Perbatasan Bekasi-Karawang Terbanyak Kendaraan Pelanggar PSBB

Berita Kawasan

Perbatasan Bekasi-Karawang Terbanyak Kendaraan Pelanggar PSBB

Jumlah kendaraan pelanggar aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kabupaten Bekasi paling banyak ditemukan di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang. Sebabnya, Kabupaten Karawang bukan wilayah yang menerapkan PSBB, sehingga banyak kendaraan yang melintasi wilayah tersebut tanpa mengindahkan aturan.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Bekasi AKBP Rachmat Sumekar pada Selasa (21/04/2020). “Paling tinggi jumlah pelanggar terdapat dari perbatasan Kabupaten Bekasi dengan Karawang, karena di Karawang kan tidak PSBB jadi banyak pelanggar,” kata Rachmat, melansir bekasikab.go.id (22/4/2020).

PSBB Pemkab Bekasi Bagikan Masker dan Sweeping Pemancingan

“Kalau dari perbatasan Kota Bekasi masuk ke kabupaten tidak begitu banyak soalnya kan kota [Bekasi] juga PSBB. Namun begitu kami terus lakukan penindakan,” lanjutnya.

Perbatasan Karawang dan Kabupaten Bekasi merupakan salah satu wilayah titik pemeriksaan atau check point di Kabupaten Bekasi. Rachmat dan pihaknya mendapati kendaraan pelanggar PSBB terbanyak di wilayah ini ketika sedang berpatroli seminggu setelah berlakunya PSBB di kawasan Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek).

Ia mengatakan pula dalam satu minggu pelaksanaan PSBB di Kabupaten Bekasi, ditemukan lebih dari seribu kendaraan pelanggar per harinya.

[Baca Juga: Roda Bisnis Ribuan Perusahaan di Kabupaten Bekasi Diguncang COVID-19]

“Per hari kami masih menemukan 1.000-1.200 pelanggaran. Kalau ditotal ada sekitar 7.000 pelanggaran lebih dalam seminggu ini,” tutur Rachmat.

Jumlah ini disebutnya tidak konstan. Terkadang, ditemukan pula jumlah pelanggaran tidak lebih dari seribu. “Ada yang 900 per hari tapi juga ada kenaikan,” tambahnya.

Adapun jenis pelanggaran yang ditemui yaitu pengendara sepeda motor tidak mengenakan masker, pengendara motor yang masih membawa penumpang atau berboncengan, dan mobil dengan jumlah penumpang lebih dari 50 persen.

[Baca Juga: Permudah Masyarakat, Pemkab Bekasi Sediakan Pasar Online]

Aturan berkendara yang harus dipatuhi selama PSBB di Kabupaten Bekasi mengacu pada Peraturan Bupati Nomor 37 Tahun 2020. Dalam peraturan itu, tertuang bahwa pengendara sepeda motor tidak boleh berboncengan. Pengendara sepeda motor hanya boleh mengangkut barang dan wajib mengenakan masker serta sarung tangan.

Terkait kendaraan roda empat, angkutan umum hanya boleh mengangkut maksimal 5 penumpang, mobil sedan maksimal 3 penumpang, dan non sedan 4 penumpang.

Sementara itu, bus juga hanya boleh mengangkut maksimal 50 persen total penumpangnya. Jarak duduk antar penumpang harus berjauhan. Hanya penumpang bus dengan suhu badan normal yang boleh naik.

Sebagai informasi, hingga Selasa, 22 April 2020 tercatat 63 kasus positif di Kabupaten Bekasi. Dari jumlah tersebut, 24 di antaranya dinyatakan sembuh, 8 orang meninggal dunia, 8 pasien sedang menjalani perawatan di rumah sakit, dan sisanya melakukan isolasi secara mandiri.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Hanna56 2 years, 5 months lalu
    hanna56

    Bosan di rumah terus karena wabah ini ❓ ❔ Buruan join di ⁣poker165.co ,permainan poker paling seru. Dan jangan lewatkan bonus atau event dengan hadiah mencapai Milyaran. Menjadi ⁣Milyarder bukan mimpi lagi untuk pemain poker165.co !!!