Puri Kembangan-Kesehatan-Pentingnya Makanan Penunjang ASI Bagi Bayi-Yakub 1.jpg

Kesehatan

Pentingnya Makanan Penunjang Asi Bagi Bayi

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif kepada bayi mencapai usia 6 bulan, yang artinya dalam waktu tersebut bayi tidak memerlukan makanan pendamping atau tambahan makanan.

Setelah itu, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada bayi yang berusia 6 bulan dapat dimulai. Ini merupakan tahapan yang sesuai dengan ajuran dokter. Usia ini menurut para pakar merupakan usia yang tepat untuk mulai mengenalkan makanan padat ke bayi.

Namun demikian bukan berarti pemberian ASI berhenti setelah anak mulai MPASI. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) (11/1/2019), pertumbuhan bayi yang mendapat ASI dan MPASI jauh lebih baik ketimbang memberi bayi susu lainnya. Peran ASI juga bisa mencegah sang anak mengalami malnutrisi.

[Baca Juga: Pentingnya Ayah Bisa Meramu MPASI]

Bayi membutuhkan asupan energi yang jauh lebih banyak setelah berusia 6 tahun, sehingga pertumbahan sang anak akan optimal. Jika, pada usia 6 bulan ke atas bayi tak diberi MPASI, akan terjadi jarak energi yang mengakibatkan berat badan bayi menurun dan semua kebutuhan gizinya tidak tercukupi.

Peran Orangtua dalam memberikan MPASI

Dilansir dari nhs.uk (11/1/2019), Anda tak perlu khawatir untuk memberikan makanan selain ASI kepada bayi. Dibandingkan orang lain, Andalah yang lebih mengetahui kebutuhan bayi. Hal lumrah jika bayi makan lebih banyak atau lebih sedikit dari anak lain pada umumnya.

Yang terpenting, pemberian MPASI ini jangan sampai ditunda. Karena waktu adaptasi setiap bayi untuk menerima makanan berbeda-beda.

[Baca Juga: 5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi]

Mengenai cara pengenalan makanan penunjang ASI yang baik untuk bayi sebaiknya diberikan secara bertahap. Jenis makanan, tekstur, dan jumlah porsi harus disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan.

Pada usia 6-9 bulan, sebaiknya bayi diberikan makanan cair dan lembut, seperti bubur sayuran. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai mengenal makanan padat dan kental, namun tetap bertekstur lunak, seperti nasi tim.

Lebih dari 12 bulan bayi sudah boleh diperkenalkan dengan makanan padat namun sehat. Hindari makanan yang bisa menganggu organ pencernaan buah hati Anda, seperti makanan yang terlalu pedas atau makanan-makanan olahan yang berpengawet atau mengandung warna serta perasa buatan.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.