Kurban

Bisnis

Penurunan Penjualan Hewan Kurban di Kota Malang

Menjelang Iduladha, para penjual hewan kurban sudah mulai terlihat dan menjual hewan-hewan kurban seperti sapi dan kambing, sejak awal Bulan Juli. Hal ini juga terlihat di kawasan Sawojajar, Kota Malang, yang beberapa sudutnya sudah diisi para penjual hewan kurban.

Dari pantauan Pingpoint (8/7/2021), di tempat penjualan hewan kurban di Sawojajar, selalu diramaikan oleh masyarakat yang melihat hewan-hewan yang dijual. Bahkan, tempat itu menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat. Menurut penuturan salah satu pengunjung di tempat penjualan hewan kurban, “Saya datang bukan buat beli kok mas. Saya ngajak anak ke sini buat liat sapi sama kambing aja. Mereka senang kalau liat binatang, jadi akhirnya saya ajak ke sini”. Adanya hewan-hewan kurban memang menjadi hiburan tersendiri, bagi masyarakat, karena tidak jarang orang-orang datang bersama keluarga hanya untuk melihat hewan-hewan tersebut.

Kurban

Namun, meskipun tempat penjualan hewan kurban ini selalu diramaikan masyarakat, apalagi saat sore hari, hal itu berbanding terbalik dengan jumlah hewan kurban yang dibeli. Menurut salah satu penjual hewan kurban, meskipun saat ini berada di situasi pandemi dan PPKM darurat dijalankan, masih ada masyarakat yang membeli hewan kurban yang dijual. Namun, jumlahnya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya, bahkan bisa dikatakan jumlah penjualannya menurun drastis. Menurut penjual tersebut, penurunan penjualannya bisa mencapai 50%.

Salah satu penyebab penurunan penjualan ini, menurut penjual tersebut, disebabkan aturan pemerintah yang hanya membolehkan penyembelihan hewan saat Iduladha dilakukan di tempat penyembelihan untuk menghindari kerumunan masyarakat. Selain itu, Iduladha yang bertepatan dengan PPKM darurat juga menjadi alasan penurunan daya beli hewan kurban oleh masyarakat.

Kurban

Terkait penurunan daya beli hewan kurban, hal ini tidak disebabkan oleh kenaikan harga jual hewan. Kepada Pingpoint, penjual tersebut mengatakan bahwa dirinya tidak menaikkan harga jual hewan, karena dikhawatirkan daya beli masyarakat akan semakin menurun. Bahkan, tanpa adanya peningkatan harga, daya beli masyarakat tetap menurun.

Meskipun daya beli masyarakat memang menurun, Pingpoint juga berbincang dengan salah satu masyarakat yang membeli kambing untuk dikurbankan saat Iduladha nanti. Kepada Pingpoint, pembeli tersebut mengatakan, “Ya memang nggak boleh kalau disembelihnya di sekitar rumah, ini rencananya saya titipkan di sini dulu kambingnya, nanti mendekati Iduladha baru saya bawa ke masjid, biar disembelih di sana. Yang penting kita udah berniat buat kurban dulu lah, masalah nanti penyembelihannya dimana atau gimana, dipikir nanti saja”.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.