Akibat Memencet Jerawat.jpg

Kecantikan dan Fashion

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Memencet Jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang dapat menganggu penampilan. Banyak wanita yang mencari berbagai cara untuk menghilangkan jerawat dalam waktu singkat. Salah satu cara yang hingga kini digunakan adalah memencet jerawat.

Padahal sudah sangat banyak imbauan mengenai kegiatan pemencetan jerawat. Bahkan beberapa dokter kulit dan kecantikan tidak menyarankan untuk memencet jerawat. Mengapa dokter tidak menyarankan untuk tidak memencet jerawat? Alasannya karena jerawat yang dipencet menggunakan tangan akan menyebabkan bekas luka dan menimbulkan penyebaran bakteri yang lebih luas.

[Baca Juga: Miliki Kulit Mulus Bebas Jerawat dengan 3 Perawatan Ini]

Jika Anda tetap ingin memencet jerawat, lakukan dengan cara yang tepat. Melansir dari womenhealthmag.com (30/1/2019), Dermatologis dan Direktur Asosiasition Washington Institute of Dermatologic Laser Surgery Chevy Chase and John Hopkins Washington Dr. Rebecca Kazin, memberikan beberapa saran untuk meminimalisir kerusakan akibat memencet jerawat, di antaranya adalah:

1. Tangan Bersih

Sebelum mencoba memecahkan jerawat di wajah, jangan lupa mencuci tangan terlebih dulu. Anda bisa menggunakan hand sanitizer atau sabun pencuci tangan. tangan yang kotor membawa dapat mencampurkan bakteri dari luar, hal ini dapat berakibat jerawat atau bekas jerawat Anda makin parah. Jangan heran jika timbul beberapa jerawat baru, bopeng, atau bekas jerawat yang menghitam.

2. Gunakan Obat Jerawat

Untuk membantu regenerasi kulit menjadi lebih baik, setelah memecahkan jerawat Anda bisa langsung menggunakan obat jerawat. "Jika Anda memencet jerawat pasti akan timbul luka kecil," kata dr. Rebecca. Cari obat jerawat yang mengandung antibiotik pada malam hari sebelum tidur. Obat jerawat cukup digunakan pada pagi dan malam hari karena kulit juga membutuhkan oksigen untuk bernapas.

[Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan]

3. Cukup Sekali Pencet

Jika Anda sudah mengeluarkan isi dari jerawat, tak perlu lagi dipencet berkali-kali. Dengan Anda memegang dan memencet jerawat saja sudah membuat bekas jerawat pada kulit, apalagi jika Anda lakukan berkali-kali. "Jerawat dapat membengkak jika dipencet secara terus menerus," kata dr. Rebecca.

4. Jangan Sentuh Bekas Luka Jerawat

Setelah memencet jerawat, jangan pegang luka yang terbuka karena bisa menyebabkan kulit menjadi koreng kehitaman. Untuk menghilangkan bekas jerawat membutuhkan waktu cukup lama karena membutuhkan proses regenerasi kulit.

5. Anda Bisa Samarkan dengan Riasan

Untuk menutupi bekas jerawat atau jerawat yang ada di wajah tak bermasalah jika Anda menggunakan riasan. Asalkan Anda membersihkannya dengan baik dan benar. Pastikan wajah Anda benar-benar bersih dari riasan. Riasan yang tertinggal di wajah bisa menutupi pori-pori dan menyumbatnya sehingga dapat membuat jerawat baru.

Itulah lima hal yang harus Anda lakukan sebelum memencet jerawat dan bertambah parah.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.