Perhatikan Penggunaan Silica Gel Pada Penyimpanan Kamera

Properti dan Solusi

Perhatikan Penggunaan Silica Gel pada Penyimpanan Kamera

Anda menyukai dunia fotografi? Maka kamera menjadi sahabat karib yang mustahil Anda telantarkan. Namun, dalam merawat kamera ternyata tidak cukuplah mudah karena ada beberapa komponen kamera yang sangat sensitif terhadap tempat yang lembap. Ruangan yang lembap bisa mengakibatkan kamera mudah berjamur.

Salah satu komponen kamera yang sangat sensitif jika berada di tempat yang lembap adalah lensa. Sudah pasti untuk mengganti lensa tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk mengatasinya Anda dapat menggunakan silica gel sebagai penyerap kelembapan dalam kamera tersebut. Cara menggunakan silica gel pada kamera pun juga perlu diperhatikan, apabila salah kemungkinan keadaan kamera justru semakin buruk.

Perhatikan Penggunaan Silica Gel Pada Penyimpanan Kamera

Silica gel merupakan penyerap kelembapan yang sering kita jumpai pada beragam produk. Kegunaan silica gel sangat penting karena akan membuat barang tersebut bertahan lama dan tidak mudah rusak jika digunakan dengan cara yang tepat. Karena kamera memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap ruangan yang lembap terutama ketika musim hujan, maka Anda harus cermat menaruh kamera Anda di tempat yang kering dan kelembapan udara yang cukup.

[Baca Juga: Realme Tunjuk Fotografer Ternama Dunia Setel Kamera Realme XT]

Cara termudah dalam menggunakan silica gel pada kamera ialah menyiapkan satu atau dua sachet silica gel dan letakkan silica gel pada tas kamera. Kenapa maksimal dua silica gel? Apabila lebih dari itu akan menyebabkan kamera menjadi lebih kering. kamera terdiri dari beberapa komponen di antaranya adalah bagian karet pada kamera tersebut.

Perhatikan Penggunaan Silica Gel Pada Penyimpanan Kamera

Jika menggunakan silica gel yang berlebihan akan menyebabkan kamera semakin kering dan karet pada kamera pun mengelupas. Tentu ini juga tidak baik bagi kamera Anda. Maka disarankan untuk mengetahui cara menggunakan silica gel pada kamera dengan tepat. Pemakaian silica gel pada kamera sebaiknya tidak menggunakan kandungan bahan yang berbahaya.

[Baca Juga: Inilah Lima Tips Menyusun Foto Agar Lebih Menarik]

Terdapat silica gel yang berbahaya bagi kesehatan sebab mengandung bahan karsinogen atau bahan yang menyebabkan kanker. Silica gel tersebut merupakan silica gel biru yang menggunakan bahan cobalt chloride sebagai bahan utamanya. Maka dari itu, silica gel ini biasanya tidak disarankan untuk digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sedangkan silica gel yang bagus digunakan untuk kamera atau alat elektronik lainnya adalah silica gel putih. Silica gel ini terbuat dari sodium silikat yang mengalami proses alami. Silica gel ini bersifat hydropolic yang artinya mampu menyerap kadar air di udara dengan baik. Bahkan silica gel ini juga aman digunakan pada makanan, obat-obatan atau untuk barang untuk dikonsumsi lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.