Bisnis
Perbanyak Bazar dan Pameran Pemprov DKI Gelar Produk IKM
Dari tahun ke tahun, Industri Kecil dan Menengah (IKM) mengalami peningkatan jumlah tenaga kerja yang terserap. Jumlah IKM yang semakin meningkat sejalan dengan perkembangan kelas menengah yang mendominiasi populasi penduduk. Pada tahun lalu, para pelaku IKM telah dilatih untuk beralih ke pemasaran digital. Hal tersebut akan menguatkan struktur industri nasional, mengingat era tahun ini revolusi industri 4.0 semakin berkembang.
Melansir laman beritajakarta.id (25/02/2019), pada 2019 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar Pameran Produk Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kreatif di Ruang Serbaguna, Gedung Blok G, Balai Kota DKI, Menteng, Jakarta Pusat.
Tujuan Pemrov DKI menggelar pameran yang berlangsung dari 25 sampai 28 Februari untuk meningkatkan produk-produk IKM binaan agar dapat bersaing di ranah industri yang semakin pesat. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta, Ricki Marojahan Mulia mengatakan, pameran ini digelar dari 25-28 Februari dengan tujuan untuk meningkatkan produk-produk IKM binaan agar dapat bersaing di ranah industri yang semakin pesat.
"Tujuan kita untuk membantu teman-reman IKM binaan kita serta Dekranasda untuk mempromosikan produk mereka. Karena kalau kita lihat, produk-produknya sudah unik. Pasarnya ini termasuk khusus dan spesifik," ucap Ricki Marojahan, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta.
Pameran diikuti 60 IKM binaan dan sepanjang tahun pihaknya akan gelar 20 pameran untuk mempromosikan produk-produk IKM.
Salah satu IKM binaan peserta pameran Beatrick Jong mengatakan, pameran ini membuka kesempatan bagi wirausahawan untuk mengenalkan kualitas produk masing-masing.

“Mudah-mudahan dengan adanya pameran ini, kita bisa menyalurkan ide-ide kreatif kita," ucapnya.
Di tahun ini, Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah serta Perdagangan (KUKMP) DKI Jakarta akan menyelenggarakan setidaknya 40 kegiatan bazar maupun pameran di masing-masing wilayah kota dan Kabupaten Kepulauan Seribu.
Kepala Dinas KUKMP DKI Jakarta, Adi Ariantara menilai, frekuensi penambahan penyelengaraan bazar dan pameran dalam menjual produknya sangat penting untuk lebih memfasilitasi UKM dalam memasarkan produknya.
Kegiatan bazar dan pameran akan menjadi alternatif dan terobosan bagi pelaku UKM. Karena, saat ini kapasitas di lokasi binaan (lokbin) sebanyak 19 sudah penuh dan lokasi sementara (loksem) sebanyak 233 sudah terpakai
Seperti dilansir beritajakarta.id (03/01/2019), Adi mengatakan pelaku UKM yang akan ikut serta dalam pameran maupun bazar tetap melalui tahapan kurasi. Meski demikian, untuk tiap pelaksanaan kegiatan ditargetkan bisa mengikutsertakan 20 hingga 30 pelaku UKM.
"Kurasi itu tetap ada, tapi prinsipnya kami ingin memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua pelaku UKM," tambahnya.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Hobi dan Hiburan
tiket.com Buka Pemesanan Konser Internasional Perdana BCL
16 August 2022, 17:28
Pada pekan ini penyanyi Bunga Citra Lestari siap manggung di konser internasional perdananya melalui BCL Blossom Intimate Concert di Singapura dan tiketnya sudah bisa dipesan melalui tiket.com.

Pendidikan
Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap
16 August 2022, 15:27
Setelah selama dua tahun upacara HUT RI di Kota Surabaya dihadiri dengan pasukan Paskibraka di bawah 10 orang, untuk upacara besok, formasi 99 anggota telah kembali diterapkan.

Kesehatan
East Ventures Dukung Peluncuran BGSi Kemenkes
16 August 2022, 13:25
Demi mendorong pengembangan Whole Genome Sequencing di Indonesia, East Ventures memberikan dukungan program BGSi dari Kemenkes RI.

Bisnis
Dijual Tepat Momen HUT RI ke-77, Ini Harga Infinix Smart 6 Plus
16 August 2022, 11:22
Infinix Indonesia kembali umumkan ponsel pintar yang ramah di kantung dan siap dijual perdana di momen 17 Agustus besok.