Penyandang Tunanetra Punya Rumah Aspirasi di Jatinegara

Berita Kawasan

Penyandang Tunanetra Punya Rumah Aspirasi di Jatinegara

Penyandang disabilitas kini memiliki sebuah wadah aspirasi yang dinamakan Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia. Wadah aspirasi bagi para penyandang disabilitas ini sudah diresmikan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto pada tanggal 4 Mei 2019.

Peresmian Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Wakil Wali Kota didampingi Anggota DPR RI Komisi VIII Ali Taher. Selain itu, dalam peresmiannya turut hadir Sekretaris Camat Jatinegara Sarjono, Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia Syekh Ali Jaber, serta Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia dan Quran Braile Arif Pribadi.

[Baca Juga: JPO Jelambar Unik dan Ramah Disabilitas Setelah Direvitalisasi]

Dalam acara peresmian tersebut, Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu pembangunan Rumah Aspirasi Tunanetra. Dia berharap, rumah tersebut kelak bisa menjawab kebutuhan dan aspirasi tunanetra. "Kita akan bantu dan fasilitasi segala kebutuhan penyadang disabilitas, melalui Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia ini," tuturnya.

Dia menambahkan, masyarakat Jakarta bisa melakukan kegiatan sosial melalui Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia ini, Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga ikut serta dalam memperhatikan sarana dan fasilitas umum yang ramah disabilitas.

[Baca Juga: Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara]

Sementara, ide pembangunan rumah aspirasi ini digagas karena ingin kegiatan sosial keagamaan bagi penyandang disabilitas semakin maksimal. Hal itu seperti disampaikan Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia dan Quran Braile Arif Pribadi sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (4/5/2019).

Berangkat dari ide tersebut, dia bersama Yayasan Syeikh Ali Jaber membangun Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia. "Aspirasi para tunanetra banyak yang tertunda, makanya kita bangun rumah aspirasi ini. Agar ke depan kebutuhan para penyandang tunanetra dapat terus terakomodir," ucapnya.

[Baca Juga: Goal Ball, Cabor Baru Atlet Tunanetra di Asian Para Games 2018]

Dia juga mengutarakan, pihaknya telah memberangkatkan 100 tunanetra untuk umrah ke Tanah Suci sebelumnya. Pihaknya juga menargertkan di tahun ini akan memberangkatkan 1.000 tuna netra untuk umrah. Selain itu, bagi para tunanetra di Indonesia, mulai dari kawasan Aceh hingga Papua, juga akan dibagikan 28 Alquran Braile.

Keberadaan Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia disambut baik dari para penyandang disabilitas khususnya tunanetra. Salah satu tunanetra Yogi Marsoni (45) berpendapat, menurutnya walaupun para sumber daya manusia di sana memiliki kendala penglihatan, dia yakin bahwa mereka memiliki talenta tinggi, seperti dirinya. Meskipun dia memiliki keterbatasan penglihatan, namun dia mampu mengoperasikan komputer dengan keyboard Braile dan dia juga seorang Da’i, serta trainer computer.

"Kita sangat berharap melalui rumah aspirasi ini kebutuhan dunia dan akhirat para penyandang disabilitas dapat terpenuhi," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.