Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap.jpg

Pendidikan

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengkap

Dua tahun terakhir peringatan kemerdekaan Indonesia dibayangi pandemi COVID-19 dengan berbagai pembatasan sehingga terdapat kerinduan di tengah masyarakat khususnya warga Suroboyo untuk melihat upacara HUT RI kembali seperti sedia kala. Kerinduan ini tampaknya akan segera terobati di momen upacara HUT ke-77 RI besok. Pasalnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya telah secara resmi mengukuhkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka Bendera Merah Putih dengan formasi yang lengkap.

Pengukuhan terhadap 99 anggota Paskibraka di Kota Surabaya ini digelar di Lantai 6 Gedung Graha Sawunggaling pada 15 Agustus 2022 dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi yang memimpinnya. Di mana dengan pengukuhan ini maka puluhan anggota Paskibraka itu akan menjadi petugas upacara sekaligus bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih dalam upacara HUT ke-77 RI di halaman Balai Kota Surabaya pada 17 Agustus 2022.

Perdana Pasca-Pandemi, Paskibraka di Kota Surabaya Dikukuhkan dengan Formasi Lengka p.jpg

Menurut Eri, para anggota Paskibraka ini merupakan sosok-sosok yang telah terpilih dan tentu saja memiliki jiwa nasionalisme yang kuat agar bisa bertugas dengan baik di saat upacara besok. “Paskibraka adalah orang-orang pilihan, bukan hanya sekadar baris-berbaris mengibarkan bendera. Tetapi bagaimana bisa mewujudkan nilai-nilai kebangsaan dari arti Sang Merah Putih,” ujarnya, sebagaimana dikutip dari Surabaya.go.id (15/8/2022).

Oleh karena itulah orang nomor satu di Kota Pahlawan itu menitipkan pesannya kepada puluhan anggota Paskibraka yang dikukuhkan kemarin. Ia meminta agar mereka mampu terus menjalankan tugasnya dengan baik bahkan hingga setelah upacara HUT ke-77 RI berakhir. “"Ini yang saya harapkan adik-adik Paskibraka menjadi agen-agen perubahan di Kota Surabaya. Untuk menciptakan Surabaya menjadi kota yang Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghofu,” sambungnya.

[Baca Juga: Bangga! Pelajar Asal Bogor Jadi Anggota Paskibraka Nasional 2021]

Terkait formasi lengkap dari anggota Paskibraka Bendera Merah Putih yang dikukuhkan kemarin, Wali Kota Eri merasa bersemangat. Karena mengingat di masa awal pandemi COVID-19, formasinya dulu hanya tiga anggota saja dan menjadi delapan orang ketika tahun 2021. Oleh karena itulah di tahun ini akhirnya formasi lengkap yang terdiri dari delapan, 17, dan 45 saat membawa Sang Saka Merah Putih besok bisa dilakukan berkat semakin membaiknya kondisi pandemi. Selain itu, warga Suroboyo juga diperbolehkan untuk turut mengikuti upacara HUT ke-77 RI besok yang dibatasi hanya 100 orang saja dan bisa ikut pendaftarannya secara daring.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.