Ancol-Kesehatan-Peringati-Hari-Kesehatan-Nasional-Jakarta-Utara-Adakan-Beragam-Kegiatan-Emil.jpg

Kesehatan

Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Jakarta Utara

Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap 12 November membuat berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengadakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Salah satunya diadakan Pemerintah Kota Jakarta Utara yaitu kegiatan layanan masyarakat di Ruang Terbuka Hijau pada Rabu, 14 November 2018.

Kegiatan di area Kecamatan Penjaringan itu terdiri dari dari pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gigi dan mulut, tes IVA (Inspeksi Visual Asam asetat), sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), senam jantung sehat, lomba senam sehat dan talkshow mengenai kesehatan.

GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

“Kesehatan itu mahal harganya. Acara Hari Kesehatan Nasional ini tidak akan berarti apa-apa kalau hanya diperingati saja tapi harus menjadi rujukan agar kita selalu menjaga kesehatan dengan rutin melakukan olahraga dan menerapkan pola makan sehat,” ucap Walikota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau ketika membuka kegiatan layanan kesehatan masyarakat tersebut, sebagaimana dikutp dari utara.jakarta.go.id (15/11/2018).

[Baca Juga: Tips Sederhana Untuk Mengubah Pola Makan Agar Lebih Sehat]

Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Ruang Terbuka Hijau Kalijodo ini juga turut dihadiri Kepala Suku Dina Kesehatan Jakarta Utara, M. Helmi. Ia sempat mengingatkan kepada jajarannya untuk selalu meningkatkan layanan kesehatan masyarakat dengan mencontohkan keberhasilan dari Puskesmas Kecamatan Koja. Sekadar informasi, layanan kesehatan yang berlokasi di Jalan Mahoni Selatan No.9 itu berhasil meraih penghargaan sebagai puskesmas terbaik tingkat nasional.

Puskesmas Kecamatan Koja, Jakarta Utara

Sekilas Terkait Hari Kesehatan Nasional

Tahukah Anda kenapa peringatan Hari Kesehatan Nasional jatuh pada tanggal 12 November? Peringatan ini tidak bisa dilepaskan dalam perlawanan Indonesia dari penyakit Malaria. Sebab penyakit ini disebut menjangkiti mayoritas warga Indonesia dan telah memicu ratusan ribu nyawa melayang.

Karena itulah Pemerintah Indonesia berusaha untuk membasmi penyakit tersebut dan dimulai pada 1959 dengan terbentuknya Dinas Pembasmian Malaria. Teknik yang digunakan adalah penyemprotan obat jenis DTT ke rumah-rumah warga di wilayah Jawa, Bali, dan Lampung.

[Baca Juga: Cara Atasi Bahaya Nyamuk Pantai di Jakarta]

Presiden RI pertama, Ir Soekarno sempat turun ke desa di Yogyakarta untuk ikut melakukan penyemprotan simbolis ke rumah warga pada 12 November 1959. Karena penyemprotan simbolis itulah, Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap 12 November seperti yang diadakan di Jakarta Utara dengan memberikan kegiatan layanan kesehatan masyarakat.

Read More

Artikel Lainnya

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020.jpg

Hobi dan Hiburan

Tumbuhkan Bibit eSport, Kemenpora Dukung Turnamen Free Fire Fall Season 2020

07 August 2020, 19:00

Menpora sangat mendukung usaha Garena Indonesia dalam mencari bibit eSport Tanah Air melalui turnamen Free Fire Fall Season 2020.

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air.jpg

Pendidikan

Ini Cara TCS untuk Dukung Pemulihan Sektor Pendidikan Tanah Air

07 August 2020, 18:00

Dari mulai warga sampai Pemkot Jakarta Utara sudah mulai bergerak untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan nanti.

Ini Beragam Persiapan Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Ini Beragam Persiapan Sambut Perayaan Hari Kemerdekaan RI di Jakarta Utara

07 August 2020, 17:00

Dari mulai warga sampai Pemkot Jakarta Utara sudah mulai bergerak untuk menyambut perayaan Hari Kemerdekaan nanti.

Pemkot Surabaya Terus Rampungkan Persiapan Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Pemkot Surabaya Terus Rampungkan Persiapan Piala Dunia U-20 2021

07 August 2020, 16:00

Melihat kinerja Pemkot Surabaya dalam mempersiapkan perhelatan Piala Dunia U-20 2021, Kemenpora merasa optimis.


Comments


Please Login to leave a comment.