Hardiknas.jpg

Pendidikan

Peringatan Hardiknas 2021, Peserta Kenakan Baju Adat

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini diperingati dengan menggelar upacara peringatan yang diselenggarakan di secara terbatas di halaman kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Senayan, Jakarta (2/5/2021). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim bertindak sebagai Pembina upacara dengan mengenakan baju adat Rote Nusa Tenggara Timur, seluruh peserta upacara mengenakan baju adat dari berbagai suku.

Berdasarkan informasi resmi dalam akun Twitter Kemdikbud (@Kemdikbud_RI), dalam upacara tersebut turut hadir Mendikbud 1993 – 1998 Wardiman Djojonegoro, Mendikbud 2014 – 2016 sekaligus Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Ketua Komite Tiga DPD RI Sylviana Murni.

Hardiknas3.jpg

Bertema ‘Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar’, Nadiem Makarim menyampaikan bahwa momentum Hardiknas 2021 digunakan sebagai momen yang tepat untuk merefleksikan kembali apa saja yang sudah dikerjakan dan yang harus diperbaiki dalam sistem Pendidikan di Indonesia.

“Lembaran baru pendidikan Indonesia berarti transformasi. Transformasi yang tetap bersandar pada sejarah bangsa, dan juga keberanian menciptakan sejarah baru yang gemilang,” ungkap Nadiem seperti dilansir dalam laman kemdikbud.go.id (02/05/21).

[Baca Juga: Hari Peduli Autisme Sedunia, Pendidikan Seksualitas yang Terabaikan]

Dalam pidatonya, Nadiem melanjutkan bahwa terdapat empat upaya perbaikan yang terus dikerjakan bersama seluruh lapisan masyarakat, yakni:

  • Perbaikan infrastruktur dan teknologi
  • Perbaikan kebijakan, prosedur, pendanaan, serta pemberian otonomi lebih pada satuan Pendidikan
  • Perbaikan kepemimpinan, masyarakat, dan budaya
  • Perbaikan kurikulum, pedagogi, dan asesmen.

Hardiknas1.jpg

Nadiem menyambung bahwa Kemendikbud secara konsisten melakukan transformasi Pendidikan melalui bebagai terobosan. Transformasi dikerjakan agar segala sesuatu yang membuat bangsa ini jalan di tempat dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan. “Transformasi yang bermakna ini kami kerjakan agar segala sesuatu yang selama ini membuat bangsa ini hanya berjalan di tempat, dapat berubah menjadi lompatan-lompatan kemajuan,” lanjut Nadiem.

Serta menanggapi krisis pandemi yang tak kunjung usai, Nadiem mengatakan bahwa kondisi ini dapat dijadikan kesempatan untuk mencapai kemajuan. “Kita perlu memahami bahwa pandemi bukanlah satu-satunya tantangan yang kita hadapi. Di depan, masih membentang sederet tantangan yang akan dan harus kita lalui bersama. Mari kita lalui segala tantangan dengan inovasi dan solusi. Mari kita ciptakan sejarah yang gemilang dan tak terbantahkan oleh dunia,” tuturnya.

Hardiknas4.jpg

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Republik Indonesia melalui Mendikbudristek juga memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya pada pegawai yang telah berbakti selama sepuluh, dua puluh, dan tiga puluh tahun.


Read More

Artikel Lainnya

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan.jpg

Hobi dan Hiburan

Musisi Jalan Digandeng Melalui Beranda Kreatif Medan

08 August 2022, 17:15

Tak hanya para seniman serta band konvensional atau yang sudah memiliki nama saja yang diundang Pemko Medan ke Beranda Kreatif Medan, ternyata musisi jalanan juga turut digandeng.

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga.jpg

Hobi dan Hiburan

Sampai 28 Agustus 2022, Pameran Karya Abah Ropih Digelar di Jalan Braga

08 August 2022, 14:14

Mengenang wafatnya senimaan kenamaan di arean Jalan Braga Kota Bandung, pameran Pulau Emas digelar di Galeri Seni Ropih.

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan.jpg

Bisnis

Produk Jakpreneur Diboyong ke Pujafest 2022 di Candi Prambanan

08 August 2022, 11:12

: Dalam upaya membantu pemasaran produk wirausaha di wilayahnya, Pemprov DKI Jakarta baru-baru ini mengikutsertakan produk Jakpreneur di event Pujafest 2022 di Candi Prambanan.

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran Hingga 9 Agustus 202 2.jpg

Hobi dan Hiburan

Gratis! Pameran Filateli Internasional Digelar di Jiexpo Kemayoran

05 August 2022, 17:28

Pameran sekaligus kompetisi filateli tingkat internasional saat ini tengah digelar di Jiexpo Kemayoran dan bisa Anda kunjungi tanpa biaya sepeser pun.


Comments


Please Login to leave a comment.