MENTENG_KESEHATAN_PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBELI PERALATAN MPASI_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-01.jpg

Kesehatan

Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli Peralatan MPASI

Buah hati sudah memasuki fase MPASI (makanan pendamping ASI)? Selain menyajikan beberapa menu yang baik untuk kesehatan dan tumbuh kembang buah hati tercinta. Namun bukan hanya menu makanan yang harus Anda perhatikan, namun peralatan MPASI juga harus diperhatikan standar kesehaannya, terlebih lagi jika Anda memilih untuk menggunakan peralatan yang berbahan dasar plastik.

Peralatan makan akan dipakai setiap hari dan aktif terkena mulut buah hati. Jika bahan plastik yang digunakan tidak aman tentunya akan berbahaya untuk sang anak. dikhawatirkan buah hati akan terkena dampak dari zat-zat kimia yang berbahaya. Sebagai orang tua tentunya Anda harus memilih dengan bijak alat makan yang akan digunakan. Sebelum membeli peralatan MPASI untuk buah hati, berikut yang harus Anda perhatikan:

  • BPA-Free

MENTENG_KESEHATAN_PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBELI PERALATAN MPASI_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-02.jpg

Bukan hanya tempat makan, pastikan semua peralatan buah hati yang terbuat dari plastik menyatakan bahwa BPA Free. Karena beberapa studi mengatakan bahwah BPA atau Bisphenol-A bisa jadi salah satu faktor pengganggu hormon untuk tumbuh dan kembang anak, BPA juga diduga bisa menganggu metabolisme tubuh. Biasanya alat makan, mainan atau apapun barang untuk anak yang dibuat dari plastik dan mengandung BPA terdapat simbol segitiga yang di dalamnya terdapat nomor tujuh atau huruf PC. Pada umumnya, alat makan yang bebad BPA agak lentur dan sedikit kusam.

  • Food Grade

Selain mengecek apakah peralatan makan plastik yang Anda gunakan bebas dari BPA, Anda juga harus memastikan kalau peralatan yang Anda gunakan sudah berlabel food grade yang aman digunakan untuk aktivitas kosumsi atau makanan. Sehingga peralatan makan ini bebas dari racun dan zat kimia yang tidak baik untuk buah hati.

  • Memiliki kode PP 5

MENTENG_KESEHATAN_PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBELI PERALATAN MPASI_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-03.jpg

Dilansir dari friso.co.id, simbol lain yang harus Anda perhatikan adalah simbol segitiga dengan kode PP (polypropylene). Kode ini menunjukan material plastik yang aman digunakan untuk aktivitas konsumsi karena daya serap airnya rendah dan tahan dengan unsur asam serta basa. Material ini juga lebih tahan panas, bisa dicuci berulang kali, dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

  • Bebas PVC

MENTENG_KESEHATAN_PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMBELI PERALATAN MPASI_KIKI_1100 px X 600 px_REVISI 01-04.jpg

Selain itu pastikan peralatan yang Anda beli bebas dari kandungan PVC (Poly Vinyl Chloride). Material PVC ini merupakan material plastik yang digunakan untuk pembuatan bahan bangunan. Wada plasitk yang mengandung PVC juga sulit didaur ulang, seperti botol minuman kemasan. Bahan plastik yang mengandung kode ini berbahaya untuk kesehatan karena mengandung DEHA yang dapat bereaksi ketika terjadi kontak langsung pada makanan atau minuman. Reaksi ini berbahaya untuk ginjal dan hati.

Itulah yang harus Anda perhatikan sebelum membeli peralatan MPASI untuk buah hati.

Read More


Artikel Lainnya

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

Bisnis

MMA Ajak Startup Indonesia Ikut Penghargaan Smarties

20 June 2019, 10:00  |  11 Views

MMA sebentar lagi menggelar penghargaan Smarties, asosiasi ini mengajak pengusaha lokal di Indonesia untuk ikut dalam perhelatan tersebut.

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

Kesehatan

Mengenal Kanker Otak Seperti yang Diderita Agung Hercules

20 June 2019, 11:00  |  13 Views

Kanker masih jadi penyakit yang menyeramkan di Indonesia. Kenali kanke rotak lebih dalam agar bisa ditangani dengan tepat.

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

Berita Kawasan

Ayo Persiapkan Diri di Kelas Berlari MILO

20 June 2019, 09:00  |  10 Views

Kelas Berlari MILO merupakan wadah bagi para peserta khususnya pelari pemula untuk mempersiapkan diri mengikuti MILO Jakarta International 10K.

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Bekerjasama Memajukan Wilayah Jakarta Timur

Berita Kawasan

Pemkot Jaktim dan PT JIEP Kerjasama Majukan Wilayah Jakarta Timur

20 June 2019, 12:00  |  4 Views

Pemkot Jaktim menerima audiensi PT. JIEP pada 17 Juni 2019. Kedua pihak membahas penataan kota demi bersama memajukan wilayah kota Jakarta Timur.


Comments


Please Login to leave a comment.