Penyandang Tunanetra Punya Rumah Aspirasi di Jatinegara

Berita Kawasan

Penyandang Tunanetra Punya Rumah Aspirasi di Jatinegara

Penyandang disabilitas kini memiliki sebuah wadah aspirasi yang dinamakan Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia. Wadah aspirasi bagi para penyandang disabilitas ini sudah diresmikan Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Timur Uus Kuswanto pada tanggal 4 Mei 2019.

Peresmian Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Wakil Wali Kota didampingi Anggota DPR RI Komisi VIII Ali Taher. Selain itu, dalam peresmiannya turut hadir Sekretaris Camat Jatinegara Sarjono, Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia Syekh Ali Jaber, serta Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia dan Quran Braile Arif Pribadi.

[Baca Juga: JPO Jelambar Unik dan Ramah Disabilitas Setelah Direvitalisasi]

Dalam acara peresmian tersebut, Wakil Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada para pihak yang telah membantu pembangunan Rumah Aspirasi Tunanetra. Dia berharap, rumah tersebut kelak bisa menjawab kebutuhan dan aspirasi tunanetra. "Kita akan bantu dan fasilitasi segala kebutuhan penyadang disabilitas, melalui Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia ini," tuturnya.

Dia menambahkan, masyarakat Jakarta bisa melakukan kegiatan sosial melalui Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia ini, Selain itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga ikut serta dalam memperhatikan sarana dan fasilitas umum yang ramah disabilitas.

[Baca Juga: Ada Tempat untuk IKM dan UKM di Cityplaza Jatinegara]

Sementara, ide pembangunan rumah aspirasi ini digagas karena ingin kegiatan sosial keagamaan bagi penyandang disabilitas semakin maksimal. Hal itu seperti disampaikan Presiden Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia dan Quran Braile Arif Pribadi sebagaimana dilansir timur.jakarta.go.id (4/5/2019).

Berangkat dari ide tersebut, dia bersama Yayasan Syeikh Ali Jaber membangun Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia. "Aspirasi para tunanetra banyak yang tertunda, makanya kita bangun rumah aspirasi ini. Agar ke depan kebutuhan para penyandang tunanetra dapat terus terakomodir," ucapnya.

[Baca Juga: Goal Ball, Cabor Baru Atlet Tunanetra di Asian Para Games 2018]

Dia juga mengutarakan, pihaknya telah memberangkatkan 100 tunanetra untuk umrah ke Tanah Suci sebelumnya. Pihaknya juga menargertkan di tahun ini akan memberangkatkan 1.000 tuna netra untuk umrah. Selain itu, bagi para tunanetra di Indonesia, mulai dari kawasan Aceh hingga Papua, juga akan dibagikan 28 Alquran Braile.

Keberadaan Rumah Aspirasi Tunanetra Indonesia disambut baik dari para penyandang disabilitas khususnya tunanetra. Salah satu tunanetra Yogi Marsoni (45) berpendapat, menurutnya walaupun para sumber daya manusia di sana memiliki kendala penglihatan, dia yakin bahwa mereka memiliki talenta tinggi, seperti dirinya. Meskipun dia memiliki keterbatasan penglihatan, namun dia mampu mengoperasikan komputer dengan keyboard Braile dan dia juga seorang Da’i, serta trainer computer.

"Kita sangat berharap melalui rumah aspirasi ini kebutuhan dunia dan akhirat para penyandang disabilitas dapat terpenuhi," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

Hobi dan Hiburan

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

20 September 2020, 16:00

Ada aplikasi baru menghadirkan musisi dan band langsung ke rumah Anda. The Changcuters jadi salah satu pelopor yang menggunakannya.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Kuliner

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

20 September 2020, 10:00

Tumpeng menjadi hidangan wajib dalam berbagai perayaan. Mulai dari ulang tahun hingga syukuran menyajikan tumpeng. Tumpeng mini ini menjadi jawaban sajian di tengah pandemi.

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati .jpg

Bisnis

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati

19 September 2020, 17:15

Brand bumbu penyedap Masako baru-baru ini mengumumkan Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador mereka yang baru sejalan dengan target konsumen Masako saat ini.

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

19 September 2020, 16:00

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 ton beras diserahkan Ketua Yayasan Aman Gautama kepada Pemerintah Kota Semarang.


Comments


Please Login to leave a comment.