ads
PIK_PENDIDIKAN_PENTINGNYA BELAJAR BAHASA INGGRIS DI USIA DINI_IVAN_REVISI 01-01.jpg

Pendidikan

Pentingnya Belajar Bahasa Inggris di Usia Dini

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak atau sering digunakan dalam komunikasi internasional. Makanya, penting untuk mempelajari bahasa tersebut. Bahkan kalau bisa, pembelajaran bahasa ini dilakukan sejak usia dini. Ini karena anak-anak sekarang akan menghadapi globalisasi yang lebih luas di masa depan. Sehingga, pembelajaran bahasa Inggris pun akan jadi aset yang berharga untuk mereka, serta menjadi salah satu indikator yang menentukan perkembangan kognitif di kemudian hari.

Di sisi lain, belajar bahasa Inggris di usia dini juga penting karena anak berada dalam usia emas (0-6 tahun). Ini merupakan momentum di mana kemampuan berbahasa anak akan mengalami kemajuan pesat. Orangtua pun tidak perlu ragu atau takut anak akan merasa bingung karena dipaparkan lebih dari satu bahasa. Soalnya, kemungkinan besar hal itu tidak akan terjadi. Psikolog Anak dan Keluarga Roslina Verauli pun bilang, anak-anak tidak mengalami keterlambatan bicara karena hal tersebut. "Berdasarkan penelitian perkembangan berbahasa, bayi yang dipaparkan lebih dari dua bahasa tidak akan mengalami keterlambatan bicara," ujarnya seperti dikutip dari kompas.com (18/8/2018).

Vera menambahkan, keterlambatan bicara karena anak diajarkan dua bahasa merupakan sebuah mitos. Yang perlu dipahami, lanjut dia, ketika anak dipaparkan lebih dari satu bahasa, maka akan terjadi peleburan dari bahasa-bahasa tersebut (code mixing). Ia pun menegaskan kalau itu merupakan hal yang wajar terjadi pada anak-anak yang belajar multilingual. Proses itu merupakan bagian dari tahapan anak untuk kelak mampu menguasai bahasa-bahasa yang diperkenalkan dengan baik. Seiring usia, kondisi ini akan hilang dengan sendirinya.

Hadir di Berbagai Wilayah

Berangkat dari hal di atas, tentu orangtua pun akan berpikir, atau setidaknya berniat mencari lembaga pendidikan bahasa Inggris yang baik untuk buah hatinya. Untungnya, banyak lembaga yang menghadirkan kelas khusus anak. Lembaga seperti ini terdapat hampir di seluruh wilayah. Seperti di kawasan Pantai Indah Kapuk. Sedikitnya ada tiga lembaga pendidikan atau kursus bahasa Inggris yang membuka kelas untuk anak usia dini di sana. Ketiga lembaga itu antara lain:

  • English Faster

English Faster merupakan lembaga kursus bahasa yang inovatif. Itu karena tempat belajar bahasa Inggris yang berlokasi di Ruko Cordoba Blok F No. 31, Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini menerapkan metode pembelajaran akselerasi. Metode ini dinilai efektif membantu para peserta didik mulai dari anak usia dini, Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), hingga remaja tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) dalam belajar bahasa Inggris. Pembelajaran pun jadi lebih cepat, lebih mudah, dan anak jadi lebih pintar.

  • First One English Language Center

Ini merupakan salah satu bidang studi yang dimiliki First One Education Center. Tempat les atau kursus bahasa Inggris yang berlokasi di Ruko Manyar Blok A No. 20, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini mempunyai program dua bahasa, yakni Inggris British dan Amerika. Sementara untuk kelasnya, mereka punya tiga level berbeda, termasuk kelas untuk anak usia dini. Ketiga kelas itu adalah English for kindergarten (3-6 tahun), English for Primary (7-12 tahun), dan English for Teenagers (13-17 tahun).

  • Learning Kingdom

Tempat belajar bahasa Inggris yang berlokasi di Jalan Manyar Permai B5, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara ini menggunakan kurikulum dari Singapura dengan program baca paling lengkap dan efektif. Lembaga pendidikan tersebut membuka kursus untuk anak usia dini mulai dari 2,5 tahun, hingga remaja usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Di tempat ini, para peserta didik juga tidak hanya diajarkan bahasa Inggris, melainkan mengembangkan bakat dan kemampuannya sekaligus.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  5 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads