Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI menggelar Produk IKM 1.jpg

Bisnis

Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM

Dari tahun ke tahun, Industri Kecil dan Menengah (IKM) mengalami peningkatan jumlah tenaga kerja yang terserap. Jumlah IKM yang semakin meningkat sejalan dengan perkembangan kelas menengah yang mendominiasi populasi penduduk. Pada tahun lalu, para pelaku IKM telah dilatih untuk beralih ke pemasaran digital. Hal tersebut akan menguatkan struktur industri nasional, mengingat era tahun ini revolusi industri 4.0 semakin berkembang.

Melansir laman beritajakarta.id (25/02/2019), pada 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Pameran Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kreatif di Ruang Serbaguna, Gedung Blok G, Balai Kota DKI, Menteng, Jakarta Pusat.

Tujuan Pemrov DKI menggelar pameran yang berlangsung dari 25 sampai 28 Februari untuk meningkatkan produk-produk IKM binaan agar dapat bersaing di ranah industri yang semakin pesat. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta, Ricki Marojahan Mulia mengatakan, pameran ini digelar dari 25-28 Februari dengan tujuan untuk meningkatkan produk-produk IKM binaan agar dapat bersaing di ranah industri yang semakin pesat.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

"Tujuan kita untuk membantu teman-reman IKM binaan kita serta Dekranasda untuk mempromosikan produk mereka. Karena kalau kita lihat, produk-produknya sudah unik. Pasarnya ini termasuk khusus dan spesifik," ucap Ricki Marojahan, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta.

Pameran diikuti 60 IKM binaan dan sepanjang tahun pihaknya akan gelar 20 pameran untuk mempromosikan produk-produk IKM.

Salah satu IKM binaan peserta pameran Beatrick Jong mengatakan, pameran ini membuka kesempatan bagi wirausahawan untuk mengenalkan kualitas produk masing-masing.

Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI menggelar Produk IKM

“Mudah-mudahan dengan adanya pameran ini, kita bisa menyalurkan ide-ide kreatif kita," ucapnya.

Di tahun ini, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta akan menyelenggarakan setidaknya 40 kegiatan bazar maupun pameran di masing-masing wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara menilai, frekuensi penambahan penyelengaraan bazar dan pameran dalam menjual produknya sangat penting untuk lebih memfasilitasi UKM dalam memasarkan produknya.

[Baca Juga: Kerajinan Koran Bekas Bisa Capai Omzet 15 Juta per Bulan]

Kegiatan bazar dan pameran akan menjadi alternatif dan terobosan bagi pelaku UKM. Karena, saat ini kapasitas di lokasi binaan (lokbin) sebanyak 19 sudah penuh dan lokasi sementara (loksem) sebanyak 233 sudah terpakai

Seperti dilansir beritajakarta.id (03/01/2019), Adi mengatakan pelaku UKM yang akan ikut serta dalam pameran maupun bazar tetap melalui tahapan kurasi. Meski demikian, untuk tiap pelaksanaan kegiatan ditargetkan bisa mengikutsertakan 20 hingga 30 pelaku UKM.

"Kurasi itu tetap ada, tapi prinsipnya kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua pelaku UKM," tambahnya.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.