Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasinya

Kesehatan

Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasinya

Buang air besar atau BAB yang sehat adalah setidaknya satu kali setiap hari. Namun, apa jadinya bila BAB Anda tidak lancar, tidak bisa BAB setiap hari, dan bahkan sangat susah untuk BAB? Bila terjadi demikian bukan tidak mungkin Anda memiliki gangguan pencernaan. Pencernaan yang tidak lancar dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit.

Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui apa sebenarnya penyebab BAB Anda tidak lancar. Berikut beberapa hal yang mengakibatkan buang air besar Anda tidak lancar dan acara mengatasinya sebagaimana dilansir dari laman prevention.com (03/09/2019).

[Baca Juga: Kampanye Makanan Tinggi Serat di Instalasi Gizi RSUD Kota Tangerang]

  • Hipotiroidisme dapat mengendalikan metabolisme Anda, bila kelenjar tiroid kurang aktif, maka proses metabolisme tubuh juga melambat yang menyebabkan tinja bergerak melalui usus besar dengan lebih lambat.
  • Orang yang mengalami depresi akan cenderung menghabiskan waktunya di tempat tidur. Hal ini menyebabkan tubuh kurang bergerak dan dapat menyebabkan masalah pada pencernaan.
  • Ketergantungan mengonsumsi obat pencahar juga tidak terlalu bagus. Tubuh Anda akan terbiasa mendapatkan obat pencahar. Bila Anda berhenti mengonsumsinya, maka BAB Anda bisa jadi tidak lancar.
  • Terlalu banyak mengonsumsi cokelat. Kandungan susu, gula, dan kafein pada cokelat bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi sehingga membuat pencernaan pun menjadi kering dan tinja susah dikeluarkan dari tubuh.

Penyebab Susah BAB dan Cara Mengatasinya

Lalu, bagaimana agar BAB Anda menjadi lancar? Anda bisa melakukan beberapa hal berikut secara rutin untuk melancarkan pencernaan. Dengan lancarnya pencernaan, BAB Anda pun akan lebih mudah.

1. Olahraga Secara Teratur

Selain membuat badan bugar dan sehat. Olahraga juga sangat ampuh untuk memperlancar BAB. Dengan melakukan aktivitas fisik ini, akan merangsang kontraksi otot usus untuk meningkatkan pergerakan usus sehingga dapat mempercepat proses pencernaan makanan.

2. Memperbanyak Konsumsi Serat

Kurangnya serat pada tubuh membuat BAB Anda jadi tidak lancar. Penuhi kebutuhan serat harian Anda agar kerja usus dapat melancarkan tinja untuk dikeluarkan dari tubuh. Sumber serat yang baik terdiri dari buah, sayuran, kacang polong, dan serealia .

3. Minum Air Hangat

Minum segelas air hangat dapat merangsang sistem pencernaan. Minumlah pada pagi hari saat perut dalam keadaan kosong. Suhu air yang hangat saat masuk ke dalam tubuh Anda dapat memperlebar pembuluh darah sehingga aktivitas sistem pencernaan Anda meningkat dan memperlancar BAB.

4. Mengonsumsi Makanan Probiotik

Bakteri pada tubuh tidak selamanya buruk. Bakteri baik atau probiotik dalam usus akan menjaga sistem pencernaan dari jamur hingga bakteri lain yang masuk dari luar atau makanan. Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik dalam jumlah yang seimbang akan memberikan banyak manfaat. Salah satunya untuk memperlancar BAB.

[Baca Juga: Ade Rai Ajak Jalankan Gaya Hidup Sehat]

Mengetahui penyebab BAB Anda tidak lancar sejak awal, akan mengantisipasi Anda agar tidak mengalami susah BAB. Semoga tips di atas berguna untuk Anda yang sedang mengalami gangguan susah BAB.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.