Puri Kembangan-Kesehatan-Pentingnya Makanan Penunjang ASI Bagi Bayi-Yakub 1.jpg

Kesehatan

Pentingnya Makanan Penunjang Asi Bagi Bayi

Pemberian Air Susu Ibu (ASI) ekslusif kepada bayi mencapai usia 6 bulan, yang artinya dalam waktu tersebut bayi tidak memerlukan makanan pendamping atau tambahan makanan.

Setelah itu, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) pada bayi yang berusia 6 bulan dapat dimulai. Ini merupakan tahapan yang sesuai dengan ajuran dokter. Usia ini menurut para pakar merupakan usia yang tepat untuk mulai mengenalkan makanan padat ke bayi.

Namun demikian bukan berarti pemberian ASI berhenti setelah anak mulai MPASI. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) (11/1/2019), pertumbuhan bayi yang mendapat ASI dan MPASI jauh lebih baik ketimbang memberi bayi susu lainnya. Peran ASI juga bisa mencegah sang anak mengalami malnutrisi.

[Baca Juga: Pentingnya Ayah Bisa Meramu MPASI]

Bayi membutuhkan asupan energi yang jauh lebih banyak setelah berusia 6 tahun, sehingga pertumbahan sang anak akan optimal. Jika, pada usia 6 bulan ke atas bayi tak diberi MPASI, akan terjadi jarak energi yang mengakibatkan berat badan bayi menurun dan semua kebutuhan gizinya tidak tercukupi.

Peran Orangtua dalam memberikan MPASI

Dilansir dari nhs.uk (11/1/2019), Anda tak perlu khawatir untuk memberikan makanan selain ASI kepada bayi. Dibandingkan orang lain, Andalah yang lebih mengetahui kebutuhan bayi. Hal lumrah jika bayi makan lebih banyak atau lebih sedikit dari anak lain pada umumnya.

Yang terpenting, pemberian MPASI ini jangan sampai ditunda. Karena waktu adaptasi setiap bayi untuk menerima makanan berbeda-beda.

[Baca Juga: 5 Makanan Penunjang ASI yang Pas untuk Bayi]

Mengenai cara pengenalan makanan penunjang ASI yang baik untuk bayi sebaiknya diberikan secara bertahap. Jenis makanan, tekstur, dan jumlah porsi harus disesuaikan dengan kesiapan bayi dalam menerima makanan.

Pada usia 6-9 bulan, sebaiknya bayi diberikan makanan cair dan lembut, seperti bubur sayuran. Menginjak usia 10-12 bulan, bayi mulai mengenal makanan padat dan kental, namun tetap bertekstur lunak, seperti nasi tim.

Lebih dari 12 bulan bayi sudah boleh diperkenalkan dengan makanan padat namun sehat. Hindari makanan yang bisa menganggu organ pencernaan buah hati Anda, seperti makanan yang terlalu pedas atau makanan-makanan olahan yang berpengawet atau mengandung warna serta perasa buatan.

Read More

Artikel Lainnya

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

Berita Kawasan

Sosok KH.Tubagus Muhammad Falak yang Dijadikan Nama Jalan di Kota Bogor

24 October 2020, 18:03

Peresmian dilakukan Wali Kota Bogor Bima Arya usai mengikuti peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2020 Tingkat Kota Bogor di Pondok Pesantren Al Falak, Pagentongan, Bogor Barat, Kota Bogor.

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

Kecantikan dan Fashion

Maybelline X Janji Jiwa Luncurkan Superstay Matte Ink Coffee Edition

24 October 2020, 15:08

Masih sama dengan edisi sebelumnya, Maybelline Superstay Matte Ink Coffee Edition diklaim memiliki formula lip cream yang intens, tahan lama hingga 16 jam, dan transferproof.

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

Berita Kawasan

Warga Warakas, Tanjung Priok Manfaatkan Lahan Kolong Tol untuk Urban Farming

24 October 2020, 12:21

Lahan seluas sekitar 500 meter persegi tersebut dikelola Kelompok Wanita Tani (KWT) Hijau Daun RW 09, Kelurahan Warakas, Tajung Priok, Jakarta Utara.

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia.jpg

Kuliner

Naughty by Nature, Gerai KFC Tematik Pertama di Indonesia

23 October 2020, 17:21

Dengan berbagai menu yang tak ditemukan di gerai lainnya, Naughty by Nature hadir sebagai KFC tematik pertama yang ada di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.