Pastikan Pegawainya Bebas COVID-19, Puluhan Warga Unpad Ikuti Tes Swab .jpg

Pendidikan

Percepat Proses Ekstrasi RNA di Sampel COVID-19, Unpad Hadirkan AutoMagER

Sejak pandemi COVID-19 membayangi Indonesia di tahun 2020, akademisi Universitas Padjadjaran (Unpad) bahu-membahu untuk menghadirkan inovasi yang dapat membantu pemerintah dalam menangani wabah akibat virus Corona ini. Dari mulai alat deteksi COVID-19 (rapid test antigen) CePAD hingga produk-produk Viral Transport Medium atau VTM yang berguna untuk menyimpan sampel pemeriksaan swab COVID-19. Inovasi ini tak hanya berhenti di sana saja, karena Unpad kembali mengenalkan produk inovatif lainnya untuk tracing sampel COVID-19 yang kali ini bernama AutoMagER.

Mungkin bagi orang awam akan terdengar unik dan lucu nama dari produk inovatif Unpad ini tapi AutoMagER sebenarnya singkatan dari Auto Magnetic Extractor. Berbentuk mesin berbasis robotik, AutoMagER disebut berguna sebagai mesin ekstraksi RNA dan ini diklaim sebagai yang pertama yang benar-benar diproduksi oleh anak bangsa.

Percepat Proses Ekstrasi RNA di Sampel COVID-19, Unpad Hadirkan AutoMagER.jpg

Kehadiran AutoMagER sendiri disebut tak lain untuk mengatasi kendala yang dialami laboratorium dalam proses pemeriksaan sampel tes swab PCR. Apalagi fasilitas ekstraksi RNA yang dibutuhkan dalam proses penelusuran COVID-19 di sampel tersebut belum semua memiliki mesin ekstraksi yang otomatis. Oleh karena itulah pengecekan sampel tidak bisa dilakukan secara cepat padahal jumlah sampel yang masuk terus meningkat. Sedangkan di sisi lain untuk mengimpor mesin-mesin ekstraksi RNA di laboratorium tersebut juga akan sulit dan ditambah biayanya yang tinggi.

AutoMagER sendiri dikembangkan oleh para peneliti lintas fakultas di Unpad yang terdiri dari Dr. rer. Nat Savira Ekawardhani, M.Si., Dr. Shabarni Gaffar, M.Si., Lia Faridah, dr., M.Si., dan Dr. Hesti Lina Wiraswati, M. Si. Sebelum ada pandemi COVID-19, mesin robotik ini awalnya dikembangkan untuk membantu proses ekstraksi RNA dari virus malaria dan demam dengue. Setelah pandemi ini datang dan memicu banyak masyarakat Indonesia yang terpapar, para peneliti ini pun mengembangkan AutoMagER agar bisa membantu upaya pemeriksaan sampel swab PCR.

[Baca Juga: Pastikan Pegawainya Bebas COVID-19, Puluhan Warga Unpad Ikuti Tes Swab]

Menurut Savira, berbeda dengan mesin ekstrasi yang diimpor dan disesuaikan plate ekstraksinya, bersama timnya, ia tak hanya menghadirkan mesin ekstraksi robotik saja. Karena mereka juga memproduksi plate-nya juga sendiri sehingga laboratorium tidak perlu bergantung terhadap plate yang harus diimpor dari negara lain.

Sebagaimana dilansir dari unpad.ac.id (16/1/2021), cara kerja dari AutoMagER adalah dengan cara memasukkan sampel yang sebelumnya sudah dimasukkan ke VTM lalu dimurnikan oleh mesin ini agar RNA terpisah dari sel di sampel tersebut. Kemudian untuk mendukung kinerja AutoMagER, tim peneliti juga sudah menggunakan kit reagen yang dikembangkan Finder U-CoE Unpad bernama ExPAD yang berfungsi mengekstraksi RNA dengan magnetic beads. Sebelum bisa sepenuhnya digunakan di berbagai laboratorium di Tanah Air, Unpad saat ini masih menunggu izin edar yang nantinya dikeluarkan Kementerian Kesehatan.

Read More

Artikel Lainnya

Berhasil Kendalikan Covid-19, Kabupaten Bogor Ditetapkan Sebagai Zona Orange.jpg

Berita Kawasan

Berhasil Kendalikan COVID-19, Kabupaten Bogor Masuk Zona Oranye

04 March 2021, 19:03

Pemprov Jawa Barat menetapkan Kabupaten Bogor ke dalam 17 Kabupaten/Kota yang masuk ke dalam Zona Resiko Sedang atau oranye.

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

Bisnis

Aksi Tanggap Bencana, Toyota Serahkan Donasi Rp1,25 Miliar Untuk PMI

04 March 2021, 18:51

Dana yang diberikan kepada PMI akan dikelola untuk kebutuhan masyarakat yang menjadi korban bencana alam.

RS Lapangan Beroperasi Harapan Kota Bogor yang Kritis

Kesehatan

Bagor Baru Terima 69.570 Dosis Vaksin COVID-19

04 March 2021, 18:02

Kegiatan vaksinasi massal tahap kedua di Kota Bogor yang menyasar pelayanan publik sedang berlangsung. Dari target 86.143 orang, Pemkot baru menerima 69.570 dosis vaksin COVID-19.

Mutasi Virus SARS-CoV-2 yang Lebih Menular Ditemukan di Indonesia

Kesehatan

Singgung Mutasi Baru COVID-19, Ganjar Minta Warga Jateng Tetap Tenang

04 March 2021, 17:31

Meskipun sudah mendapatkan vaksin, warga diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan karena itu sangat penting untuk mengantisipasi virus ini.


Comments


Please Login to leave a comment.