Perhatikan Tiga Hal Ini Sebelum Bangun Trotoar

Berita Kawasan

Perhatikan Tiga Hal Ini Sebelum Bangun Trotoar

Guna mengatasi kemacetan, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tengah menjalankan proyek pelebaran trotoar. Terkait hal tersebut, Wali Kota Jakarta Pusat Bayu Meghantara mengatakan ada tiga hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan Kegiatan Strategis Daerah (SKD) 73. Ketiga hal tersebut yakni sosialisasi kepada warga, konsep desain dari pelebaran trotoar dan potensi dampak pembangunan terhadap saluran air.

“Tiga hal itu yang kita tekankan, kita lihat fungsi-fungsi dari pembangunan ini. Dikomunikasikan semuanya serta diadministrasikan sebagai bentuk penataan kawasan kepada masyarakat,” kata Bayu, dilansir dari beritajakarta.go.id (2/3/2020).

Perhatikan Tiga Hal Ini Sebelum Bangun Trotoar

Dia pun meminta kepada jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk memperhatikan tiga hal tersebut sebelum melakukan KSD 73. Menurutnya, perencanaan dan desain dari pelebaran trotoar harus dilakukan secara matang.

Dalam hal ini, perlu dilihat manfaat dan dampak yang akan ditimbulkan, baik untuk masyarakat dan lingkungan. Hal ini ditujukan agar pembangunan trotoar yang dilakukan bermanfaat bagi masyarakat.

“Kalau kita belajar teori pembangunan, yang di maksud pembangunan itu menciptakan kondisi yang lebih baik. Jadi pembangunan dan pelebaran trotoar itu harus memberikan manfaat yang lebih baik di masyarakat,” tandasnya.

Revitalisasi Trotoar

Pekan lalu diberitakan, beberapa jalan yang berada di Jakarta Pusat direncanakan akan revitaliasi trotoar pada April 2020. Beberapa jalan di Jakarta Pusat yang akan dibangun trotoar ini masuk dalam pembangunan trotoar KSD Gubernur DKI.

Ruas jalan yang trotoarnya akan direvitalisasi itu antara lain di Jalan Juanda - Pecenongan yang lebarnya mencapai 3.200 meter atau di Mangga Besar lebarnya 4.000 meter. Selain itu di Gunung Sahari yang lebarnya 3.500 meter, Pramuka lebarnya 6.200 meter, KH Mas Mansyur lebarnya 4.800 meter, dan terakhir Jalan Jati Baru Raya lebarnya 1.370 meter.

[Baca Juga: Pemkot Jakarta Selatan Kembali Lirik Penataan Jaringan Utilitas]

Sekretaris Kota (Seko) Admintrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, jika rencana ini masih dalam tahap pembahasan lebih lanjut. "Ini tahap awal kita sosialisasi dulu. Semua harus ada tahapan prosedur," kata Iqbal, dilansir dari WartaKotaLive.com (29/2/2020).

Menurut Iqbal, pembangunan trotoar ini menjadi cerminan kota. Nantinya masyarakat dapat menikmati kondisi trotoar yang akan dibangun.

Untuk pengerjaanya akan dilakukan secara bertahap. "Trotoar yang sudah terbangun sebelumnya sangat bagus, banyak pejalan kaki yang dapat menikmati perubahan trotoar. Apalagi trotoar yang sudah terbangun sangat memberikan kenyamanan terhadap pejalan kaki," katanya.

[Baca Juga: Dokumen AMDAL Seluruh Resto Di Kelapa Gading Akan Diperiksa]

Jika pembangunan ini terealisasi tentu trotoar bukan hanya dijadikan tempat wadah bagi pejalan kaki, trotoar juga dapat difungsikan dalam kegiatan lainnya. Misalnya saja beberapa musisi jalanan yang mewujudkan kreativitasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 3 months lalu
    suki

    yuuukkk MABAR game dupa88,net guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di dupa88,net ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>

  • Asyifa 2 years, 3 months lalu
    asyifa

    Poker165,co merupakan situs game online aman dan terpercaya yang menyediakan Berbagai Promo salah satunya Tripple Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain. Buruan bergabung serta Menangkan Hadiah & permainan nya, Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Pelayanan cepat, aman & terbaik!, Cs kami siap melayani Anda 24 jam nonstop!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +855973489346 silahkan bisa di cek ke TKP dan buktikan sekarang juga. . .