Penyebab Bau Kaki Dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Penyebab Bau Kaki Dan Cara Mengatasinya

Menurut medis, bau kaki dikenal dengan sebutan bromodosis. Bromodosis merupakan kondisi di mana kaki memproduksi keringat berlebihan dan menjadi lembap, terutama saat memakai sepatu, sehingga muncul aroma tidak sedap. Seperti halnya telapak tangan, telapak kaki juga memiliki kelenjar keringat yang berfungsi untuk melembapkan kulit dan mengatur suhu tubuh, misalnya ketika musim kemarau atau sedang berolahraga. Ketika keringat terus diproduksi kelenjar keringat pada kaki, berbagai bakteri akan tumbuh untuk memecah senyawa organik pada keringat. Aktivitas inilah yang akan menghasilkan aroma yang tidak sedap pada kaki.

[Baca Juga: Berjalan Tanpa Alas Kaki Punya Banyak Manfaat Kesehatan]

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan kaki berkeringat secara berlebihan. Umumnya masalah bau kaki muncul karena keringat yang menempel pada kaus kaki atau sepatu tidak dikeringkan maupun diganti selama lebih dari satu hari. Namun, pada beberapa orang, masalah bau kaki disebabkan oleh kondisi yang lebih serius, seperti :

  • Perubahan Hormon

Perubahan hormon pada manusia bisa menyebabkan produksi keringat bertambah. Ini bisa terjadi saat masa puber atau saat mengandung. Dan bagi para remaja, ibu hamil, atau pasien terapi hormon lebih rentan mengalami masalah bau kaki.

  • Hiperhidrosis

Hiperhidrosis adalah sebuah kondisi medis di mana seseorang memproduksi keringat jauh lebih banyak dari biasanya. Gangguan ini disebabkan oleh berbagai kelainan neurologis atau metabolisme.

  • Athlete’s Foot

Penyakit ini disebabkan oleh infeksi jamur dan bisa menyerang siapa saja, tak hanya para atlet. Athlete’s foot biasanya ditandai dengan rasa gatal dan kulit kaki yang kering dan pecah-pecah. Anda pun jadi rentan mengalami berbagai masalah kaki lainnya.

  • Stres

Stres akan menyebabkan berbagai respon yang berbeda pada tubuh setiap orang. Ada yang jadi gatal-gatal, sakit perut, berjerawat, atau pusing. Namun, ada juga beberapa orang yang akan berkeringat secara berlebihan pada telapak tangan dan kaki ketika diserang stres. Ini karena tubuh melepaskan hormon stres yaitu kortisol, yang akan memicu kelenjar keringat untuk terus memproduksi keringat.

Cara Menghilangkan Bau Kaki.jpg

Cara Atasi Bau Kaki

Bau kaki memang teror, membuat Anda malu dan tidak percaya diri saat Anda pergi ke tempat yang mengharuskan Anda melepas sepatu. Anda tidak perlu khawatir, kali ini PingPoint.co.id akan memberikan langkah cara mengatasi bau kaki, yaitu :

  1. Rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam selama 15 – 20 menit setiap hari. Garam bisa membantu mengurangi produksi keringat pada kaki. Anda bisa melakukannya sebelum tidur, sehingga kaki memiliki kesempatan untuk bernafas dan badan pun menjadi relaks.
  2. Oleskan minyak esensial lavender pada kaki dan pijat lembut selama beberapa menit. Selain memberi aroma yang segar pada kaki, lavender memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri penyebab bau kaki tidak sedap.
  3. Gunakan scrub khusus kaki dengan kandungan antibakteri dan gosokkan pada kaki sambil memijat ringan. Lakukan ini secara rutin sebelum mandi dan kaki pun akan bebas dari kotoran dan bakteri yang menyebabkan masalah pada kaki.
  4. Semprotkan deodoran atau antiperspirant pada kaki sebelum menggunakan sepatu atau kaos kaki. Atau Anda bisa juga mengoleskan alkohol pada kaki Anda, karena alkohol dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki.
  5. Cuci kaki dengan bersih setiap hari dengan sabun yang mengandung antibakteri dan antijamur. Setelah itu, keringkan sampai tuntas supaya kaki, terutama pada sela-sela jari, tidak terasa lembap.
  6. Masukkan silica gel kecil pada setiap pasang sepatu saat disimpan. Silica gel yang mengandung silikon dioksida ini mampu menyerap kelembapan di dalam sepatu dan mengusir bau tidak sedap

[Baca Juga: 7 Pertanyaan Tentang Kelainan Kaki di RS Mitra Keluarga Kelapa Gading]

Jangan lupa, sebelum sepatu disimpan ke dalam lemari sepatu, bersihkan sepatu terlebih dahulu dan masukan beberapa slilica gel ke dalamnya. Menjemur sepatu siang hari juga dapat mematikan kuman dan bakteri penyebab bau kaki. Selain itu, menjemur sepatu juga berfungsi untuk menjaga sepatu dari kelembaban yang bisa merusak kulit sepatu. Dan yang perlu Anda perhatikan, jika Anda pergi ke tempat yang mana Anda harus melepas sepatu, pastikan Anda mencuci kaki atau Anda bisa menyeka dengan tisu basah beraroma lavender.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.