Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mencerahkannya

Kecantikan dan Fashion

Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mencerahkannya

Menghitamnya ketiak bukan termasuk kondisi kesehatan yang serius, tapi seringkali terutama wanita tidak percaya diri atau risih memiliki warna ketiak yang hitam. Penyebab yang paling umum adalah karena pencukuran yang terlalu sering dilakukan atau pencukuran rambut ketiak yang tidak tepat. Warna yang gelap atau hitam pada ketiak dapat dihilangkan dengan berbagai cara. Sebelum itu, Anda harus mengetahui beberapa penyebab warna ketiak menjadi hitam. Berikut ulasannya yang terangkum dari berbagai sumber.

[Baca Juga: Tips Merawat Kulit Wajah Pria Agar Tetap Terlihat Cerah]

Penyebab Ketiak Hitam

  • Pigmen Kulit

Warna kulit Anda ditentukan oleh sel-sel pigmen yang disebut melanosit. Ketika sel-sel tersebut bertambah banyak, maka dapat mengubah warna kulit menjadi lebih gelap. Untuk orang yang memiliki warna gelap kemungkinan akan memiliki warna yang lebih gelap di ketiaknya dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit putih.

  • Genetik

Anda kemungkinan besar akan menggunakan Sumber Tepercaya untuk memiliki bercak-bercak hitam di kulit Anda jika Anda memiliki orang tua, saudara kandung, atau kerabat dekat lainnya dengan kondisi tersebut.

  • Mencabut

Dengan menyabut atau mencukur rambut ketiak berulang, bisa menyebabkan iritasi kulit pada ketiak. Mencabutnya dapat merangsang produksi melanosit bertambah. Untuk menghindari iritasi pada ketiak, lumasi kulit dengan sabun lembut atau krim cukur sebelum bercukur. Selesai mencukur, oleskan krim pelembab tanpa aroma.

  • Obesitas

Tingginya kadar insulin dalam darah dapat menyebabkan peningkatan produksi sel-sel pigmen kulit. Berdasarkan penelitian, lebih dari setengah orang dewasa, 200 persen atau lebih dari berat badan ideal mereka mengalami penggelapan pada ketiak dan lipatan kulit lainnya.

Penyebab Ketiak Hitam dan Cara Mencerahkannya

Cara Mencerahkan Ketiak

Mencerahkan atau menghilangkan warna gelap pada ketiak Anda akan membutuhkan waktu yang tidak sebentar dan Anda pun harus lakukan ini dengan konsisten untuk mendapatkan hasil yang diinginkan, mengutip dari berbagai sumber, berikut cara menghilangkan ketiak hitam.

  1. Campurkan sendok teh gula dengan sedikit minyak kelapa dan oleskan di bawah lengan. Gosok selama beberapa detik dan bersihkan.
  2. Menggunakan kentang, ambil irisan tipis kentang dan pijat di bawah lengan selama 5-7 menit. Bilas dengan air dan ulangi 2-3 kali seminggu.
  3. Menggunakan baking soda atau soda kue, yaitu satu sendok baking soda yang ditaruh dalam sebuah wadah atau jar kecil dicampur dengan air bersama air biasa, air jeruk atau air lemon. Aduk hingga merata dan oleskan ke ketiak sambil digosok pelan-pelan secara merata. Diamkan selama lima menit lalu bilas.

[Baca Juga: Wajah Dapat Secerah Masa Depan dengan Bahan Alami Ini!]

Nah, sekarang Anda sudah tidak bingung lagi mencerahkan ketiak yang berwarna hitam. Mudah bukan? Cara tersebut dapat dilakukan di rumah, tapi ingat harus konsisten melakukannya ya!

Read More

Artikel Lainnya

Film Ruwatan Berlenggang di Palm Spring International ShortFest 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Film Ruwatan Berlenggang di Palm Springs International ShortFest 2020

06 June 2020, 20:00

Film Pendek Indonesia Ruwatan berhasil lolos seleksi dalam Palm Springs International ShortFest 2020, festival film pendek tahunan yang diadakan di Palm Springs, California, Amerika Serikat.

Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini .jpg

Kesehatan

Sering Dianggap Sepele, Cegukan Bisa Jadi Salah Satu Tanda Penyakit Ini

06 June 2020, 18:00

Cegukan memang kerap kali terjadi. namun Anda patut waspada, pasalnya bisa jadi cegukan mengindikasikan penyakit pada tubuh.

Fenomena PHK Belasan PRT Semarang Kala Pandemi COVID-19.jpg

Berita Kawasan

Fenomena PHK Belasan PRT Semarang Kala Pandemi COVID-19

06 June 2020, 17:00

Akibat pandemi COVID-19, belasan PRT yang tergabung dalam Serikat PRT Semarang mengalami PHK.

jenis-jenis sayuran ini baik untuk mpasi7 .jpg

Kesehatan

Menurut IDAI, Jenis-jenis Sayuran Ini Baik untuk MPASI

06 June 2020, 15:00

Beberapa orangtua cenderung memilih mengenalkan sayur terlebih dulu ketimbang buah-buahan kepada anaknya, lantaran rasa sayuran lebih hambar dibanding buah-buahan.


Comments


Please Login to leave a comment.