Ulasan Film Perempuan Tanah Jahanam Lebih Mengerikan Dibanding Pengabdi Setan

Berita Kawasan

Perempuan Tanah Jahanam Lebih Mengerikan dari Pengabdi Setan

Perempuan Tanah Jahanam merupakan film horor terbaru garapan Joko Anwar. Setelah berhasil mendatangkan empat juta penonton ke bioskop dengan film Pengabdi Setan, Jokan, panggilan akrabnya kembali dengan film horor yang digadang-gadang lebih menyeramkan dibanding film prekuel Pengabdi Setan.

Film yang sudah resmi rilis pada 17 Oktober 2019 ini bercerita tentang Maya yang diperankan Tara Basro hidup susah di Jakarta tanpa keluarga, ia hanya memiliki sahabatnya Dini. Karena sudah kehabisan uang di kota, ia kembali ke kampung halamannya dengan harapan bisa memiliki warisan dari keluarganya yang kaya di desa. Sesampainya di desa, Maya dan Dini disambut dan siap dijadikan tumbal untuk menghentikan kutukan di desa terpencil tersebut. Maya berusaha menyelamatkan diri dari kampungnya, apakah dia berhasil? Anda bisa menonton sendiri filmnya di bioskop terdekat.

Ulasan Film Perempuan Tanah Jahanam Lebih Mengerikan Dibanding Pengabdi Setan

Film yang sebelumnya berjudul Impetigore ini sudah intense sejak awal, sepertinya Jokan tak membiarkan penontonnya bernafas terlebih dahulu. Adegan pembuka saja, sudah dibuat menegangkan dan menakutkan. Hal tersebut membuat Anda sebagai penonton selalu waspada di setiap adegannya.

Jika Anda melihat trailer film Perempuan Tanah Jahanam dan melihat beberapa adegan jump scare, percayalah, tak ada apa-apanya dibanding keseluruhan film. Pikiran Anda dibuat terbalik, sedikit saran, jangan percayai fakta yang terbentuk di trailer.

[Baca Juga: Tentang Poster Film Perempuan Tanah Jahanam Garapan Joko Anwar]

Jokan menggunakan formula film horor zaman dahulu di Perempuan Tanah Jahanam. Namun Jokan berhasil membungkusnya dengan luar biasa tanpa terkesan ketinggalan zaman atau pun norak. Setting di dalam film pun dibentuk dengan profesional dan dipersiapkan dengan matang, tak ada properti dalam film yang terlihat aneh dan tidak cocok dengan kondisi kampung. Setting desa Harjosari yang menjadi kampung halaman Maya saja sudah menyeramkan tanpa perlu efek tertentu.

Akting para pemeran pun sangat luar biasa, apalagi Christine Hakim yang tak pernah main film horor sebelumnya. Walau tak banyak ekspresi, Chistine Hakim justru jadi pemeran yang paling seram karena paling berpengaruh. Gerakan jalannya saja sudah membuat bulu kuduk bergidik. Yang buat film ini makin spesial adalah kehadiran pemain ekstra yang diambil dari kampung asli tersebut.

Ulasan Film Perempuan Tanah Jahanam Lebih Mengerikan Dibanding Pengabdi Setan

Walau mereka bukan aktor atau aktris, kehadiran warga di Desa Harjosari membuat cerita makin menyeramkan. Peran mereka luar biasa dan patut diapresiasi. Namun sayangnya, beberapa artikulasi atau pengucapan para pemain tidak terdengar jelas. Selain itu, Jokan seperti kehabisan stok pemain karena di pemilihan film Perempuan Tanah Jahanam mirip dengan film-film Jokan sebelumnya.

Film ini diberikan batasan usia 17 tahun ke atas karena banyak adegan berdarah. Anda yang tak suka darah, lebih baik mundur karena mungkin akan membuat mual. Adegan kekerasan atau gore diperlihatkan dengan jelas. Walaupun begitu, adegan sadis dalam film ini masih dalam tahap wajar tak terlalu liar.

[Baca Juga: 3 Fakta Menyeramkan di Balik Film Perempuan Tanah Jahanam]

Unsur menyeramkan dalam film ini bukan hanya adegan sadisnya, namun juga beberapa kemunculan sosok sebenarnya tidak begitu menyeramkan. Jokan tak menggunakan sosok tersebut untuk jump scare, ia justru membangun unsur kengerian dari suasana, dialog, musik, dan peran para tokoh. Betul jika dikatakan Jokan menggunakan trik jump scare sebagai lelucon. Pasalnya dibandingkan adegan jump scare yang muncul, ada adegan lain yang lebih menyeramkan.

Seperti yang digadang-gadang sebelumnya, film yang sudah ditulis sejak tahun 2008 ini memiliki cerita lebih kompleks dan rumit dibandingkan Pengabdi Setan. Saat bagian klimaks, terdapat banyak plot twist yang tidak terduga.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.