Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI menggelar Produk IKM 1.jpg

Bisnis

Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM

Dari tahun ke tahun, Industri Kecil dan Menengah (IKM) mengalami peningkatan jumlah tenaga kerja yang terserap. Jumlah IKM yang semakin meningkat sejalan dengan perkembangan kelas menengah yang mendominiasi populasi penduduk. Pada tahun lalu, para pelaku IKM telah dilatih untuk beralih ke pemasaran digital. Hal tersebut akan menguatkan struktur industri nasional, mengingat era tahun ini revolusi industri 4.0 semakin berkembang.

Melansir laman beritajakarta.id (25/02/2019), pada 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Pameran Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kreatif di Ruang Serbaguna, Gedung Blok G, Balai Kota DKI, Menteng, Jakarta Pusat.

Tujuan Pemrov DKI menggelar pameran yang berlangsung dari 25 sampai 28 Februari untuk meningkatkan produk-produk IKM binaan agar dapat bersaing di ranah industri yang semakin pesat. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta, Ricki Marojahan Mulia mengatakan, pameran ini digelar dari 25-28 Februari dengan tujuan untuk meningkatkan produk-produk IKM binaan agar dapat bersaing di ranah industri yang semakin pesat.

[Baca Juga: Program Mekaar Naikkan Kelas Usaha Nasabah]

"Tujuan kita untuk membantu teman-reman IKM binaan kita serta Dekranasda untuk mempromosikan produk mereka. Karena kalau kita lihat, produk-produknya sudah unik. Pasarnya ini termasuk khusus dan spesifik," ucap Ricki Marojahan, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta.

Pameran diikuti 60 IKM binaan dan sepanjang tahun pihaknya akan gelar 20 pameran untuk mempromosikan produk-produk IKM.

Salah satu IKM binaan peserta pameran Beatrick Jong mengatakan, pameran ini membuka kesempatan bagi wirausahawan untuk mengenalkan kualitas produk masing-masing.

Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI menggelar Produk IKM

“Mudah-mudahan dengan adanya pameran ini, kita bisa menyalurkan ide-ide kreatif kita," ucapnya.

Di tahun ini, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta akan menyelenggarakan setidaknya 40 kegiatan bazar maupun pameran di masing-masing wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.

Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara menilai, frekuensi penambahan penyelengaraan bazar dan pameran dalam menjual produknya sangat penting untuk lebih memfasilitasi UKM dalam memasarkan produknya.

[Baca Juga: Kerajinan Koran Bekas Bisa Capai Omzet 15 Juta per Bulan]

Kegiatan bazar dan pameran akan menjadi alternatif dan terobosan bagi pelaku UKM. Karena, saat ini kapasitas di lokasi binaan (lokbin) sebanyak 19 sudah penuh dan lokasi sementara (loksem) sebanyak 233 sudah terpakai

Seperti dilansir beritajakarta.id (03/01/2019), Adi mengatakan pelaku UKM yang akan ikut serta dalam pameran maupun bazar tetap melalui tahapan kurasi. Meski demikian, untuk tiap pelaksanaan kegiatan ditargetkan bisa mengikutsertakan 20 hingga 30 pelaku UKM.

"Kurasi itu tetap ada, tapi prinsipnya kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua pelaku UKM," tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

danau-siombak.jpg

Hobi dan Hiburan

Menunggu Waktu Berbuka Sambil Menikmati Keindahan di Danau Siombak

16 April 2021, 15:32

Danau Siombak adalah danau buatan bekas penggalian tanah timbunan pada sekitar tahun 1980.

Ikut Salat Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Teng ah.jpg

Berita Kawasan

Ikut Tarawih Berjamaah, Ini Pesan Ganjar Pranowo untuk Warga Jawa Tengah

16 April 2021, 15:06

Walau saat ini salat Tarawih sudah diperbolehkan, Ganjar Pranowo meminta agar warga Jawa tengah tetap memperhatikan protokol kesehatan tanpa aja kesusu.

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Sentuh Lebih dari 600 Ribu Jiwa.jpg

Kesehatan

Vaksinasi COVID-19 di Kota Surabaya Sudah Lebih dari 600.000 Jiwa

16 April 2021, 14:07

Pemkot Surabaya mengumumkan program vaksinasi COVID-19 di wilayah mereka sudah mencapai total lebih dari 600.000 orang.

Dunia Usaha dan Pariwisata di Kota Batu, Bantu Cegah COVID-19

Berita Kawasan

Banyak Bendera Hijau di Kota Batu, Libur Lebaran akan Ramai

16 April 2021, 12:01

Tren angka terjangkit COVID-19 di Kota Batu dapat dikendalikan dengan baik. Hal ini menjadi salah satu dasar bagi tempat wisata untuk tetap buka ketika libur Lebaran 2021.


Comments


Please Login to leave a comment.