KEMANG-BISNIS-PERHATIKAN HAL INI SEBELUM MEMULAI BISNIS PAKAIAN-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Perhatikan Hal Ini Sebelum Memulai Bisnis Pakaian

Mengembangkan hobi menjadi sebuah bisnis tentu tidak ada salahnya. Anda bisa lebih bisa menikmati proses ketika sedang memulai bisnis. Penggemar fashion di Indonesia kini sangat banyak, mungkin salah satunya Anda. Banyaknya pecinta fashion, membuat peluang bisnis di bidang busana ini memiliki potensi tinggi. Untuk memulai bisnis fashion pun terbilang tidak sulit, justru yang sulit ketika Anda harus mempertahankan usaha tersebut agar tahan lama.

Jika Anda salah satu orang yang tertarik memulai bisnis di dunia fashion, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Dimulai dari proses pra-produksi dan proses pemasaran. Dilansir dari beberapa sumber yang diakses pada Kamis (18/10), berikut tips dan trik untuk Anda yang tertarik memulai bisnis pakaian.

Tahap Pra-Produksi

Dalam tahapan awal ini Anda harus menyiapkan beberapa hal sebelum barang di produksi. Tahap ini meliputi:

1. Menentukan konsep

Usaha di bidang fashion sangat banyak pemainnya, jika Anda tak memiliki ciri khas tentu brand yang Anda buat akan cepat tenggelam. Buatlah inovasi-inovasi yang menarik agar brand Anda selalu diingat dan mudah diingat orang lain.

2. Perhatikan tren

Walaupun produk yang Anda ciptakan merupakan desain unik dan segar Anda juga harus peka terhadap tren yang sedang naik daun di lingkungan, media sosial, atau pagelaran busana. Anda bisa saja menggabungkan tren dan desain khas Anda, agar lebih menarik.

3. Menentukan segmen pembeli

Langkah ini harus Anda lakukan sebelum Anda memasuki proses produksi karena langkah ini memengaruhi penggunaan bahan dan harga jual barang. Jika Anda menentukan pasar produk Anda adalah kalangan menengah ke atas, Anda bisa menggunakan bahan-bahan premium yang kualitasnya tinggi. Namun jika segmentasi produk Anda menangah ke bawah, tentu Anda harus menekan biaya produksi agar harga jualnya bisa terjangkau.

4. Buat nama dan logo brand Anda

Setelah konsep dan segmentasi rampung, saatnya Anda membuat nama dan logo brand Anda. Logo dan nama yang Anda gunakan haruslah menggambarkan karakter brand Anda. Pastikan pula nama dan logo yang Anda gunakan tidak pernah digunakan sebelumnya atau sudah ada pemiliknya agar tak ada masalah dengan hak cipta.

Setelah Anda menyelesaikan empat langkah pra-produksi si atas, Anda sudah bisa melakukan proses produksi. Buatlah produk dalam berbagai macam varian warna dan ukuran. Agar konsumen tak kesulitan, ada baiknya Anda menggunakan ukuran yang umum. Setelah produksi selesai, Anda bisa memulai proses promosi dan penjualan.

Tahap Promosi dan Penjualan

  1. Promosi produk

Memasarkan suatu produk memang tidak mudah, namun karena Anda tinggal di era digital tentunya semua makin mudah. Anda bisa memanfaatkan media sosial secara gratis dan bebas, untuk menggapai banyak orang pun Anda bisa memasang iklan dengan harga terjangkau. Selain media sosial Anda juga bisa memasarkan produk secara offline atau butik. Anda bisa membuat butik sendiri atau bergabung di pusat perbelanjaan.

2. Dekor butik semenarik mungkin

Butik adalah representatif produk Anda, kalau dari luar saja butik Anda sudah terlihat menarik tentu banyak orang yang ingin berkunjung ke butik Anda. Dekor butik Anda semenarik mungkin, jadikan butik Anda sebagai ‘wajah awal’ produk Anda.

3. Endorse atau pilih brand ambassador yang sesuai dengan karakter Anda

Menggunakan metode endorsement atau mencari brand ambassador adalah salah satu cara untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Sesuaikan tokoh yang Anda endorse dengan karakter brand Anda, agar konsumennya juga sesuai dengan bisnis pakaian Anda.

Read More

Artikel Lainnya

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

Bisnis

GOJEK, #MenangkanIndonesia Untuk Dukung Atlet SEA Games 2019

20 November 2019, 20:00

Gojek, mengajak masyarakat Indonesia mendukung putra-putri kebanggaan tanah air yang berlaga di SEA Games 2019, melalui kampanye #MenangIndonesia.

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

Kuliner

Begini Cara yang Tepat Menikmati dan Mengolah Shabu Shabu

20 November 2019, 19:00

Ternyata menikmati dan memasak shabu shabu ada tips dan triknya. Menurut chef dari Jepang, ini dia cara yang tepat.

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

Bisnis

Brand realme Segera Hadirkan Ponsel dengan Julukan Flagship Killer

20 November 2019, 18:00

Digadang-gadang sebagai flagship killer, pihak realme tengah mempersiapkan meluncurkan realme X2 Pro di Indonesia.

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

Kecantikan dan Fashion

Mizzu Luncurkan Lip Cream Aroma Kopi Hasil Kolaborasi dengan Fore

20 November 2019, 17:00

Pernah bayangkan jika lip cream beraroma kopi? Mizzu dan Fore berkolaborasi untuk ciptakan lip cream dengan hasil velvet yang terinspirasi dari kopi.


Comments


Please Login to leave a comment.