Penyandang Disabilitas di Mampang Prapatan Menerima Bantuan Keuangan KPDJ

Berita Kawasan

Penyandang Disabilitas Menerima Bantuan Keuangan KPDJ

Kartu Penyandang Disabilitas Jakarta (KPDJ) bermanfaat untuk membantu kebutuhan warga dengan berbagai keterbatasan fisik. Warga penyandang disabilitas yang berada di wilayah Kecamatan Mampang Prapatan menerima KPDJ. Bantuan ini diserahkan langsung secara simbolis Camat Mampang Prapatan Nasrudin Bakar.

KPDJ merupakan bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk memenuhi kebutuhan dasar bagi para penyandang disabilitas dan mencegah terjadinya kerentanan sosial. Sebanyak 109 warga penyandang disabilitas Mampang Prapatan, Jakarta Selatan telah menerima KPDJ dari pemerintah. Nantinya, setiap bulan para penyandang disabilitas akan menerima bantuan uang tunai sebesar Rp300.000.

Penyandang Disabilitas di Mampang Prapatan Menerima Bantuan Keuangan KPDJ

Melansir laman beritajakarta.id (04/09/2019). Salah seorang penyandang disabilitas tunanetra Suheri bersyukur menerima bantuan KPDJ. Bantuan tersebut sangat berguna untuk membantu memenuhi kebutuhannya dalam membeli obat dan vitamin. "Alhamdulillah, bantuan ini bisa membantu saya untuk membeli obat dan vitamin. Saya sangat bersyukur mendapatkan perhatian dari pemerintah," ujarnya

Heri mengakui, KPDJ yang telah ia terima berdasarkan proses verifikasi dari Satuan Pelaksana Sosial Kecamatan Mampang Prapatan untuk dilakukan pencocokan Basis Data Terpadu (BDT) sebelum dinyatakan layak menjadi pengguna KPDJ. "Saya masih ingat kami didatangi dan diwawancarai. Saya juga mendapatkan tawaran untuk mengikuti sekolah pijat urut tunanetra," ungkapnya.

[Baca Juga: Anies Baswedan Bagikan KPDJ Ke 7.137 Penyandang Disabilitas]

Hal senada disampaikan Suhana, orangtua penerima manfaat KPDJ untuk anaknya yang bernama Muhammad Dafi. Dafi merupakan anak berkebutuhan khusus di Kelurahan Mampang Prapatan. Menurut Suhana, adanya bantuan keuangan sebesar Rp300.000 per bulan itu sangat meringankan bebannya untuk memenuhi kebutuhan sang anak. "Terutama untuk kebutuhan membeli popok, anak saya dalam satu hari menggunakan tiga buah popok ukuran dewasa. Bantuan ini sangat berguna, terlebih penghasilan suami saya sebagai tukang parkir tidak menentu," terangnya.

Dirinya mengharapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga bisa memfasilitasi penerima KPDJ untuk berwisata secara gratis. "Ingin sekali mengajak anak saya jalan-jalan ke Ragunan atau Dufan, karena kami belum pernah ke sana," tuturnya.

[Baca Juga: ThisAble Enterprise Berdayakan Ekonomi Disabilitas Dengan Pelatihan]

Sementara itu, Kepala Satpel Sosial Kecamatan Mampang Prapatan Sumadi menambahkan, seluruh penerima KPDJ di wilayahnya berdasarkan BDT dari Kementerian Sosial dengan total penerima saat ini sebanyak 109 orang dari lima wilayah kelurahan. "Bantuan keuangan bisa dicairkan melalui Bank DKI setiap tiga bulan sekali," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.