Pentingnya Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Kesehatan

Pentingnya Vitamin A untuk Kesehatan Tubuh

Vitamin A memiliki peranan penting bagi kesehatan seperti mencegah penyakit serta meningkatkan kesehatan tulang. Anda bisa mencukupi kebutuhan Vitamin A dari asupan bernutrisi seperti buah-buahan dan sayur-mayur.

Jenis vitamin A yang paling umum adalah beta-karoten dan karotenoid yang biasa ditemukan pada aprikot, blewah, jeruk bali, wortel, ubi, labu, brokoli, sayuran berdaun hijau, mangga dan pepaya. Sedangkan untuk vitamin A retinol terkandung dari sumber hewani seperti hati, daging ikan salmon, keju, mentega, telur dan susu.

Pentingnya Vitamin A Untuk Kesehatan Tubuh

Melansir Boldsky (15/5/2019), berikut ini adalah beberapa manfaat dari vitamin A, seperti:

1) Melindungi Mata

Salah satu manfaatnya adalah membantu menjaga dan meningkatkan penglihatan, karena merupakan komponen penting untuk mengaktifkan rhodopsin. Beta-karotennya juga berperan dalam mencegah degenerasi makula yang menjadi penyebab utama kebutaan.

2) Kekebalan Tubuh

Vitamin A berperan dalam menjaga kekebalan tubuh dan bermanfaat untuk menangkal penyakit serta infeksi dengan meningkatkan produksi dan fungsi sel darah putih. Kekurangan vitamin A akan meningkatkan kemungkinan melemahnya sistem kekebalan tubuh.

3) Menurunkan Risiko Kanker

Vitamin A memainkan peran integral dalam mencegah kanker, menurut sebuah studi "Retinoid dan reseptornya dalam pengembangan kanker dan kemoprevens" yang diterbitkan dalam "Ulasan kritis dalam onkologi/hematologi", memiliki jumlah vitamin A yang tinggi dikaitkan dengan penurunan resiko kanker tertentu seperti kanker paru-paru, kanker kandung kemih dan kanker serviks.

4) Mengurangi Masalah Kulit

Masalah kulit seperti komedo, bintik-bintik yang menyakitkan di wajah, punggung dan dada terjadi ketika kelenjar sebaceous tersumbat dengan kulit dan minyak. Dermatologis sering meresepkan vitamin A untuk melawan jerawat dan keriput karena khasiatnya terhadap kulit.

5) Kesehatan Jantung

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa vitamin A, karotenoid, dan provitamin A karotenoid dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

6) Kesehatan Tulang

Konsumsi vitamin A dalam jumlah yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Internasional Penelitian Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat menunjukkan bahwa orang dengan kadar vitamin A rendah memiliki risiko patah tulang lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki tingkat vitamin A baik.

7) Membantu Reproduksi

Secara khusus, vitamin A dianggap sebagai salah satu vitamin terbaik untuk perempuan karena membantu dalam pertumbuhan normal dan perkembangan embrio selama kehamilan. Perempuan hamil juga mendapatkan manfaat tambahan dari vitamin A.

[Baca Juga: Trik Atasi Sindrom Gangguan Mata Pada Anak Kecanduan Gadget]

Itulah beberapa manfaat dari Vitamin A yang tubuh butuhkan. Anda juga bisa mendapatkannya dalam bentuk kapsul suplemen, tetapi akan lebih baik jika Anda mengonsumsi dari hidangan Anda.

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.