Tebet-Kesehatan-Pentingnya Ayah Bisa Meramu MPASI-Yakub 2.jpg

Kesehatan

Pentingnya Ayah Bisa Meramu MPASI

Tanggung jawab anak ada pada orangtua. Artinya bukan hanya ibu, ayah juga harus dilibatkan dalam proses merawat si kecil. Melansir dari Momjunction.com (14/1/2019), ketika Anda menjadi seorang ayah, Anda secara otomatis harus bisa melindungi dan memenuhi kebutuhan keluarga. Tanggung jawab Anda sebagai ayah, wajib mengetahui perkembangan buah hati.

Selain harus tahu soal proses menyusui, sebaiknya para suami juga belajar tentang pentingnya meramu makanan penunjang ASI atau MPASI. Karena seorang ibu tak bisa selalu berjaga 24 jam untuk mengawasi sang buah hati, mereka pun butuh beristirahat.

[Baca Juga: 5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi]

Menurut penelitian yang dilakukan World Health Organization (WHO), angka keberhasilan ibu menyusui selama enam bulan bahkan lebih belum mencapai 80 persen. Posisi ayah untuk bisa membantu sang ibu dalam memberi makanan penunjang bisa dikatakan masih minim.

Suami sebagai pasangan yang ikut bertanggungjawab terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak, diharapkan mendukung isteri dalam masalah menyusui dan memberi asupan makanan penunjang bagi sang buah hati.

Ayah juga harus bisa membuat MPASI

Jika sang anak mulai lapar, di sinilah peran ayah dibutuhkan. Meski memiliki gaya komunikasi yang berbeda. Tak ada salahnya jika ayah meramu MPASI.

Selain lebih ekonomis, keuntungan yang didapat jika sang ayah bisa meramu MPASI bagi anak, ialah dapat mengambil alih posisi ibu sementara yang sudah menyusui sepanjang hari.

Tak hanya itu, jika diajarkan cara membuat makanan penunjang makanan bayi, para ayah dapat mengetahui buah-buahan, sayuran, dan makanan lainnya sendiri untuk kebutuhan nutrisi anaknya.

[Baca Juga: Disiplin Pegang Peranan Penting Sukses ASI Eksklusif]

Sang ayah juga bisa memilih berbagai jenis varian masakan tanpa menganggu ibu yang sedang menyusui. Jika sudah bisa meramu makanan penunjang bayi sendiri, para ayah tak perlu takut jika ditinggal berduaan saja dengan si kecil.

Jika sanggup meramu makanan penunjang makanan bayi sendiri, ikatan batin antara sang ayah terhadap anak semakin terjalin.

Romantisme antara ayah, ibu dan anak berangsur kuat dan bisa mempererat kedekatan dengan buah hati. Sang ibu pun tak akan cemas meninggalkan anaknya kepada ayah. Dengan begitu, orang tua bisa saling mengisi satu sama lain untuk membentuk anak yang sehat.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.