Percaya Mitos Kunjungi Kebun Raya Bogor

Berita Kawasan

Percaya Mitos? Kunjungi Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor atau Kebun Botani Bogor adalah sebuah kebun botani besar yang terletak di Kota Bogor, Indonesia. Kebun Raya Bogor merupakan hutan buatan yang ditujukan untuk keperluan menjaga kelestarian lingkungan sebagai tempat memelihara benih benih kayu yang langka. Luasnya mencapai 87 hektare dan memiliki 15.000 jenis koleksi pohon dan tumbuhan. Di sekitar Kebun Raya Bogor tersebar pusat-pusat keilmuan yaitu Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan perpustakaan.

Percaya Mitos Kunjungi Kebun Raya Bogor

Dalam ulasan kali ini, PingPoint.co.id akan menceritakan sedikit tentang sejarah Kebun Raya Bogor. Menurut sejarah, awal 1800-an Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles, yang mendiami Istana Bogor dan memiliki minat besar dalam botani, tertarik mengembangkan halaman Istana Bogor menjadi sebuah kebun yang cantik. Dengan bantuan para ahli botani, W. Kent, yang ikut membangun Kew Garden di London, Raffles menyulap halaman istana menjadi taman bergaya Inggris klasik. Pada tahun 1814 Olivia Raffles istri dari Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles meninggal dunia karena sakit dan dimakamkan di Batavia. Sebagai pengabadian, monumen untuknya didirikan di Kebun Raya Bogor.

[Baca Juga: Pilihan Eduwisata di 4 Museum Sekitar Bogor Botanical Garden]

Saat ini Kebun Raya Bogor ramai dikunjungi sebagai tempat wisata, bahkan menjadi salah satu destinasi wisata utama para wisatawan lokal maupun asing, terutama hari Sabtu dan Minggu. Jika Anda berkunjung kesana, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang indah. Selain sejuk, Anda bisa mendapat ilmu tentang sejarah tumbuhan. Namun, di balik keteduhan, kesejukan, dan fungsinya sebagai penghasil oksigen terbesar di Jabodetabek, ternyata memiliki sisi lain yang cukup menarik.

Jika Anda percaya mitos dan penasaran, Anda dapat mengunjungi Kebun Raya Bogor. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, ada tempat di dalam Kebun Raya Bogor bila Anda berada disana akan terjadi sesuatu. Anda penasaran tempat apa? Yuk simak dua tempat berikut ini:

Percaya Mitos Kunjungi Kebun Raya Bogor Pohon Jodoh
  • Pohon Jodoh

Bila Anda hendak datang ke Kebun Raya Bogor, sebaiknya bersama pasangan atau kekasih. Pasalnya, ada dua buah pohon besar yang konon bisa membuat hubungan dua insan manusia langgeng hingga ajal menjemput. Meskipun kini zaman sudah modern, tapi nyatanya masih banyak pengunjung yang mencoba untuk duduk bersama pasangan mereka di antara kedua pohon tersebut.

Percaya Mitos Kunjungi Kebun Raya Bogor Jembatan Merah
  • Jembatan Merah

Sebaliknya dari mitos pohon jodoh, Anda jangan melewati jembatan merah bersama pasangan. Karena, menurut cerita warga setempat, jembatan ini bisa membuat dua insan yang saling mencintai saling meninggalkan. Mitos misterius tersebut diyakini oleh pengunjung dan warga setempat. Kabarnya tidak sedikit pengunjung yang datang bersama kekasih atau pasangan akhirnya berpisah setelah melewati jembatan tersebut.

[Baca Juga: Kebun Raya Bogor Dorong Masuk Daftar Resmi Warisan Dunia UNESCO]

Terlepas dari mitos yang beredar tentang kepercayaan warga tersebut, Kebun Raya Bogor adalah salah satu tempat wisata yang asyik untuk Anda kunjungi. Tak hanya pemandangan yang asri, Anda juga dapat melihat koleksi-koleksi tumbuhan di sana seperti tumbuhan yang terkenal Raflesia Arnoldi atau Bunga Bangkai. Tertarik pergi kesana? Kebun Raya Bogor beralamatkan di Jl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16122. Berikut jam operasional Kebun Raya Bogor:

  • Kebun Raya Bogor: 07.30-17.00 WIB
  • Jam buka Kantor: 07.00-15.30 WIB, khusus Sabtu, Minggu dan hari libur tutup
  • Layanan Informasi: 08.00-16.00 WIB
  • Perpustakaan: 08.00-15.30 WIB, khusus Sabtu, Minggu dan hari libur tutup
  • Herbarium: 08.00-15.00 WIB
  • Rumah Kaca Anggrek: 08.00-15.30 WIB
  • Toko Tanaman + Cinderamata: 08.00-15.30 WIB
  • Cafe Dedaunan: 08.00-21.00 WIB
  • Museum Zoologi: 08.00-16.00 WIB

Percaya atau tidak percaya mitos, Anda dapat mengunjungi tempat wisata menarik ini, letih Anda akan terbayar dengan keindahan pemandangan Kebun Raya Bogor. Anda bisa bersantai sambil menghirup udara segar yang dikeluarkan dari tanaman-tanaman di sana.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.