BEKASI_PROPERTI_PERHATIKAN 5 HAL SEBELUM MEMILIKI HUNIAN DI KAWASAN INDUSTRI_KIKI_1000 X 600 px-01.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Memiliki Hunian di Kawasan Industri

Anda yang bekerja di kawasan industri tentu enggan memiliki hunian yang jauh dari tempat kerja. Memiliki hunian yang berada di dekat tempat kerja merupakan cara terefisien yang dapat menghemat waktu perjalanan Anda. Namun karena hunian Anda sangat dekat dengan kawasan industri tentu Anda harus pintar-pintar memilih, pasalnya hunian Anda akan menentukan kualitas hidup Anda ke depannya.

Tentunya hal terpenting untuk sebelum memilih rumah adalah kualitas kesehatan serta kebersihan lingkungan. Untuk itu, bagi Anda yang akan membeli hunian di kawasan industri seperti yang ada di Kabupaten Bekasi, dilansir dari rumah.com, Rabu (12/9/2018), berikut hal yang harus Anda perhatikan sebelum memiliki hunian di kawasan industri berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup.

Kondisi Udara

Seperti yang Anda ketahui, beberapa pabrik memiliki cerobong untuk membuang asap atau gas sisa produksi yang tidak kita ketahui apakah gas yang dikeluarkan tergolong aman atau tidak. Maka dari itu, Anda harus mengantisipasi terjadinya pencemaran udara. Anda harus jeli, jenis industri apa yang rutin membuang gas sisa produksi. Akan lebih baik jika Anda mencari hunian yang tidak terlalu dekat dengan pabrik yang rutin membuat limbah udara untuk kesehatan pernafasan Anda.

[Baca Juga : 3 Pilihan Apartemen di Kelapa Gading untuk Hunian Keluarga]

Selain pembuangan asap dari pabrik, kondisi udara di sekitar kawasan industri juga dipengaruhi kendaraaan besar yang aktif berlalu lalang pagi hingga malam. Kendaraan pengangkut ini biasanya sirkulasi pemanasan mesinnya tidak bagus sehingga asap yang dikeluarkan kotor dan mempengaruhi kualitas udara disekitar.

Kondisi Air

Tentunya hal ini juga harus Anda pertimbangkan untuk hunian Anda. Air sangat penting untuk kehidupan Anda, mulai untuk mandi, membersihkan baju dan tempat makan, atau membersihkan bahan makanan. Cek kualitas air di hunian Anda. Jika airnya keruh, berbau, dan memiliki rasa sebaiknya urungkan niat Anda untuk memiliki hunian tersebut.

Air dengan kualitas buruk tentu akan mengganggu pencernaan Anda. Harus Anda ketahui terlebih dahulu sebelum mengecek kondisi air adalah mengecek, pabrik yang berada dikawasan industri tersebut menggunakan air tanah atau tidak. Karena jika pabrik besar menggunakan air tanah, akan merusak kualitas air di lingkungan sekitarnya.

Kondisi Suara

Lalu lalang kendaraan angkutan karyawan dan angkutan barang yang besar tentunya akan menghasilkan suara bising yang dapat menganggu Anda. Aktifitas ini terbilang aktif selama 24 jam, hindari hunian yang lokasinya sangat dekat dengan rute perjalanan industri.

Pengolahan Limbah

Hal penting lain yang harus Anda perhatikan sebelum membeli hunian di dekat kawasan industri adalah bagaimana pengelola kawasan mengolah limbah. Biasanya setiap pabrik berkewajiban untuk memiliki Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sendiri atau bersama. Untuk diketahui, limbah air industri dibagi menjadi dua jenis, yaitu Black & Grey Water Wash.

Sesuai namanya, Grey Water Wash merupakan limbah ringan yang dihasilkan dari kegiatan cuci tangan. Terbilang ringan karena limbah jenis ini bisa diolah kembali. Justru Anda harus berhati-hati dengan Black Water Wash, yang merupakan limbah yang sudah tercampur dengan bahan kimia. Jika pabrik membuang limbah kimianya ke sungai, lebih baik Anda jangan tinggal di daerah tersebut karena kualitas airnya sudah tercemari.

Penanganan Banjir

Jika pabrik disekitar kawasan industri tidak memiliki pengolahan air hujan, potensi banjir ke daerah sekitarnya sangat besar. Selain itu, dampak banjir juga akan membahayakan kesehatan Anda karena sudah tercampur dengan limbah pabrik. Namun biasanya pabrik memiliki pengolahan air hujan karena air hujan ini bisa diolah lagi serta kualitasnya airnya baik saat kembali ke tanah.

[Baca Juga : Hunian Masa Depan untuk Generasi Milenial]

Itulah hal-hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli rumah di sekitar kawasan industri. Hal ini bukan hanya berlaku untuk kawasan industri di Kabupaten Bekasi, namun juga berlaku untuk kawasan industri di daerah lain, misalnya Citeureup Bogor, Tangerang, Cimanggis Depok, dan lain sebagainya.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.