Wow Event Nonton Konser Musik dari Mobil Siap Hadir di Indonesia

Berita Kawasan

Perhatikan Ini Saat Gelar Acara di Ruang Publik Kala Pandemi COVID-19

Pandemi COVID-19 telah merubah cara masyarakat dalam bersosialisasi. Terlebih ketika ingin menggelar sebuah pertunjukan di ruang publik. Kini, baik pentas musik, teater maupun pertandingan olahraga di dalam dan di luar gedung harus menerapkan kebijakan khusus sebagai bagian dari pencegahan COVID-19.

Salah satu hal mendasar yang kita tahu adalah dengan ditiadakannya penonton ketika menggelar suatu acara. Hal tersebut bisa dibilang efektif dalam mencegah penularan penyakit yang belum ditemukan vaksinnya sampai dengan saat ini. Namun dengan tidak adanya penonton, itu artinya tidak ada pemasukan bagi penyelenggara yang telah menggelar acara.

Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan beberapa ketentuan ketika menggelar suatu acara, seperti menerapkan kebijakan social dan psychical distancing. Dengan memberikan jarak antar penonton tentunya meminimalisir penularan COVID-19.

[Baca Juga: Ini yang dilakukan Korea Selatan untuk Cegah COVID-19 di Kantor]

Selain itu, pelarangan meludah sembarang juga perlu diterapkan. Seperti di Korea Selatan yang telah melarang para pemain bisbol profesional untuk meludah di lapangan ketika sedang bertanding. Sebab seperti yang diketahui, COVID-19 dapat menular via udara lewat percikan droplet.

Sama seperti meludah, menyanyi di depan umum pun juga dapat menjadi salah satu penyebab penularan COVID-19. Bahkan, negara seperti Jerman pun telah melarang warganya bernyanyi di depan umum untuk sementara waktu. Sebab, menurut sebuah penelitian yang kemudian diterbitkan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Weekly Morbidity and Mortality Weekly Report, ketika seseorang atau sekelompok orang bernyanyi, orang tersebut dapat melepaskan jumlah droplet yang sangat banyak dan berpotensi menularkan penyakit kepada orang di sekitarnya. Jadi pikirkan beberapa kali ketika ingin menggelar sebuah konser di ruang publik ketika pandemi seperti saat ini.

Tengok Kasus Negara Lain, 5 Tempat Ini Risiko Tinggi Penularan COVID-19

Meski begitu, menurut asisten profesor ilmu penilaian paparan di Sekolah Kesehatan Publik TH Chan di Harvard, Joseph Allen seperti dilansir dari www.theatlantic.com, larangan bernyanyi, meludah serta penerapan social dan psychical distancing masih belum cukup untuk membuat tempat publik lebih aman.

Ada beberapa protokol yang harus dijalankan ketika menggelar sebuah pertunjukan maupun pertandingan di ruang publik. Pertama, kewajiban penggunaan masker baik bagi para pengisi acara dan juga para penonton yang datang.

[Baca Juga: Studi Ungkap Ribuan Droplet Dihasilkan Saat Berbicara]

Kedua, segala sesuatu seperti pembelian dan pemeriksaan tiket maupun pemberian hak izin harus dilakukan secara online tanpa sentuhan secara langsung. Ketiga, panitia acara harus memperhatikan antrean para penonton. Sebab menurutnya, antrean yang penuh sesak merupakan sesuatu yang harus dihindari di masa pandemi ini. Jadi utamakan jaga jarak paling tidak sejauh enam kaki.

Tidak hanya itu, ketika ingin mengobrol, makan atau berolahraga usahakan dilakukan di luar ruangan. Seperti yang ditunjukkan oleh para peneliti Jepang sebelumnya dan survei Hong Kong, bahwa peluang penularan COVID-19 dalam ruang tertutup lebih besar dibanding penularan di dalam ruangan terbuka.

Read More

Artikel Lainnya

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaran Ujian SMUP Unpad .jpg

Pendidikan

Dirjen Dikti Kemendikbud Ikut Pantau Penyelenggaraan Ujian SMUP Unpad

10 August 2020, 15:07

Dirjen dari Kemendikbud RI menyempatkan diri untuk melihat langsung proses ujian SMUP Unpad yang digelar secara daring.

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 months, 1 week lalu
    emma

    izin share ya admin :) segera bergabung bersama kami, Di Agen Togel Online Terbaik dan jangan lupa raih berbagai macam promonya, buruan langsung saja daftar Di <a href="http://gajitoto.net/" title="Gajitoto" rel="nofollow">Gajitoto</a>

  • Anisa 2 months, 1 week lalu
    anisa

    Bahaya untuk keluar rumah,agar mencegah #covid19 lebih baik #DIRUMAHAJA dengan bermain sgame online di situsjadul.com (bisa cari atau search di google) ya guys. Yang dimana menyediakan Berbagai Bonus baik new member maupun member setia kami. Yang jauh mendekat,Yang dekat merapat. tunggu apa lagi ? segera rapatkan barisan di situsjadul.com serta ambil bonusnya sekarang juga.

  • Suki 2 months, 1 week lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88 guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88 ajaaa bukan yang lain..