Pentingnya Rutin Cek Kesehatan untuk Pencegahan Penyakit

Kesehatan

Pentingnya Rutin Cek Kesehatan untuk Pencegahan Penyakit

Bagaimana cara mengetahui sehat tidaknya tubuh Anda? Sebab kadang, orang yang merasa sehat, tapi faktanya, setelah dicek ternyata mereka punya penyakit yang tidak terdeteksi. Jadi, mau tidak mau, Anda yang sayang dengan kesehatan diri harus konsisten dalam melakukan pemeriksaan kesehatan berkala. Di Kawasan Pejaten sendiri, Anda bisa melakukan cek kesehatan ini di Prodia Pasar Minggu, Parahita Diagnostic Center Warung Buncit, dan di Puskesmas Kecamatan Pasar Minggu.

Pemeriksaan kesehatan berkala atau biasa dikenal dengan medical checkup, sebenarnya sudah sering didengar di telinga kita. Hanya saja, masyarakat baru memeriksakan kesehatannya pada saat tubuh mengalami gejala sakit tertentu. Padahal, biaya pengobatan jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan biaya pemeriksaan kesehatan ketika sehat.

Medical checkup dapat diartikan sebagai pemeriksaan yang dilakukan untuk mengetahui penyakit-penyakit yang berpotensi membahayakan kesehatan. Adapun manfaat melakukan medical checkup antara lain adalah bisa mengetahui kalau Anda benar-benar sehat, tahu faktor risiko sakit dengan kondisi tubuh yang sekarang, atau memang Anda sedang menderita sakit tertentu yang tidak dirasakan gejalanya.

[Baca Juga : Awas! Jangan Sepelekan Gangguan Irama Jantung]

Pemeriksaan medical checkup dapat dilakukan di usia produktif supaya kita mengetahui faktor risiko yang kita miliki, sehingga dapat segera diatasi secara tepat. Ketika kita melakukan pemeriksaan sejak dini. Itu artinya, dengan medical checkup, kita telah menjaga kondisi tubuh agar tetap prima sampai usia lanjut.

Pemeriksaan yang umumnya dilakukan dalam hal ini antara lain pemeriksaan fisik, darah lengkap, urine lengkap, feses lengkap (pemeriksakan kotoran), fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, dan profil lemak darah.

Prodia Pasar Minggu

Prodia Pasar Minggu

PT Prodia Widyahusada Tbk membuka cabang di Pasar Minggu, tepatnya di Jalan Pasar Minggu No. 98 E, Jakarta Selatan 12510. Laboratorium yang sudah memiliki cabang di 118 kota di 32 provinsi ini, berdasarkan situs web Prodia, sudah memiliki total 283 outlet. Di Prodia Pasar Minggu, layanan unggulan yang tersedia antara lain Rontgen, Pemeriksaan Fisik, Home Service, dan EKG.

Parahita Diagnostic Center

Parahita Diagnostic Center

Terletak di Jalan Warung Buncit Raya No. 150, Mampang Prapatan, RT.5/RW.2, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760, Parahita memiliki visi menjadi pusat diagnostic terlengkap, terintegrasi, dan terpercaya dengan pelayanan sepenuh hati.

Berdasarkan informasi di situsnya, Parahita dalam lima tahun terakhir telah meraih dua akreditasi nasional dan internasional. Keduanya adalah ISO KAN 15189: 2012 untuk akreditasi sistem mutu laboratorium medik dan ISO URS 9001: 2015 untuk akreditasi kategori pelayanan sistem manajemen. Layanan yang disediakan pun lengkap dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi Anda.

Puskemas Kecamatan Pasar Minggu

Untuk layanan laboratorium yang lebih terjangkau, cobalah ke Puskesmas Pasar Minggu yang terletak di Jalan Kebagusan Raya No.4, Jagakarsa, RT.4/RW.4, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12620.

Layanan laboratorium ini merupakan sarana penunjang yang dikelola beberapa Analis untuk para pasien pasien rawat jalan maupun rawat inap. Pemeriksaan yang dapat dilakukan berdasarkan informasi di situs Puskesmas Pasar Minggu antara lain cek darah lengkap, feces lengkap, dan urin lengkap, cek widal dan HBSAg, anti HB, cek GDS, GDP dan GD 2 jam PP, cek protein urine, pemeriksaan Lemak Darah (cholesterol, trigliserida, HDL, LDL), pemeriksaan urid acid, cek Mikrobiologi, BTA, cek HIV (stick atau rapid test), dan lain sebagainya.

[Baca Juga : Cegah Kelainan Otak dengan Pemeriksaan Dini Tes EEG]

Bagi kita yang tinggal di kota-kota besar yang penuh persaingan, kesibukan, dan maraknya makanan serba instan yang berkalori tinggi, tentu akan memicu timbulnya berbagai macam penyakit seperti diabetes, hipertensi, serangan jantung, stroke, dan lain-lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan medical checkup.

Selain menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga pola makan, istirahat cukup, dan olahraga teratur, Anda juga wajib memeriksakan kesehatan secara rutin. Pilih saja lokasi terdekat dengan rumah atau kantor Anda. Bagi yang berada di kawasan Pejaten, bisa dipilih Prodia Pasar Minggu, Parahita Buncit, atau di Puskesmas Pasar Minggu. Tidak lagi ada alasan untuk menunda medical checkup. Lakukan segera!

Read More

Artikel Lainnya

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

Berita Kawasan

Pemkab Bekasi Minta Jangan Ragu Tangani COVID-19 dengan Dana Desa

04 April 2020, 18:00

Bagi sektor ekonomi kerakyatan, serbuan wabah COVID-19 telah meninggalkan dampak yang signifikan. Ketahanan pangan di setiap desa pada Kabupaten Bekasi adalah prioritas yang harus segera tuntas.

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

Berita Kawasan

Berdayakan Warga, Bupati Bogor Bentuk 3759 RW Siaga COVID-19

04 April 2020, 17:00

Wabah COVID-19 hanya bisa diatasi jika ada sinergi antara pemerintah dan masyarakat. Pemkab Bogor ajak warga Bogor untuk siaga penuh bersama pemerintah.

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

Berita Kawasan

Akibat COVID-19, Kegiatan Pemugaran 4 Stasiun Kereta Dihentikan

04 April 2020, 16:00

Jumlah kasus COVID-19 terus bertambah setiap harinya. Tak mau ambil risiko, Pemprov hentikan sementara penataan kawasan empat stasiun di Jakarta.

Cegah Penyebaran Covid-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

Berita Kawasan

Cegah Penyebaran COVID-19, Buat Kartu Kuning di Depok Bisa Online

04 April 2020, 15:00

Untuk menjalankan physical distancing, Disnaker Kota Depok memberlakukan sistem pembuatan kartu kuning secara online.


Comments


Please Login to leave a comment.