Perayaan Hari Jadi Bogor ke-537 Digelar Meriah

Berita Kawasan

Perayaan Hari Jadi ke-537 Kota Bogor Digelar Meriah

Pada 30 Juni 2019, masyarakat Kota Bogor tumpah ruah ke jalanan di kawasan Balai Kota Bogor semenjak pagi hari. Pasalnya, Pemerintah Kota Bogor menggelar agenda festival tahunan yang merayakan hari jadi Bogor. Di usia yang ke-537 ini, perayaan hari jadi Bogor pun digelar meriah dengan berbagai acara kebudayaan yang diikuti sekitar 1.000 peserta. Pada perayaan tersebut, Wali Kota Bogor Bima Arya juga menyampaikan komitmennya.

Diperkirakan terdapat ribuan masyarakat Kota Bogor yang hadir untuk menyaksikan acara Helaran Hari Jadi ke-537 Kota Bogor . Dengan nama Helaran Seni Budaya Nusantara, para peserta pawai yang berasal dari berbagai komunitas, sanggar, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), bank, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) menampilkan puluhan iring-iringan yang meriah dan kental dengan unsur kebudayaan.

Perayaan Hari Jadi Bogor ke-537 Digelar Meriah

Pawai tersebut memulai gelaran festival dengan berjalan beriringan dari Jalan Ir. Juanda yang dilanjutkan ke arah Jendral Sudirman. Iring-iringan itu pun berakhir dengan berkumpul di panggung utama yang bertempat di dekat Taman Air Mancur.

Salah satu peserta Helaran Hari Jadi ke-537 Kota Bogor adalah Baraya Kujang Pajajaran atau BKP. BKP terdiri dari komunitas pecinta kujang sekaligus bisnis penempaan kujang. Mereka hadir dalam festival ini untuk semakin mengenalkan masyarakat Bogor dengan kujang yang notabene merupakan senjata atau pusaka unik khas Jawa Barat.

[Baca Juga: Gubernur Jakarta Hadir di Perayaan Hari Jadi ke-537 Kota Bogor]

Sebagaimana dilansir dari kotabogor.go.id (1/7/2019), pimpinan BKP Wahyu Affand Suradinata menjelaskan, Baraya Kujang Pajajaran menghadirkan 108 peserta. Mereka membawa replika kujang seperti Ciung, Jago, Kuntul, Bangkong, Wayang, Badak, dan naga. Kujang yang digunakan untuk alat upacara atau Kujang Pangarak juga turut dihadirkan di sini, seperti jenis naga dan jago.

Melihat meriahnya serta sambutannya yang hangat dari para peserta dan masyarakat terhadap Helaran Hari Jadi ke-537 Kota Bogor, Wali Kota Bogor Bima Arya merasa senang. Ia juga memberikan apresiasinya terhadap acara yang menyatukan masyarakat tersebut dan sekaligus berkomitmen untuk menjaga kebersamaan yang diperlihatkan pada festival budaya ini.

[Baca Juga: Lurah Sempur Wacanakan Kampung Inggris di Wilayahnya]

“(Hari Jadi Bogor-red) 537 waktu yang lama untuk memelihara kebersamaan juga merawat tradisi kebersamaan,” ucap Bima Arya di acara Helaran Hari Jadi ke-537 Kota Bogor Kota Bogor, sebagaimana dikutip dari beritasatu.com (30/6/2019). Ia menyebut, ingin menunjukkan Bogor yang merupakan simbol kebersamaan Indonesia dan milik semua masyarakat.

Arya menegaskan, bukan hanya warga dari Jawa Barat saja yang tinggal di Bogor tapi orang-orang dari ujung timur Nusantara juga tinggal di sini. “Ini simbolnya bahwa Bogor milik semua,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

Kecantikan dan Fashion

Sentuhan Airy Matte Finish dari Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint

17 August 2022, 09:57

Y.O.U Cloud Touch Fixing Tint hadir untuk menambah pilihan bagi para perempuan yang ingin merasakan lip tint dengan formulasi low transfer dengan matte finish yang tahan lama.

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL.jpg

Hobi dan Hiburan

tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL

16 August 2022, 17:28

Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

16 August 2022, 15:27

Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Guna Kembangkan Metode WGS, East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes.jpg

Kesehatan

East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes

16 August 2022, 13:25

Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.


Comments


Please Login to leave a comment.