Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Kesehatan

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Belakangan ini, penyemprotan melalui bilik disinfektan yang mengandung cairan alkohol atau chlorine gencar di bangun di ruang publik. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk mensterilisasi tubuh manusia dari virus SARS-CoV-2 atau Virus Corona, yakni virus yang menyebabkan COVID-19.

Akan tetapi, penggunaan disinfektan ini nyatanya tak mampu menangkal Virus Corona yang telah menempel di tubuh manusia. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh World Health Organization (WHO).

Penyemprotan Chlorine Ke Seluruh Tubuh Tak Efektif Bunuh Virus Corona

Dilansir dari laman websitenya (30/3/2020), WHO menyebutkan kalau menyemprotkan cairan alkohol atau chlorine ke tubuh manusia tidak akan membunuh virus Corona yang telah masuk ke tubuh manusia. Selain bisa merusak kulit, penyemprotan cairan tersebut ke tubuh manusia juga berisiko pada rusaknya membran mukosa atau selaput lendir pada mata dan mulut.

[Baca Juga: LIPI Berikan Tips Penggunaan Disinfektan di Rumah]

WHO mengingatkan masyarakat perlu memahami bahwa cairan alkohol dan chlorine memang berguna untuk mendisinfeksi permukaan. Tetapi penggunaannya pun harus sesuai dengan rekomendasi takaran yang tepat.

Untuk diketahui, Chlorine merupakan zat disinfektan yang dipakai untuk membunuh bakteri. Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Baznas dan Bazis membangun bilik disinfektan atau ruang basmi kuman (27/3/2020). Bilik disinfektan tersebut sementara ini baru ada di Kantor Balaikota Jakarta, Halte Transjakarta Harmoni, Rumah Sakit Duren Sawi dan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta.

[Baca Juga: Kerja Sama Dompet Dhuafa dan Influencer Hadirkan Bilik Disinfektan]

Sementara itu, Dompet Dhuafa turut membangun bilik disinfektan (24/3/2020). Bilik disinfektan tersebut kini dipasang di Polda Metro Jaya dan Blok M. Rencananya. Dompet Duafa bersama relawan rencananya akan memasang secara estafet 1.000 disinfection chamber yang akan dibangun di sejumlah fasilitas umum di Jakarta.


Read More

Artikel Lainnya

Kenali PCOS, Pakar UNABPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicuny a.jpg

Kesehatan

Kenali PCOS, Pakar UNAIR: BPA Hingga Obesitas Bisa Jadi Pemicunya

31 January 2023, 16:40

Berdasarkan keterangan Pakar UNAIR, terdapat sejumlah pemicu kaum hawa terkena PCOS dengan di antaranya adalah paparan bahan kimia BPA sampai obesitas.

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis.jpg

Pendidikan

Walau Banyak Bisnis Penyewaan Buku Punah, Pitimoss Fun Library Mampu Tetap Eksis

31 January 2023, 12:38

Di tengah hantaman digitalisasi yang membuat akses membaca buku novel serta komik mudah, Pitimoss Fun Library tetap mampu bertahan hingga hampir 20 tahun terakhir.

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromat erapi.jpg

Bisnis

Wow, Bank Sampah di Kota Tangerang Ini Hasilkan Produk Lilin Aromaterapi

30 January 2023, 15:01

Bank sampah ternyata tak hanya bisa mendapatkan cuan dari pemilahan sampah semata, karena bank sampah satu ini menunjukan bahwa mereka juga mampu membuat produk yang bernilai ekonomi.

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi.jpg

Berita Kawasan

Perayaan Imlek 2023 di Taman Banteng, Pj Gubernur DKI Jakarta Dampingi Jokowi

30 January 2023, 12:58

Pada akhir pekan kemarin, Presiden Jokowi terlihat hadir bersama Pj Gubernur DKI Jakarta dalam momen perayaan Imlek Nasional yang digelar di Taman Banteng


Comments


Please Login to leave a comment.