Tentang Perizinan dan Keselamatan Kapal Angkutan Lebaran Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

Perhatikan Keselamatan Kapal Angkutan Lebaran Kepulauan Seribu

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas V Kepulauan Seribu, Herbert Marpaung mengatakan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Basarnas akan melakukan sidak keselamatan dan kelaikan kapal menjelang arus mudik dan arus balik Idulfitri 2019.

Pihaknya mengimbau agar para pemilik kapal melengkapi surat-surat perizinan dan alat keselamatan kapal demi keselamatan dan kenyamanan para penumpang. "Masih ada waktu sebelum arus mudik tiba untuk melengkapi perizinan dan alat keselamatan kapal," ujarnya seperti dilansir dari beritajakarta.id (13/5/2019).

Menurutnya, hingga saat ini ada sebanyak 37 kapal tradisional pengangkut penumpang dan barang dari dan menuju Kepulauan Seribu yang ada di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke Jakarta Utara. Selain itu ada 37 kapal cepat (reguler) yang ada di dermaga Marina, Ancol yang siap melayani arus mudik dan arus balik selama Lebaran Idul Fitri.

[Baca Juga: Dinkes Jakarta Siagakan Pos Layanan Kesehatan Arus Mudik Lebaran]

"Kita minta agar penempatan bagasi yang benar tidak menutup emergency exit (pintu keluar darurat), pastikan tidak ada penumpang yang merokok dan tersedianya alat pemadam kebakaran," jelasnya.

Dikatakannya, selain hal tersebut yang menjadi sangat penting untuk keselamatan penumpang yaitu tersedianya life jacket sesuai jumlah kapasitas penumpang dan awak kapal. "Untuk pemantauan aktivitas arus mudik dan arus balik Idulfitri 2019 ini, kami akan memberlakukan pengawasan dan patroli dimulai pada 21 Mei hingga 21 Juni mendatang," tandasnya.

Angkutan Gratis

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu mengadakan angkutan arus mudik dan arus balik Lebaran Idul Fitri 1440 Hijriah khusus warga Kepulauan Seribu. Sebanyak empat kapal milik Pemkab disiagakan untuk melayani warga.

Wakil Bupati Kepulauan Seribu, Junaedi mengatakan, angkutan lebaran (mudik) gratis tersebut akan dilakukan pada H-2 lebaran yaitu, Senin, 3 Juni dan arus balik pada H+3 yaitu, Minggu, 9 Juni. Pendaftaran akan mulai dibuka pada tanggal 12 Mei 2019. "Peserta mudik harus warga yang ber-KTP Kepulauan Seribu dan bisa mendaftar melalui kantor lurah setempat," ujar Junaedi masih dari sumber yang sama.

[Baca Juga: KA Pangrango Tambahan Diharap Kurangi Beban Arus Mudik]

Lebih lanjut Kepala Bagian Hukum Ketatalaksanaan dan Kepegawaian Kabupaten Kepulauan Seribu, Eko Witarso menambahkan, Pemkab menyediakan empat kapal pegawai, masing-masing kapal Prabu Bahari I, Prabu Bahari II, Prabu Bahari III dan kapal pelayanan terpadu keliling (PTK) dengan total kapasitas 250 penumpang yang 50 diantaranya khusus mengantar mudik ke Pulau Sebira.

"Kapal akan kita bagi ke tiga rute dan setiap penumpang hanya boleh membawa barang seberat 5 kilogram saja demi kenyamanan dan keselamatan pelayaran," terangnya. Tiga rute tersebut meliputi:

  • Rute I dari Marina Ancol menuju ke Pulau Untung Jawa - Pulau Lancang - Pulau Pari - Pulau Payung dan berakhir di Pulau Tidung
  • Rute II meliputi; dari Marina Ancol menuju ke Pulau Pramuka - Pulau Panggang - Pulau Kelapa - Pulau Kelapa Dua dan berakhir di Pulau Harapan
  • Rute III meliputi; dari Marina Ancol menuju ke Pulau Sebira.

"Terkait teknis keberangkatan akan diinformasikan lebih lanjut saat warga sudah terdaftar di manifes kapal," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik .jpg

Berita Kawasan

Aman di Masa Pandemi, Terminal Jatijajar Sudah Terapkan Tiket Elektronik

29 September 2020, 16:08

Salah satu inovasi yang diterapkan di Terminal Jatijajar di masa pandemi seperti sekarang adalah pemberlakukan sistem e-ticketing.

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir.jpg

Berita Kawasan

Musim Hujan, Wali Kota Tangerang Persiapkan Langkah Antisipasi Banjir

29 September 2020, 15:03

Wali Kota Tangerang memastikan pihaknya sudah mempersiapkan skenario antisipasi terhadap potensi terjadinya banjir akibat musim hujan.

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Kejar Target Zona Hijau COVID-19 pada Desember

29 September 2020, 14:02

Pemkot Tangerang saat ini tengah bekerja keras untuk mengubah status wilayahnya dari zona orange menjadi zona hijau COVID-19.

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September .jpg

Berita Kawasan

Pedagangnya Positif COVID-19, Pasar Ciplak Ditutup Sampai 30 September

29 September 2020, 13:01

Pasar Ciplak di wilayah Jakarta Selatan disebut ditutup pada pekan ini usai ada pedagang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.