Peluncuran Resmi Layanan Bus Trans Banyumas, Gratis Hingga Akhir 2021

Berita Kawasan

Perbaikan Sistem dan Teknis, Trans Banyumas Sementara Berhenti Operasi

Mulai awal Januari pengoperasian Bus Trans Banyumas dihentikan sementara karena perbaikan sistem dan teknis. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, mengatakan kemungkinan bus akan kembali beroperasi pada akhir Januari mendatang. “Layanan Bus Trans Banyumas ini akan dilanjutkan kembali pada akhir Januari atau menunggu pemberitahuan selanjutnya,” jelas Agus biasa disapa. Demikian keterangan tertulis yang diterima oleh tim Redaksi PingPoint.co.id, Senin (10/1/2022).

Agus menambahkan penghentian operasional Bus Trans Banyumas berlaku untuk dua koridor yang sudah dijalankan, koridor satu dan koridor tiga. Masing- masing koridor satu dengan rute dari Pasar Pon- Terminal Ajibarang pulang- pergi dengan jarak kurang lebih 39 kilometer dan koridor tiga dengan rute Terminal Kebondalem- Terminal Bulupitu pulang- pergi dengan jarak kurang lebih 47 kilometer.

Peluncuran Resmi Layanan Bus Trans Banyumas, Gratis Hingga Akhir 2021

Penghentian pengoperasionalan Bus Trans Banyumas itu langsung diinstruksikan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat dan berlaku untuk semua kota/ kabupaten yang mendapatkan program bantuan bus trans pada 2021. Berdasarkan informasi yang diterima dari Dirjen Perhubungan Darat penghentian pengoperasian bus karena adanya pembenahan internal secara teknis dan sistem aplikasi.

Selain itu, kemungkinan besar akan ada pembaharuan terkait ketentuan tarif. “Kami dari Dishub memohon maaf kepada masyarakat atas penghentian sementara layanan Bus Trans Banyumas. Kami di Banyumas hanya operator saja. Semua kerangka teknis dan aplikasi berada di Dirjen Perhubungan Darat. Akan ada penjelasan langsung dari Dirjen Perhubungan Darat,” terang Agus.

Menurut Agus, Bus Trans Banyumas sangat diminati warga. Antusiasme warga yang ingin naik Bus Trans Banyumas terbukti di mana mereka rela antre. Ramai seperti mengantri sembako karena masih gratis. Ditambah kebanyakan warga naik bus Trans Banyumas tidak sendiri. Mereka mengajak serta sanak saudara dan tetangga naik secara rombongan.

[Baca Juga: Bus JRC Jadi Varian Transportasi Publik Teranyar Warga Depok]

Menurut petugas pengatur bus, Puji Waluyo mengatakan antusiasme warga yang ingin mencoba Trans Banyumas sangat tinggi karena masih gratis dan ada libur Natal jadi sangat ramai. Oleh karena ramai, maka Bus Trans Banyumas dibatasi jadi 10-12 orang setiap kali naik dan bergantian harus mengatre.

Sementara itu, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, Suharto menjelaskan tiga koridor yang dilayani bus Trans Banyumas antara lain koridor satu dari Pasar Pon- Terminal Ajibarang. Pada koridor satu ada sebanyak 13 armada bus yang akan beroperasi. Koridor kedua dari Terminal Notog Patikraja- Terminal Bawah Baturraden pulang- pergi dengan jarak sekitar 48 kilometer. Pada koridor kedua ada sebanyak 17 armada bus yang beroperasi.

Peluncuran Resmi Layanan Bus Trans Banyumas, Gratis Hingga Akhir 2021

Kemudian koridor ketiga dari Terminal Kebondalem- Terminal Bulupitu. Pada koridor ketiga ada sebanyak 16 armada bus. Jadi di tiga koridor tersebut, total ada sebanyak 52 armada bus yang beroperasi dengan 125 sumber daya manusia (SDM) yang akan menggawangi layanan transportasi bus Trans Banyumas. Selain itu, dari 52 armada bus sebanyak 10 persennya melayani masyarakat yang berkebutuhan khusus. “Jadi layanan transportasi ini ramah bagi penyandang disabilitas,” terang Suharto.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.