BEKASI-KAWASAN-PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBELI HELM-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Kesehatan

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Helm

Helm merupakan perlengkapan yang wajib digunakan untuk para pengendara motor. Bahkan dalam kewajiban menggunakan helm, khususnya helm dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) bagi pengendara motor telah diatur dalam Pasal 57, Pasal 106, Pasal 291 UU No.22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Benda yang satu ini wajib untuk digunakan karena berfungsi untuk menhindari cedera pada bagian kepala.

Jenis Helm yang Bagus

Jenis Helm yang Bagus

Namun helm seperti apa yang bagus dan berfungsi dengan baik? Menurut staf Toko Kartini Helm, Bekasi Kowei, menuturkan jika tiap helm tentunya memiliki karakteristik masing-masing. Itulah yang menyebabkan perbedaan harga. Jika dilihat dari bahan bakunya, terdapat helm yang terbuat dari termoplastik, fiber, bahkan karbon.

[Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Kulit saat Musim Hujan]

Bahan karbon merupakan bahan yang paling mahal di antara semua bahan yang biasa digunakan untuk helm. Bahan ini membuat bobot helm akan tereduksi dari berat seharusnya selain itu bahan karbon juga dapat membuat kepala lebih aman karena dapat meredam benturan dengan baik.

“Harga helm yang mahal apa menjamin keamanan saat kecelakaan? Setidaknya meminimalisir luka di area kepala,” ujarnya saat dihubungin PingPoint.co.id lewat pesan singkat Kamis (22/11/2018).

Durasi Masa Pakai Helm

Masa Pakai Helm

Kowei juga menambahkan jika sebenarnya helm memiliki masa pakai atau “kadaluarsa”. Helm yang Anda gunakan memiliki masa pakai tiga tahun, terhitung dari hari pertama saat Anda menggunakannya. Hal ini disebabkan karena karakter, bentuk, dan fungsi helm makin lama berubah dan berkurang, misalnya helm yang rutin dipakai busanya akan menciut atau kempot sehingga terasa longgar. Selain itu, pertahunnya tentu ada teknologi terbaru yang lebih apik di helm-helm produksian terbaru.

[Baca Juga: Belajar Lalu Lintas Sejak Dini di Taman Buperta Cibubur]

Kowei melanjutkan para masyarakat Jepang, biasanya enggan menggunakan helm bekas kecelakaan karena karakter helmnya diyakini telah berubah. Berbeda dengan di Indonesia, pasar helm bekas sudah tak asing lagi di masyarakat. “Sebenarnya kalau kita lihat dari keamanannya, membeli helm bekas bisa jadi tidak aman. Pastikan membeli helm dengan motif asli atau belum pernah di repaint,” ujarnya. Menurutnya helm repaint bisa jadi tidak aman karena Anda tidak bisa melihat dengan jelas apakah helm ini sudah pernah jatuh atau belum.


Read More

Artikel Lainnya

Feng Shui Secara Logika

Properti dan Solusi

Datangkan Keberuntungan, Begini Dekorasi Rumah untuk Tahun Macan

28 January 2022, 14:05

Anda dapat membawa chi positif dengan membuat perubahan sederhana pada lingkungan dengan menyeimbangkan lima elemen Feng Shui.

Pakar Genetik UGM Gejala Omicron Tidak Jinak .jpg

Kesehatan

Pakar Genetik UGM: Gejala Omicron Tidak Jinak!

28 January 2022, 13:01

Menurut pakar genetik di UGM, masyarakat tidak bisa terus berasumsi bahwa Omicron gejalanya tidak berat, karena menurutnya penyakit ini bersifat tidak jinak.

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus,Irwandi Jangan Remehkant.jpg

Kesehatan

Omicron di Jakarta Pusat Sentuh 35 Kasus, Irwandi: Jangan Remehkan

28 January 2022, 11:01

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat meminta warganya untuk tak memandang sebelah mata Omicron dengan kasus di wilayahnya yang saat ini sudah mencapai 35 pasien.

Unpad Geser Jadwal Wisuda Gelombang II Akibat Lonjakan Omic ron.jpg

Pendidikan

Unpad Geser Jadwal Wisuda Gelombang II Akibat Lonjakan Omicron

27 January 2022, 16:06

Unpad putuskan memundurkan jadwal wisuda Gelombang II yang seharusnya digelar pada awal Februari 2022 ke akhir Maret 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.