Perawat Positif COVID-19, Puskesmas di Kota Malang Ditutup Bergilir

Kesehatan

Perawat Positif COVID-19, Puskesmas di Kota Malang Ditutup Bergilir

Pada hari Minggu malam, 23 Agustus 2020, Satgas COVID-19 Kota Malang mengonfirmasi jika ada petugas medis di Puskesmas Kedungkandang yang terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga Puskesmas yang berlokasi di Jl. Raya Kedungkandang Kota Malang tersebut ditutup untuk sementara waktu terhitung sejak Senin, 24 Agustus 2020. Tidak disebutkan berapa banyak perawat yang terkonfirmasi tersebut.

Seperti diberitakan malangkota.go.id (25/8/2020), penutupan direncanakan hingga tiga hari ke depan dan tidak memberikan pelayanan selama waktu tersebut karena gedung puskesmas akan disemprot dengan cairan disinfektan setiap hari oleh petugas. Selama ditutup, pelayanan dialihkan ke puskesmas yang ada di Jalan Ki Ageng Gribig yang berjarak sekitar tiga kilometer dari Puskesmas Kedungkandang dan juga dialihkan ke Rumah Sakit Saiful Anwar Malang.

Perawat Positif COVID-19, Puskesmas di Kota Malang Ditutup Bergilir

Para petugas medis dan karyawan pun langsung melakukan isolasi mandiri serta dilakukan tes cepat dan tes usap. Jika dari hasil kedua tes tersebut ada tambahan yang terpapar maka waktu penutupan puskesmas bisa diperpanjang.

Wali Kota Malang yang juga merupakan Ketua Satgas COVID-19 Kota Malang mengungkapkan, pihaknya akan melakukan tracking atau melacak persebaran virus dan tracing atau penelusuran kontak erat orang yang terpapar. Di Puskesmas Kedungkandang setidaknya ada 66 orang karyawan yang sudah menjalani karantina dan melakukan tes cepat serta tes usap.

[Baca Juga: Dari Total 974, 30 Pegawai Puskesmas & Labkesda Kota Bogor Positif COVID-19]

Nantinya, dikatakan Wali Kota Malang bahwa sejumlah puskesmas di Kota Malang juga akan dilakukan penutupan sementara secara bergilir guna menekan dan memutus rantai penularan COVID-19, khususnya di kalangan petugas medis. Di sisi lain juga agar tidak memicu dan muncul klaster baru dalam penyebaran virusnya.

Upaya lain yang akan ditempuh Satgas COVID-19 Kota Malang saat puskesmas bisa mulai beroperasi lagi yaitu dengan mengurangi jam kerja dan jumlah masyarakat yang dilayani serta lebih memperketat penerapan protokol kesehatan. Selain itu, warga pun diimbau agar selalu waspada tapi jangan panik yang berlebihan dan yang terpenting adalah berdisiplin dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga tidak mudah terpapar virus.

Read More

Artikel Lainnya

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

26 November 2020, 19:08

Dengan tantangan pandemi COVID-19, Sinarmas World Academic dapat beradaptasi dalam menerapkan kurikulumnya untuk para siswanya walau menggunakan metode pembelajaran jarak jauh.

Kolaborasi GoPlay dan Citilink Suguhkan Ratusan Konten Hiburan Selama Penerbangan

Hobi dan Hiburan

GoPlay Dukung Film Maker Independen Indonesia

26 November 2020, 17:09

Layanan ini merupakan bentuk komitmen GoPlay dalam menjadi wadah kreasi bagi para pembuat film independen serta saluran distribusi karya-karya sineas berbakat tanah air.

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

Berita Kawasan

Rp2,8 Miliar Disalurkan Pemkot Bogor untuk Kembangkan Wisata Alam di Mulyaharja

26 November 2020, 16:07

Alokasi anggaran tersebut diperuntukan untuk pembangunan sarana prasarana guna mengembangkan wisata alam di Kampung Ciharashas, Mulyaharja.

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

Kesehatan

Penghargaan Top 45 Inovasi Pelayanan Publik 2020 Diraih RSUD Tarakan

26 November 2020, 15:07

Layanan Bunga Tanjung yang menjadi pusat pelayanan terpadu kekerasan perempuan dan anak di RSUD Tarakan terpilih sebagai salah satu Top 45 Inovasi Pelayanan Publik.


Comments


Please Login to leave a comment.