Peran Kebun Raya dalam Bio-industry Masa Depan dengan Digitalisasi Data

Bisnis

Peran Kebun Raya dalam Pengembangan Bio-industry dengan Digitalisasi Data

Bukan hanya sebagai tempat rekreasi, kebun raya yang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengemban peran yang cukup banyak. Salah satunya adalah mendukung perekonomian dengan digitalisasi data yang dapat membantu dalam bio-industri.

Secara garis besar, Kebun Raya menjalankan lima fungsi yang berjalan saling beriringan. Lima fungsi tersebut mencakup fungsi konservasi, penelitian, pendidikan, jasa lingkungan, serta eduwisata. “Kebun raya adalah titik tolak strategi besar Indonesia untuk memanfaatkan kekayaan keanekaragaman hayati di laut dan darat,” jelas Kepala LIPI Laksana Tri Handoko seperti diberitakan lipi.go.id (20/7/2020).

Peran Kebun Raya dalam Bio-industry Masa Depan dengan Digitalisasi Data

Handoko menjelaskan, masa depan perekonomian ada di bio-industri. “Kebun Raya dapat menjadi sarana permulaan untuk mengupayakan penambahan nilai ekonomi, yang mana di masa depan akan berbasis kekayaan alam melalui pemanfaatan secara bijak,” ujar Handoko.

Dirinya menerangkan, tumbuhan yang dikonservasi secara ex-situ di Kebun Raya adalah awal rantai aktivitas pemanfaatan. “Tanaman ini diekstraksi untuk melihat kandungan yang ada kemudian dilaksanakan proses digitalisasi. Riset untuk pemanfaatan tumbuhan berdasarkan data tersebut, nantinya hasil dari proses ini diharapkan menjadi obat herbal atau produk lain sehingga posisi Kebun Raya menjadi sangat penting di negara kita,” paparnya.

[Baca Juga: Siap-siap, Akhir Tahun Nanti Cibinong Punya Kebun Raya Baru]

Kepala Pusat Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI R. Hendrian menyebutkan, Kebun Raya mempunyai koleksi tumbuhan hidup terbesar di Indonesia dengan jumlah koleksi 104.761 spesimen, dari jumlah tersebut 152 tumbuhan masuk dalam kategori terancam punah atau threatened species.

“Kebun Raya hanya memiliki 22,06 persen jenis tumbuhan yang terancam punah dari total seluruh threatened species di seluruh Indonesia,” Hendrian menerangkan.

Peran Kebun Raya dalam Bio-industry Masa Depan dengan Digitalisasi Data

Dia menambahkan, peran konservasi ex-situ di Kebun Raya menjadi sangat penting untuk melakukan langkah-langkah penyelamatan sehingga akan menekan jumlah yang terancam punah. “Diharapkan ke depan kebun raya juga dapat menjadi salah satu inovasi untuk pengembangan botani secara ex-situ dengan tidak mengesampingkan konservasi secara in-situ,” pungkas Hendrian.

Sebagai lembaga pembina dan pengawas teknis pembangunan Kebun Raya di Indonesia sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 93 tahun 2011, LIPI berperan aktif dalam pengelolaan dan pembangunan 39 Kebun Raya di 22 provinsi yang mencakup lima Kebun Raya yang dikelola LIPI (Bogor, Cibodas, Purwodadi, Bali, dan Cibinong Science Center-Botanical Garden), 32 Kebun Raya yang dikelola pemerintah daerah, dan 2 Kebun Raya yang dikelola perguruan tinggi.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.