Menggunakan Masker

Kesehatan

Perhatikan Hal Penting Ini Bila Ingin Bertemu Teman Selama Pandemi COVID-19

Selama pandemi COVID-19 ini, protokol kesehatan tetap harus dilaksanakan untuk mencegah terinfeksinya COVID-19. Begitu pun dengan kehidupan sosial, tidak lagi seperti sebelum pandemi, bisa bebas berkumpul kapan pun dan di mana pun bersama teman. Menurut Kepala petugas medis ASTHO Marcus Plescia, MD, MPH tidak apa-apa untuk bertemu dan bertatap muka langsung dengan teman Anda. Namun, Anda harus mengikuti beberapa aturan.

Kita tahu bahwa hanya sebagian kecil dari populasi, mungkin sekitar 5 atau 10 persen yang terinfeksi COVID-19. Berarti 90 persen lainnya tidak terinfeksi, tetapi kemungkinan memiliki risiko. Agar tetap aman saat bertemu dan berkumpul dengan teman-teman Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan berikut ini seperti dilansir wellandgood.com (28/05/2020).

Hindari Berkumpul dengan Lebih dari 10 orang

Presiden dari Asosiasi untuk Profesional dalam Pengendalian Infeksi dan Epidemiologi Connie Steed, MSN, RN menyarankan berkumpul dengan kurang dari 10 orang. Sebab, saat orang-orang berkumpul lebih dari 10 orang, kemungkinan besar banyak yang melupakan aturan untuk menjaga jarak sekiranya enam kaki.

Bertemu di Suatu Taman

Anda bisa mengajak teman Anda untuk bertemu di taman. Namun, bila di rumah Anda terdapat halaman yang luas, Anda bisa saja mengajaknya untuk bertemu di halaman rumah Anda sendiri.

Terapkan Protokol Kesehatan di Rumah

Mencegah lebih baik dari mengobati. Siapa pun bisa menjadi sumber potensial terinfeksi COVID-19. Terutama dengan situasi yang tidak pasti ini, tidak jarang terjadi, orang-orang yang tanpa gejala pun dapat berisiko. Anda bisa menyiapkan sabun cuci tangan atau hand sanitizer sehingga orang-orang yang datang ke rumah Anda bisa berinisiatif membersihkan dirinya. Dan bila perlu, secara rutin membersihkan sekitar ruangan rumah dengan disinfektan.

Membiasakan Hal-hal kecil

Dr. Plescia mengatakan untuk menjaga hal-hal yang sederhana untuk memulai. Cukup sulit untuk membiasakan diri agar tidak berpelukan atau berjabat tangan saat bertemu dengan seseorang. Dirinya mengingatkan untuk berhati-hati dengan kebiasaan baik ini.

Selalu Pakai Masker

Dr Plescia juga menyarankan untuk selalu memakai masker bila bertemu dengan seseorang. Jika Anda tidak betah mengenakannya, Anda bisa menjauh sebentar dan mengambil napas tanpa masker.

Hal-hal tersebut di atas, baik bagi Anda untuk dilakukan bila memang sangat perlu bertemu dengan teman atau seseorang yang ingin Anda temui. Namun, untuk saat ini, yang terbaik adalah tetap melakukan kunjungan virtual.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.