SMP Al-Izhar Sudah Ikuti Instruksi Mendikbud Cegah COVID-19

Pendidikan

Perguruan Al-Izhar Ikuti Instruksi Mendikbud Cegah COVID-19

Perguruan Al-Izhar telah menerapkan berbagai langkah pencegahan penyebaran Virus Corona. Unit sekolah mulai dari pendidikan usia dini hingga tingkat atas sudah mengikuti instruksi yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan terkait pencegahan COVID-19 melalui surat edarannya.

Bahkan, sebelum menteri mengeluarkannya Senin lalu, Perguruan Al-Izhar sudah menerapkan sebagian besar butir yang diinstruksikan. “Kalo Al-Izhar itu begitu pas pertama awal masuk ada berita Corona, bahkan sebelum masuk ke Indonesia udah kita antisipasi,” tutur Wakil Kepala SMP Al-Izhar Pondok Labu Titing Pudiawati saat ditemui PingPoint.co.id di sekolahnya (11/3/2020).

SMP Al-Izhar Sudah Ikuti Instruksi Mendikbud Cegah COVID-19

Banyak upaya pencegahan yang telah dilakukan berbagai unit pendidikan yang tergabung dalam Perguruan Al-Izhar Pondok Labu. Mulai dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak-Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelaksanaan langkah-langkah pencegahan tersebut juga tegaskan Direktur Utama Perguruan Al-Izhar Arniyani Arifin dalam mengupayakan pencegahan COVID-19 di lingkungan sekolah.

"Contohnya pada PSB, penerimaan siswa baru, ada wawancara orangtua murid. Pokoknya pertengahan Februari kami langsung menyiapkan hand sanitizer. Hal tersebut berlangsung pada 10-12 Februari, hingga calon murid tes pada 15 Februari. Selain itu, bila sedang flu para orangtua murid dan calon muruid wajib mengenakan masker, begitu juga pewawancara," lanjut Titing.

[Baca Juga: Fokus Tangani Korban Banjir, Anies Berikan 9 Instruksi pada Jajarannya]

Mendukung hal tersebut, berdasarkan pantauan PingPoint.co.id, terlihat hand sanitizer di banyak titik di Sekolah Al-Izhar. Hand sanitizer di antaranya berada di kantor tata usaha, ruang Bimbingan dan Konseling, perpustakaan serta di depan ruang kelas. Selain itu, wastafel yang berada di lingkungan sekolah juga selalu bersanding dengan sabun cuci tangan dan tisu kering.

SMP Al-Izhar Sudah Ikuti Instruksi Mendikbud Cegah COVID-19

Terkait upaya lain, Titing menjelaskan bahwa seluruh siswa, guru, dan pegawai dilarang berjabat tangan atau hand shaking. Sekolah merekomendasikan alternatif jabat tangan bagi seluruh anggota sekolah. Hal ini diberlakukan sejak 2 Maret, bertepatan Presiden Joko Widodo mengumumkan dua kasus positif COVID-19 di Indonesia.

SMP Al-Izhar Sudah Ikuti Instruksi Mendikbud Cegah COVID-19

Upaya pencegahan lain yang dilakukan Perguruan Al-Izhar di antaranya:

  1. Meliburkan siswa dan guru yang sakit. Ketika terdapat anak yang sakit di sekolah, akan ada perawat yang memeriksa kondisinya. Siswa tersebut pun akan ditanya riwayat tempat yang dikunjunginya. Setelah dicek oleh perawat, jika dideteksi suhu tubuhnya tinggi atau menunjukkan gejala seperti flu, batuk, sesak napas, maka sekolah juga akan memulangkan siswa.
  2. Siswa yang sudah sembuh dari sakitnya, harus menunjukkan surat keterangan sehat ketika masuk sekolah.
  3. Siswa yang baru pulang bepergian dari luar negeri, tidak diperbolehkan untuk datang ke sekolah selama 7-14 hari. Siswa pun harus menunjukkan surat keterangan dari dokter yang menyatakan dirinya sehat apabila ingin masuk kembali ke sekolah.
  4. Menutup musala bagi masyarakat umum. Unit SD, SMP, dan SMA pun sholat secara terpisah di wilayah masing-masing.
  5. Menyusun program belajar daring apabila terjadi situasi mendesak untuk meliburkan sekolah.
  6. Membersihkan meja, gagang pintu, jendela dan benda lainnya dengan disinfektan secara berkala.
  7. Membatasi tamu dari luar. Batas masuk supir dan orang tua ketika mengantar pun di meja piket.
  8. Meminta siswa untuk menggunakan tempat minum masing-masing.
  9. Memastikan pelayanan UKS sesuai dengan instruksi Dinas Kesehatan.

[Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Pemprov DKI Jakarta Imbau Ini ke Perusahaan]

Untuk diketahui, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah mengedarkan surat edaran yang berisi delapan belas langkah pencegahan dan penanganan penyebaran Virus Corona di satuan pendidikan. Surat ini ditujukan kepada pemimpin unit utama dan kepala unit pelaksana teknis. Anda dapat melihat instruksi tersebut di sini.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digita l.jpg

Pendidikan

Tak Hanya Offline, Kemampuan Public Speaking Juga Dibutuhkan di Dunia Digital

15 May 2022, 10:38

Di era digital saat ini, SDM di Tanah Air didorong memiliki kemampuan public speaking yang tak hanya bersifat luring tapi juga daring.

Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata Ini Dipanen Wagub Ariza.jpg

Berita Kawasan

Panen Belimbing dan Bayam di Agro Eduwisata

13 May 2022, 16:04

Wagub Ariza baru-baru ini bersama istrinya merasakan langsung bagaimana memanen buah belimbing serta sayur bayam di lahan eduwisata urban farming Jakarta Selatan.

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmi n.jpg

Hobi dan Hiburan

Salvation, Ini Hasil Kolaborasi DJ Asal Belanja Lyfes dan DJ Yasmin

13 May 2022, 10:02

Pada hari ini, DJ Lyfes asal negara Belanda meluncurkan hasil kolaborasinya besama produser EDM dalam negeri DJ Yasmin.

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022.jpg

Pendidikan

Percepat Transformasi Digital di Sekolah Tanah Air, Acer Luncurkan Ajang ASSA 2022

12 May 2022, 19:32

Acer Indonesia telah mempersiapkan hadiah total Rp500 juta dalam ajang penghargaan ASSA 2022 demi mempercepat transformasi digital di sekolah SD hingga SMA/SMK di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.