Tebet-Kesehatan-Pentingnya Ayah Bisa Meramu MPASI-Yakub 2.jpg

Kesehatan

Pentingnya Ayah Bisa Meramu MPASI

Tanggung jawab anak ada pada orangtua. Artinya bukan hanya ibu, ayah juga harus dilibatkan dalam proses merawat si kecil. Melansir dari Momjunction.com (14/1/2019), ketika Anda menjadi seorang ayah, Anda secara otomatis harus bisa melindungi dan memenuhi kebutuhan keluarga. Tanggung jawab Anda sebagai ayah, wajib mengetahui perkembangan buah hati.

Selain harus tahu soal proses menyusui, sebaiknya para suami juga belajar tentang pentingnya meramu makanan penunjang ASI atau MPASI. Karena seorang ibu tak bisa selalu berjaga 24 jam untuk mengawasi sang buah hati, mereka pun butuh beristirahat.

[Baca Juga: 5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi]

Menurut penelitian yang dilakukan World Health Organization (WHO), angka keberhasilan ibu menyusui selama enam bulan bahkan lebih belum mencapai 80 persen. Posisi ayah untuk bisa membantu sang ibu dalam memberi makanan penunjang bisa dikatakan masih minim.

Suami sebagai pasangan yang ikut bertanggungjawab terhadap kesehatan dan kesejahteraan anak, diharapkan mendukung isteri dalam masalah menyusui dan memberi asupan makanan penunjang bagi sang buah hati.

Ayah juga harus bisa membuat MPASI

Jika sang anak mulai lapar, di sinilah peran ayah dibutuhkan. Meski memiliki gaya komunikasi yang berbeda. Tak ada salahnya jika ayah meramu MPASI.

Selain lebih ekonomis, keuntungan yang didapat jika sang ayah bisa meramu MPASI bagi anak, ialah dapat mengambil alih posisi ibu sementara yang sudah menyusui sepanjang hari.

Tak hanya itu, jika diajarkan cara membuat makanan penunjang makanan bayi, para ayah dapat mengetahui buah-buahan, sayuran, dan makanan lainnya sendiri untuk kebutuhan nutrisi anaknya.

[Baca Juga: Disiplin Pegang Peranan Penting Sukses ASI Eksklusif]

Sang ayah juga bisa memilih berbagai jenis varian masakan tanpa menganggu ibu yang sedang menyusui. Jika sudah bisa meramu makanan penunjang bayi sendiri, para ayah tak perlu takut jika ditinggal berduaan saja dengan si kecil.

Jika sanggup meramu makanan penunjang makanan bayi sendiri, ikatan batin antara sang ayah terhadap anak semakin terjalin.

Romantisme antara ayah, ibu dan anak berangsur kuat dan bisa mempererat kedekatan dengan buah hati. Sang ibu pun tak akan cemas meninggalkan anaknya kepada ayah. Dengan begitu, orang tua bisa saling mengisi satu sama lain untuk membentuk anak yang sehat.

Read More

Artikel Lainnya

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.

Pebisnis Louhan 1.jpg

Bisnis

Cerita Pebisnis Ikan Louhan, Berawal dari Hobi Hingga Untung Jutaan Rupiah

10 April 2021, 16:09

Memiliki keunikan tersendiri, ikan louhan diminati banyak orang. Ada yang menjadi hiasan di rumah, sampai menjadikannya peluang usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.