SERPONG_PENDIDIKAN_PENTINGNYA PENDIDIKAN INKLUSI DI UNIVERSITAS PAMULANG_OCI-01.jpg

Pendidikan

Pentingnya Pendidikan Inklusi di Universitas Pamulang

Universitas Pamulang (Unpam) mulai menerima mahasiswa Penyandang disabilitas, khususnya tunanetra. Sejak awal Universitas ini secara resmi membuka pintu pada hadirnya mahasiswa Penyandang disabilitas, Universitas Pamulang telah berkomitmen membangun diri menjadi universitas yang inklusif.

Bersadarkan situs pertuni.or.id, Mitra Netra dan Persatuan Tuna Netra Indonesia (Pertuni) bekerjasama dengan Unpam hingga akhirnya universitas swasta dengan biaya terjangkau ini menerima mahasiswa tunanetra dan terus melakukan pendampingan, sehingga tumbuhnya suasana kampus yang inklusif di Unpam mulai dapat dirasakan.

Sebelum tahun akademik 2017-2018 dimulai, Unpam telah melakukan kunjungan ke Pusat Layanan Disabilitas Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Kunjungan belajar itu pun telah membuahkan hasil. Bersamaan dengan diterimanya empat mahasiswa tunanetra, Pusat Layanan Disabilitas (PLD) Unpam pun dibentuk.

Namun, di awal pembentukannya, pihak Unpam baru dapat menyediakan ruangan dan perangkat meja kursi. Beberapa kegiatan pun telah dilaksanakan di sana. Misalnya, diskusi pembelajaran pemrograman yang dilakukan mahasiswa tunanetra Unpam, tim ICT Mitra Netra bersama komunitas Female PHP, tutorial belajar matematika berikut penggunaan software matematika, dan sebagainya.

Untuk melengkapi PLD Unpam dengan alat teknologi adaptif yang diperlukan tunanetra, Pertuni bersama mitranya Yayasan Damandiri, mendonasikan alat-alat teknologi adaptif, berupa tiga buah komputer bicara, satu buah scanner berikut aplikasi karachter recognition, serta satu buah printer Braille kecil dengan kapasitas cetak 20 karakter per detik.

Manfaat Pendidikan Inklusif

Pemerintah Indonesia telah berupaya mempromosikan pendidikan yang inklusif dan mudah diakses oleh penyandang disabilitas. Tetapi, siswa difabel membutuhkan komitmen lebih dari pemerintah dan masyarakat demi kesetaraan dan partisipasi penyandang disabilitas.

Pemerintah Indonesia meratifikasi konvensi tersebut pada 2011 dan mengesahkan Undang-Undang tentang Penyandang Disabilitas pada 2016. Berdasarkan artikel di theconversation.com, pemerintah dan masyarakat juga telah berupaya untuk mempromosikan inklusi penyandang disabilitas dalam bidang pendidikan.

Halangan-halangan masuk sekolah dan melanjutkan ke universitas juga telah dievaluasi. Ini termasuk upaya mengubah rancangan gedung sekolah agar mengakomodasi lajur khusus untuk kursi roda (ramp) untuk masuk ruang kelas. Kurikulum di sekolah umum dan sekolah Islam juga telah diubah demi meningkatkan partisipasi penyandang disabilitas di sekolah.

Perbaikan juga terjadi di luar sektor pendidikan. Sejumlah pemerintah daerah juga dilaporkan telah memulai perencanaan pembangunan yang inklusif untuk membangun infrastruktur yang bisa diakses orang difabel. Masih banyak yang harus dikerjakan, tapi telah ada dukungan sungguh-sungguh untuk inklusi penyandang disabilitas di seluruh Indonesia.

Pendidikan inklusif, masih dari sumber yang sama, merupakan dasar dari perkembangan kemampuan dan kapasitas penyandang disabilitas sehingga bisa bersaing dan dihargai di dunia kerja. Inklusi penyandang disabilitas di pendidikan tinggi mendorong sikap positif di komunitas terhadap penyandang disabilitas, partisipasi, dan inklusi sosial. Universitas Pamulang sadar dengan manfaat ini dan memberikan kesempatan pada penyangdang disabilitas untuk memperoleh pendidikan tinggi.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

Pendidikan

Hari Kesadaran Autisme, Ini Pandangan Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus

02 April 2020, 08:00

Terdapat makna bagi orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus ketika digelar peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia.

Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme

Kesehatan

Menyatukan Keberagaman di Hari Kesadaran Autisme Sedunia

02 April 2020, 07:00

Pada Hari Kesadaran Autisme Sedunia, masyarakat seharusnya melihat keragaman yang dimiliki penyandang autisme sebagai kesatuan, bukan perbedaan.

Ini Saran untuk Keluarga Penyandang Autisme di Kala Social Distancing

Kesehatan

Ini Saran untuk Keluarga Penyandang Autisme di Kala Social Distancing

01 April 2020, 21:00

Dalam peringatan Hari Kesadaran Autisme Sedunia, penyandang autis asal Inggris memberikan sarannya untuk para penyandang lainnya di kala momen social distancing seperti saat ini.

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Mengenal Apa Itu ASD

Kesehatan

Hari Kesadaran Autisme Sedunia, Mengenal Apa Itu ASD

01 April 2020, 20:00

Tahukah Anda bahwa ada istilah ASD untuk mendeskripsikan penyandang autisme? Istilah ini lebih baik dibandingkan menyebut seseorang sebagai penyandang autis.


Comments


Please Login to leave a comment.