Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat

Kesehatan

Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat

Seiring dengan tahun ajaran baru, maka penting bagi setiap keluarga untuk memerhatikan asupan nutrisi tepat bagi anak. Karena nutrisi yang tepat tentu memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mendukung kemampuan belajar. Status gizi yang baik dapat dicapai apabila anak mengonsumsi makanan dengan kandungan energi dan zat gizi sesuai kebutuhannya.

Saat ini masih ditemukan berbagai masalah gizi yang berdampak pada pertumbuhan fisik dan sejumlah masalah kesehatan lainnya, seperti anemia atau kurang darah. Hal ini terkait dengan tidak seimbangnya asupan gizi anak sekolah. Menurut Data Riset Kesehatan Dasar 2018 dari Kementerian Kesehatan menemukan bahwa 95.5 persen populasi usia di atas 5 tahun tidak mengonsumsi buah dan sayuran secara cukup.

Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat

Sedangkan, buah maupun sayuran kaya akan vitamin, mineral, dan serat yang penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian, meningkatkan imunitas anak, dan mencegah berbagai penyakit. Royal Philips terdorong untuk mengingatkan kembali pentingnya asupan nutrisi yang tepat.

Head of Personal Health Philips Indonesia Yongky Sentosa mengungkapkan, generasi muda yang sehat pastinya akan lebih dapat berkontribusi terhadap pembangunan bangsa ini. “Untuk membesarkan generasi yang sehat dan cerdas dibutuhkan dukungan keluarga untuk memulai pola hidup sehat sejak dini, dan semua itu berawal dari rumah,” ujar Yongky melalui rilis yang diterima oleh PingPoint.co.id (3/8/2019).

[Baca Juga: Festival Pangan Gizi Seimbang di Kepulauan Seribu]

Nutrisionis dan Ketua Indonesia Sport Nutritionist Association, serta konsultan gizi dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, juga menjelaskan bahwa anak-anak di rentang usia sekolah memiliki kebutuhan nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan orang dewasa. Hal ini hanya dapat dipenuhi dengan pola makan yang sehat dan seimbang.

Anak sekolah membutuhkan kecukupan energi, protein, kalsium, dan zink untuk bisa bertumbuh dan melakukan berbagai aktivitas. Anak sekolah membutuhkan zat besi dan asam lemak esensial untuk bisa konsentrasi dalam belajar, serta membutuhkan vitamin C dan berbagai vitamin, mineral serta serat untuk menjaga imunitasnya.

Pentingnya Bekal Makanan Bernutrisi Tepat

Kebiasaan makan yang baik dan seimbang sejak dini akan mempengaruhi bagaimana pola makan mereka saat dewasa nanti. Rita juga menyarankan bahwa cara paling efektif dalam mengajarkan pola makan sehat dan seimbang pada anak adalah konsistensi orang tua dalam memperkenalkan aneka ragam makanan pada anak disertai dengan penjelasan serta manfaat makanan tersebut.

Makanan pokok seperti nasi, jagung, kentang dan roti merupakan sumber karbohidrat; makanan sumber protein hewani seperti ikan, daging, ayam, telur, dan susu; sumber protein nabati yaitu tempe, kacang hijau, kacang merah, dan kacang kedelai; dan sumber vitamin dan mineral yaitu semua jenis sayuran dan buah-buahan.

[Baca Juga: Ayo, Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang]

Selain mengenalkan pola makan sehat dan seimbang, orang tua juga dapat membekali makanan dari rumah, untuk menghindari asupan nutrisi yang kurang tepat ketika anak bersekolah. Makanan bekal untuk anak sekolah terdiri dari makanan utama sebagai makan pagi atau makan siang dan makanan selingan untuk dikonsumsi di antara waktu makan.

Pola makan sehat dan seimbang inilah yang akan mendorong anak untuk mengonsumsi asupan bernutrisi baik. Makanan yang sehat dan seimbang adalah makanan yang tidak terkontaminasi oleh bakteri dan virus serta cemaran lainnya, tidak mengandung zat-zat kimia berbahaya, tidak mengandung bahan tambahan pangan secara berlebih serta dapat memenuhi semua zat gizi yang dibutuhkan anak.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.