Penyuka Anime, Yuk Kunjugi Jiyuu Matsuri UNJ 2019

Berita Kawasan

Penyuka Anime, Yuk Kunjugi Jiyuu Matsuri UNJ 2019

Jepang merupakan salah satu negara maju di Asia. Hal ini membuat Jepang kerap kali jadi role model untuk negara lainnya di Asia termasuk Indonesia. Segala hal tentang Jepang bahkan jadi populer dan salah satu bagian hidup, misalnya makanan, seni budaya tradisional, hingga pop culture seperti anime. Penikmat anime di Indonesia sendiri terbilang sangat besar, bahkan para penggemar membuat komunitas tersendiri untuk dapat membagikan informasi dan kesukaan mereka.

Penggemar anime atau animasi Jepang yang cukup besar inilah yang membuat Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta (UNJ) mengangkat tema Dive in Animation pada penyelenggaraan Jiyuu Matsuri 2019.

[Baca Juga: Ongaku-Sai 2nd 2019, Hadirkan Festival Budaya Jepang di AEON]

Melansir dari laman resmi Jiyuu Matsuri (11/11/2019), kegiatan ini merupakan Festival Bebas atau festival Jepang tahunan garapan Himpunan Mahasiswa Jurusan Bahasa Jepang Universitas Negeri Jakarta. Tahun ini, Jiyuu Matsuri akan menyelenggarakan kegiatan yang berhubungan dengan animasi.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jiyuu Matsuri juga akan mengadakan sejumlah seminar dan workshop yang berhubungan dengan tema tahun ini, yaitu animasi. Misalnya saja ada seminar dengan judul Eksplorasi Potensi Diri Melalui Animasi yang dibawakan oleh MNC Animation. Kemudian juga ada workshop membuat karakter animasi Dalang Pelo bersama Nur Alif Ramadhan serta workshop memasak Matcha Crepe Cakes with Cheese Cream Filling.

[Baca Juga: Little Tokyo, Kawasan Ginza Jakarta: Tempat Kuliner Jepang Legendaris]

Dilansir dari eventjakarta.com (11/11/2019) kegiatan yang akan dilaksanakan pada 16 sampai 17 November 2019 di Kampus A, Universitas Negeri Jakarta di Rawamangun, Jakarta Timur ini juga akan mengadakan lomba umum seperti cosplay walk, cosplay photography, design character, Doujinshi, fan art, dan makan. Kemudian, juga akan diselenggarakan lomba akademik seperti pidato, kana kanji, rodoku, cerdas cermat, shiritori, dan mading.

Selain itu, di festival budaya Jepang ini juga akan ada acara tentang kebudayaan Jepang mulai dari yang tradisional hingga yang modern seperti taiko (drum tradisional Jepang), odori (tari tradisional khas Jepang), dan yosakoi. Kemudian, Jiyuu Matsuri 2019 juga akan diramaikan oleh Shojo Complex, Jakarta Keion Club, Astro Paper, Honeybeat, Heno Heno Moheji, dan masih banyak lagi. Walaupun kegiatan ini merupakan festival kebudayaan Jepang, namun keroncong, musik khas Indonesia juga akan meramaikan kegiatan ini.

Jangan lupa untuk menikmati bazar, rumah hantu, wishing tree, games seru, dan pengalaman mencoba pakaian khas Jepang di kegiatan ini seperti yang dilansir dari nawakalarsa.id.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.