Penyuntikan Perdana di Bandung, Begini Info Lengkap Uji Coba Vaksin CoronaVac Buatan Sinovac Biotech

Kesehatan

Penyuntikan Perdana Uji Coba Vaksin CoronaVac Buatan Sinovac Biotech di Bandung

Seperti diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada Selasa pagi, 11 Agustus 2020 melakukan kunjungan kerja di Bandung, Jawa Barat. Selain akan melihat dan memantau langsung hasil kerja Gugus Tugas Penanganan COVID-19 di Kodam 3 Siliwangi, Bandung, Presiden juga akan meninjau langsung laboratorium Bio Farma dalam proses pengembangan dan pembuatan vaksin antivirus baru korona atau COVID-19.

Jokowi menyaksikan penyuntikan perdana vaksin anti-COVID-19 terhadap delapan sukarelawan yang telah disiapkan di Gedung Eijkman, Bandung. Kedelapan sukarelawan itu merupakan bagian dari total 1.620 sukarelawan yang akan menjalani suntik massal vaksin anti-COVID-19 yang dikembangkan Bio Farma bekerja sama dengan salah satu perusahaan dari Tiongkok. Berdasarkan pemberitaan sebelumnya pada Juli lalu, disebutkan pengujian ini dilakukan Bio Farma bersama Sinovac.

[Baca Juga: Tim Riset Unpad Siap Uji Klinis Vaksin COVID-19]

Dalam uji klinis fase III ini, disiapkan sebanyak 2.400 vaksin. Uji klinis dijadwalkan selesai pada Januari 2021. Lebih dari 1.600 relawan akan menjalani uji klinis vaksin COVID-19 tersebut.

Berdasarkan catatan nytimes.com (11/08/2020) dalam Coronavirus Vaccine Tracker mereka, Perusahaan Tiongkok Sinovac Biotech ini melakukan tes inactivated vaccine yang dinamakan CoronaVac. Pada Juni, perusahaan tersebut mengumumkan Fase I/II uji coba pada 743 relawan dengan penemuan tidak ada efek samping yang parah dan menghasilkan respons imun.

Sinovac kemudian meluncurkan uji coba Fase III di Brasil pada Juli. Perusahaan ini juga membangun fasilitas untuk memproduksi hingga 100 juta dosis per tahun. Belum ada pembaruan informasi tentang uji coba vaksin tersebut di Indonesia pada tanggal berita ini ditayangkan.

Penyuntikan Perdana di Bandung, Begini Info Lengkap Uji Coba Vaksin CoronaVac Buatan Sinovac Biotech

Bagaimana kerja sama Bio Farma dan Sinovac terkait vaksin virus corona? Sekertaris Perusahaan PT Bio Farma Bambang Heriyanto mengatakan, dalam kerja sama dengan Sinovac, ada proses transfer teknologi.

“Kerja sama kami berupa transfer teknologi. Jadi dari teknlogi yang diberikan ke kami, walau nanti mulainya dari downstream baru nanti ke upstream,” ujar Bambang seperti diberitakan Kompas.com (23/7/2020).

“Bahan aktif diberikan ke Biofarma, baru diracik dan diformulasikan di Indonesia,” lanjut dia. Menurut dia, kerja sama yang dilakukan dengan Sinovac saat ini merupakan strategi jangka pendek.

[Baca Juga: Unpad Uji Klinis Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan]

Sementara, untuk jangka panjang, dilakukan kerja sama dengan sejumlah lembaga di Tanah Air. “Strategi jangka panjang ada konsorsium riset vaksin khusus untuk COVID-19 dengan beberapa lembaga penelitian Indonesia,” ujar Bambang.

Beberapa lembaga yang tergabung yakni Lembaga Biomolekuler Eijkman, Kemenristek, Litbangkes Kemenkes, dan Bio Farma. Lembaga-lembaga ini melakukan riset secara keseluruhan dari hulu ke hilir dengan menggunakan strain virus yang ada di Indonesia.

“Yang memulai dan memimpin penelitian Eijkmaan dari mulai seed virus, dilakukan engineering hingga jadi kandidat vaksin baru. Setelah itu diserahkan ke Bio Farma untuk dipoduksi,” ujar dia. Bambang juga menekankan, vaksin dari Snovac bukan obat untuk COVID-19, melainkan bagian dari upaya preventif.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.