahraga di suhu yang sangat panas, ketika Anda melakukan olahraga dengan intensitas tinggi atau berolahraga selama lebih dari 60 menit. Penurunan kadar elektrolit juga dapat terjadi saat tubuh dehidrasi akibat diare, muntah, dan sebagainya.

Pada umumnya, mengonsumsi air putih yang cukup dapat membantu menggantikan cairan tubuh yang hilang. Namun, jika tubuh kehilangan cairan akibat berolahraga, Anda dapat mengonsumsi minuman elektrolit untuk segera memulihkan kadar cairan dan elektrolit di dalam tubuh sekaligus memulihkan energi. Minuman elektrolit tak hanya mengandung sodium dan potasium, namun juga mengandung karbohidrat yang dibutuhkan tubuh untuk sumber energi.

[Baca Juga: Minuman Sehat dan Nikmat yang Bermanfaat Bagi Tubuh]

Minuman elektrolit bisa Anda buat sendiri di rumah, dengan mudah dengan mencampur 1 liter air putih, 6 sendok teh gula dan setengah sendok teh garam. Selain membuat minuman elektrolit tadi, Anda juga dapat membuat minuman jus dengan menggunakan buah-buahan yang kaya potasium dicampur dengan madu dan sedikit garam. Selain itu, air kelapa juga jenis minuman yang secara alami mengandung beberapa jenis elektrolit.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.