Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Kesehatan

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Belakangan ini, penyemprotan melalui bilik disinfektan yang mengandung cairan alkohol atau chlorine gencar di bangun di ruang publik. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mensterilisasi tubuh manusia dari virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona, yakni virus yang menyebabkan COVID-19.

Akan tetapi, penggunaan disinfektan ini nyatanya tak mampu menangkal Virus Corona yang telah menempel di tubuh manusia. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh World Health Organization (WHO).

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Dilansir dari laman websitenya (30/3/2020), WHO menyebutkan kalau menyemprotkan cairan alkohol atau chlorine ke tubuh manusia tidak akan membunuh virus Corona yang telah masuk ke tubuh manusia. Selain bisa merusak kulit, penyemprotan cairan tersebut ke tubuh manusia juga berisiko pada rusaknya membran mukosa atau selaput lendir pada mata dan mulut.

[Baca Juga: LIPI Berikan Tips Penggunaan Disinfektan di Rumah]

WHO mengingatkan masyarakat perlu memahami bahwa cairan alkohol dan chlorine memang berguna untuk mendisinfeksi permukaan. Tetapi penggunaannya pun harus sesuai dengan rekomendasi takaran yang tepat.

Untuk diketahui, Chlorine merupakan zat disinfektan yang dipakai untuk membunuh bakteri. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Baznas dan Bazis membangun bilik disinfektan atau ruang basmi kuman (27/3/2020). Bilik disinfektan tersebut sementara ini baru ada di Kantor Balaikota Jakarta, Halte Transjakarta Harmoni, Rumah Sakit Duren Sawi dan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

[Baca Juga: Kerja Sama Dompet Dhuafa dan Influencer Hadirkan Bilik Disinfektan]

Sementara itu, Dompet Dhuafa turut membangun bilik disinfektan (24/3/2020). Bilik disinfektan tersebut kini dipasang di Polda Metro Jaya dan Blok M. Rencananya. Dompet Duafa bersama relawan rencananya akan memasang secara estafet 1.000 disinfection chamber yang akan dibangun di sejumlah fasilitas umum di Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.