Puri Kembangan-Kesehatan-Pentingnya Makanan Penunjang ASI Bagi Bayi-Yakub 1.jpg

Kesehatan

Pentingnya Makanan Penunjang Asi Bagi Bayi

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif kepada bayi mencapai usia 6 bulan, yang artinya dalam waktu tersebut bayi tidak memerlukan makanan pendamping atau tambahan makanan.

Setelah itu, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada bayi yang berusia 6 bulan dapat dimulai. Ini merupakan tahapan yang sesuai dengan ajuran dokter. Usia ini menurut para pakar merupakan usia yang tepat untuk mulai mengenalkan makanan padat ke bayi.

Namun demikian bukan berarti pemberian ASI berhenti setelah anak mulai MPASI. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) (11/1/2019), pertumbuhan bayi yang mendapat ASI dan MPASI jauh lebih baik ketimbang memberi bayi susu lainnya. Peran ASI juga bisa mencegah sang anak mengalami malnutrisi.

[Baca Juga: Pentingnya Ayah Bisa Meramu MPASI]

Bayi membutuhkan asupan energi yang jauh lebih banyak setelah berusia 6 tahun, sehingga pertumbahan sang anak akan optimal. Jika, pada usia 6 bulan ke atas bayi tak diberi MPASI, akan terjadi jarak energi yang mengakibatkan berat badan bayi menurun dan semua kebutuhan gizinya tidak tercukupi.

Peran Orangtua dalam memberikan MPASI

Dilansir dari nhs.uk (11/1/2019), Anda tak perlu khawatir untuk memberikan makanan selain ASI kepada bayi. Dibandingkan orang lain, Andalah yang lebih mengetahui kebutuhan bayi. Hal lumrah jika bayi makan lebih banyak atau lebih sedikit dari anak lain pada umumnya.

Yang terpenting, pemberian MPASI ini jangan sampai ditunda. Karena waktu adaptasi setiap bayi untuk menerima makanan berbeda-beda.

[Baca Juga: 5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi]

Mengenai cara pengenalan makanan penunjang ASI yang baik untuk bayi sebaiknya diberikan secara bertahap. Jenis makanan, tekstur, dan jumlah porsi harus disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan.

Pada usia 6-9 bulan, sebaiknya bayi diberikan makanan cair dan lembut, seperti bubur sayuran. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai mengenal makanan padat dan kental, namun tetap bertekstur lunak, seperti nasi tim.

Lebih dari 12 bulan bayi sudah boleh diperkenalkan dengan makanan padat namun sehat. Hindari makanan yang bisa menganggu organ pencernaan buah hati Anda, seperti makanan yang terlalu pedas atau makanan-makanan olahan yang berpengawet atau mengandung warna serta perasa buatan.


Read More

Artikel Lainnya

Bubur India

Kuliner

Bubur India, Menu Khas Ramadan Masjid Jami Pekojan Semarang

20 April 2021, 18:06

Tradisi menyuguhkan takjil Bubur India ini sudah ada lebih dari 100 tahun lalu. Saat itu pedagang dari Gujarat, India, dan Pakistan datang dan menetap di jalan Petolongan.

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan 5.jpg

Kuliner

Kerupuk Banjur, Kuliner Khas Bandung Hanya Ada Saat Ramadan

20 April 2021, 17:00

Kurban atau kurupuk banjur merupakan makanan khas Bandung yang masih eksis keberadaannya hingga kini, khususnya pada bulan Ramadan.

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampu ng Pancasila.jpg

Berita Kawasan

Mampu Jaga Erat Toleransi Beragama, Kampung Sawah Dijuluki Benteng Kampung Pancasila

20 April 2021, 15:05

Kampung Sawah baru-baru ini mendapatkan apresiasi dari Pemkot Bekasi karena berhasil menjadi percontohan konsep Kampung Pancasila.

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamvu Ini.jpg

Pendidikan

Gelar Simulasi Sekolah Tatap Muka, SMP Negeri 1 Surabaya Kedatangan Guru Tamu Ini

20 April 2021, 14:08

Para pelajar SMP Negeri 1 Surabaya baru-baru ini kedatangan Kapolrestabes Surabaya yang menjadi guru tamu dalam simulasi sekolah tatap muka.


Comments


Please Login to leave a comment.