Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Memilih Sekolah Sepak Bola

Pendidikan

Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Memilih Sekolah Sepak Bola

Sepak bola merupakan salah satu olahraga terfavorit di dunia. Sepak bola awalnya hanya permainan menendang bola yang mulai muncul sejak abad ke-2 hingga ke-3 sebelum masehi di Tiongkok. Permainan serupa juga ditemukan di Jepang dengan nama Kemari. Sedangkan di Eropa, khususnya Italia, permainan ini mulai muncul pada abad ke-16. Kemudian Inggris mulai menetapkan peraturan permainan bola sehingga permainan ini amat disukai banyak orang hingga kini.

Nama-nama terkenal seperti Zidane, Maradona, David Beckham, Christian Ronaldo dan masih banyak yang lainnya, menginspirasi masyarakat untuk mengikuti jejak bintang idola sepak bola mereka. Untuk melatih teknik bermain sepak bola secara andal, banyak orang yang mulai tertarik untuk bergabung di sekolah sepak bola.

Sekolah sepak bola, bukan hanya tempat menimba ilmu dan teknik-teknik bermain sepak bola. Di sana, kesempatan Anda untuk menjadi pemain bola professional lebih dekat dan terbuka lebar. Tak diragukan lagi, banyak atlet sepak bola yang merupakan lulusan dari sekolah sepak bola.

Di Indonesia sendiri, sekolah sepak bola sudah tersebar di berbagai daerah. Jika Anda serius dan bertekad untuk menjadi pemain professional, pilihlah sekolah yang berkualitas. Dari mana Anda bisa menilai sekolah sepak bola berkualitas atau tidak? Berikut hal-hal yang bisa Anda perhatikan dalam memilih sekolah sepak bola professional.

  1. Pelatih Bersertifkat

Sekolah sepak bola yang berkualitas tentu memiliki tenaga pengajar yang berkualitas pula. Pelatih yang dimiliki sebuah sekolah sepak bola berkualitas diharuskan memiliki minimal lisensi D nasional. Seperti yang dikutip dari Bola.metrotvnews.com, lisensi ini merupakan dasar atau tahap awal seorang pelatih. Lebih bagus lagi jika pelatih memiliki lisensi C dari AFC (Asian Football Confederation). Pelatih yang sudah memiliki lisensi akan lebih mengetahui perihal youth development (pengembangan anak). Pelatih berlisensi akan tahu kapan waktunya sang murid harus latihan, membentuk karakter masing-masing murid, atau membimbing murid saat sedang bermain di lapangan.

2. Fasilitas Latihan

Tidak lengkap jika belajar sepak bola hanya secara teori. Pendidikan olahraga merupakan pendidikan yang harus mengedepankan praktek. Untuk itu melihat fasilitas sekolah sepak bola merupakan aspek penting dalam memilih sekolah terbaik. Dikutip dari Sekolahsepakbola.com, sebuah sekolah sepak bola haruslah memiliki sebuah lapangan dengan ukuran standar FIFA (Fédération Internationale de Football Association) serta kualitas dan perawatan rumput yang memadai.

Sekolah sepak bola juga harus memiliki perlengkapan latihan seperti agility ladder (6m/8m/10m), training marker post (min. 20 pcs), training hurdle (size 30 cm, 40cm, dan 50cm), cones tinggi 23cm dan rendah 7cm 1 set isi 48pcs, bola size 4 dan 5 grassroots, kostum latihan, dan kostum pertandingan. Sebagai tambahan, sekolah sepak bola akan semakin baik kualitasnnya jika memiliki ruang ganti pemain, lampu stadion, dan fitness centre.

3. Aktif Bekompetisi dan Melakukan Pertandingan Persahabatan

Sekolah sepak bola yang memiliki prestasi biasanya dalam sebulan mengadakan dua kali pertandingan persahabatan dengan sekolah sepak bola lainnya. Hal itu diciptakan agar menjadi media pembelajaran kemampuan pemain dan sebagai tolak ukur keberhasilan seorang pelatih yang membuat taktik bermain dalam sebuah pertandingan. Pertandingan persahabatan ini juga bertujuan untuk menjalin silahturami antar sekolah, agar para pemain bisa lebih bersosialisasi, percaya diri, solid dengan kawan satu tim, dan lebih kompak.

Selain itu, sekolah yang berkualitas tentunya telah mencetak banyak prestasi dan aktif mengikuti kompetisi. FIFA menetapkan, sekolah sepak bola sebaiknya menjalani 500 jam latihan per tahun, dengan pembagian, 400 jam latihan dan 100 jam pertandingan. Biasanya sekolah sepak bola besar aktif berpartisipasi dalam kompetisi yang dilaksanakan oleh PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia), untuk mengakalinya, perkumpulan sekolah sepak bola kerap membuat kompetisi sendiri.

Itulah tiga hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum memilih sekolah sepak bola yang berkualitas. Jika Anda tinggal di area sekitar Cakung Jakarta Timur, Anda bisa beberapa sekolah berikut ini

  1. Sekolah Sepak Bola Bina Utama, lokasi di Jalan Melati III No.23, Cakung Jakarta Timur, telepon 08176635721.
  2. Sekolah Sepak Bola Remaja Bhakti /SF/FC, lokasi di LAP PIK (Perkampungan Industri Kecil), Penggilingan, Cakung Jakarta Timur, telepon (021) 92454398.
  3. Sekolah Sepak Bola Cipinang (SSB ECIP JKTM), lokasi di jalan Cipinang Timur, Sodong Raya, Jakarta Timur, telepon 08561124011 atau (021) 99747692.

Read More

Artikel Lainnya

UTBK di ITB Capai 23.705 Orang 3.jpg

Pendidikan

Sebanyak 23.705 Orang Ikuti UTBK di Institut Teknologi Bandung

15 April 2021, 09:00

Pelaksanaan UTBK di ITB terdapat di beberapa lokasi, yakni di Kampus ITB dan di sejumlah sekolah menengah

pusdai3.jpg

Berita Kawasan

Kasus Terkonfirmasi COVID-19 Menurun, Masjid Pusdai Bandung Gelar Salat Tarawih Berjamaah

15 April 2021, 08:30

Kota Bandung menunjukan grafik menurun, sehingga beberapa Masjid besar di Kota Bandung sudah diizinkan untuk melakukan salat tarawih berjamaah.

Vaksinasi UPi 3.jpg

Kesehatan

Universitas Pendidikan Indonesia Lakukan Vaksinasi untuk Ribuan Dosen dan Tenaga Kependidikan

15 April 2021, 08:00

Sebanyak 2.000 Dosen dan Tenaga Kependidikan melakukan vaksinasi di Gymnasium UPI pada 5-7 April kemarin. Vaksinasi kali ini mayoritas diperuntukan bagi dosen dan tenaga pendidikan UPI yang berusia di bawah 60 tahun.

Dekan Psikologi Undip

Pendidikan

Prof. Dian Ratna Sawitri, Sosok di Balik Prodi Terfavorit UNDIP

14 April 2021, 06:30

Prodi paling Favorit yang banyak diminati calon mahasiswa pada SBMPTN tahun 2021 di Universitas Diponegoro adalah Prodi Psikologi. Prodi ini memiliki peminat mencapai 3.538 orang.


Comments


Please Login to leave a comment.