Eratkan Paguyuban Wali Kota Resmikan Balai Warga Alam Sutera

Berita Kawasan

Peresmian Balai Warga Alam Sutera Eratkan Paguyuban Warga

Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany meresmikan Balai Warga RW 16 di Kluster Sutera Feronia dan Feronia Park, Alam Sutera, Kecamatan Serpong Utara pada Minggu, 31 Maret 2019.

Airin dalam sambutannya mengatakan, saat ini Kota Tangsel menjadi kota metropolitan. Mengingat, penduduk Kota Tangsel sudah lebih dari 1,5 juta orang. Meski demikian, paguyuban warga di Tangsel masih kental meski di dalam perumahan mewah maupun klaster. "Balai warga ini sebagai tempat berkumpul warga. Agar satu sama lain mengenal. Jangan sampai tetangga tidak mengenal tetangga sebelahnya" katanya.

[Baca Juga: Warga Tangsel Cegah DBD dengan Tanam Lavender]

Menurutnya, keberadaan balai warga untuk mempererat hubungan dengan warga lain. Tak hanya itu, anak-anak pun bisa berinteraksi. "Balai warga bisa dimanfaatkan untuk pertemuan dan kegiatan warga. Biar lebih nyaman, nanti saya sampaikan kepada Diskominfo untuk pemasangan wifi gratis," ujarnya.

Airin berpesan kepada seluruh ketua RW bersama dengan warganya untuk memelihara, menjaga, mempercantik, dan memanfaatkan Balai Warga untuk kepentingan warga sekitar. "Saya meyakini keguyuban masyarakat di dalam perumahan ataupun diluar perumahan tidak akan menghilangkan sikap keguyuban, toleransi, dan kekeluargaan antar warga," tandasnya.

Eratkan Paguyuban Wali Kota Resmikan Balai Warga Alam Sutera

Target 24 Balai Warga

Dalam kesempatan berbeda, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Sosialisasi Pembangunan Sarana Penunjang Permukiman di Balaikota Tangsel, dari 11 sampai 14 Februari 2019. Sarana penunjang yang dimaksud salah satunya adalah balai warga. Kegiatan ini dihadiri pengelola lingkungan di wilayah paling bawah, seperti pengurus RT, RW, Kasie Ekbang maupun Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM).

[Baca Juga: Warga Tangsel Tidak Perlu ke Disdukcapil, Buat KTP Bisa di Kecamatan]

Kepala Bidang Permukiman pada Disperkimta Kota Tangsel Bedi Budiman mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan fungsi koordinasi dan komunikasi antara Disperkimta dengan pengelola lingkungan. Selain itu, untuk menanamkan pengetahuan dan menyamakan persepsi tentang persyaratan-persyaratan atau kriteria tertentu untuk membangun fasilitas atau sarana penunjang permukiman. “Khususnya untuk membahas Balai Warga dan Gapura yang akan rencananya akan dibangun tahun ini,” katanya menjelaskan kepada Palapanews.

Pada tahun anggaran 2019 ini Disperkimta bakal membangun 24 Balai Warga dan 20 Gapura Lingkungan yang tersebar di tujuh kecamatan di kota pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini. Seluruhnya, merupakan usulan dari Musrenbang tingkat kota tahun 2018.

[Baca Juga: Pemerintah Tangerang Selatan Adakan Layanan Kartu Identitas Anak]

“Kami menangkap aspirasi masyarakat sesuai kepentingannya, menerima usulan desain yang diinginkan warga, namun tetap tidak boleh meninggalkan ciri khas Kota Tangsel. Seperti warga mengusulkan di dalam Balai Warga terdapat tempat sampah, gudang, papan informasi atau pun lainnya. Ada juga yang mengusulkan dibuat taman bermain di sekitar Balai Warga. Namun tetap menyesuaikan anggaran, untuk Balai Warga berkisar Rp300 juta per satu balai, sedangkan untuk gapura bervariasi, sekitar Rp40 hingga 190 juta,” ungkap Bedi.

Ia berharap, sosialisasi dan koordinasi hingga tahap pelaksanaan dapat berjalan dengan baik, untuk meningkatkan rasa tanggung jawab penyelenggara pemerintahan di garda terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.


Read More

Artikel Lainnya

muatan sepeda motorOK3.jpg

Properti dan Solusi

9 Tips Bawa Barang dengan Sepeda Motor dari Yamaha Riding Academy

29 July 2021, 19:07

“Dalam berkendara, terkadang kita harus membawa barang dalam jumlah dan ukuran tertentu yang melebihi kapasitas bagasi. Namun, hal yang tidak boleh dilupakan oleh pengendara adalah faktor keamanan dan keselamatan berkendara."

t5.jpg

Kuliner

5 Tempat Nongkrong yang Hits di Tangerang

29 July 2021, 18:08

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi tempat nongkrong di Tangerang yang hist dan bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu saat akhir pekan.

tatiloOK2.jpg

Kecantikan dan Fashion

Cakep! Perusahaan Siswa SMAN 3 Semarang Produksi Tas “Tatilo”

29 July 2021, 17:35

Para siswa tersebut tak hanya memproduksi tas saja, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan untuk menjalankan usaha ini, siswa-siswi SMA 3 Semarang membentuk sebuah perusahaan yang diberi nama “Wignesa”.

cov.jpg

Bisnis

Ngopi Sambil Bermain Billiard di Kriwul Coffee and Pool

29 July 2021, 17:05

Lantai satu digunakan sebagai bar sekaligus kedai kopi. Sedangkan lantai dua digunakan sebagai bar dan juga tempat untuk bermain billiard.


Comments


Please Login to leave a comment.