Ancol-Kesehatan-Peringati-Hari-Kesehatan-Nasional-Jakarta-Utara-Adakan-Beragam-Kegiatan-Emil.jpg

Kesehatan

Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Jakarta Utara

Hari Kesehatan Nasional yang diperingati setiap 12 November membuat berbagai wilayah di Jakarta dan sekitarnya mengadakan sejumlah kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat. Salah satunya diadakan Pemerintah Kota Jakarta Utara yaitu kegiatan layanan masyarakat di Ruang Terbuka Hijau pada Rabu, 14 November 2018.

Kegiatan di area Kecamatan Penjaringan itu terdiri dari dari pemeriksaan kesehatan, pemeriksaan gigi dan mulut, tes IVA (Inspeksi Visual Asam asetat), sosialisasi GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), senam jantung sehat, lomba senam sehat dan talkshow mengenai kesehatan.

GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)

“Kesehatan itu mahal harganya. Acara Hari Kesehatan Nasional ini tidak akan berarti apa-apa kalau hanya diperingati saja tapi harus menjadi rujukan agar kita selalu menjaga kesehatan dengan rutin melakukan olahraga dan menerapkan pola makan sehat,” ucap Walikota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau ketika membuka kegiatan layanan kesehatan masyarakat tersebut, sebagaimana dikutp dari utara.jakarta.go.id (15/11/2018).

[Baca Juga: Tips Sederhana Untuk Mengubah Pola Makan Agar Lebih Sehat]

Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Ruang Terbuka Hijau Kalijodo ini juga turut dihadiri Kepala Suku Dina Kesehatan Jakarta Utara, M. Helmi. Ia sempat mengingatkan kepada jajarannya untuk selalu meningkatkan layanan kesehatan masyarakat dengan mencontohkan keberhasilan dari Puskesmas Kecamatan Koja. Sekadar informasi, layanan kesehatan yang berlokasi di Jalan Mahoni Selatan No.9 itu berhasil meraih penghargaan sebagai puskesmas terbaik tingkat nasional.

Puskesmas Kecamatan Koja, Jakarta Utara

Sekilas Terkait Hari Kesehatan Nasional

Tahukah Anda kenapa peringatan Hari Kesehatan Nasional jatuh pada tanggal 12 November? Peringatan ini tidak bisa dilepaskan dalam perlawanan Indonesia dari penyakit Malaria. Sebab penyakit ini disebut menjangkiti mayoritas warga Indonesia dan telah memicu ratusan ribu nyawa melayang.

Karena itulah Pemerintah Indonesia berusaha untuk membasmi penyakit tersebut dan dimulai pada 1959 dengan terbentuknya Dinas Pembasmian Malaria. Teknik yang digunakan adalah penyemprotan obat jenis DTT ke rumah-rumah warga di wilayah Jawa, Bali, dan Lampung.

[Baca Juga: Cara Atasi Bahaya Nyamuk Pantai di Jakarta]

Presiden RI pertama, Ir Soekarno sempat turun ke desa di Yogyakarta untuk ikut melakukan penyemprotan simbolis ke rumah warga pada 12 November 1959. Karena penyemprotan simbolis itulah, Hari Kesehatan Nasional diperingati setiap 12 November seperti yang diadakan di Jakarta Utara dengan memberikan kegiatan layanan kesehatan masyarakat.

Read More

Artikel Lainnya

Cegah Virus Corona Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

Kesehatan

Cegah Coronavirus Masuk Indonesia, Kemenkes Siapkan 135 Thermoscanner

25 January 2020, 10:00

Sebagai bentuk tindakan preventif penyebaran coronavirus, Kemenkes menyiapkan 135 thermoscanner di seluruh pintu masuk Indonesia.

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

Berita Kawasan

Kinosaurus, Wadah Bertemunya Sineas dengan Penikmat Film

24 January 2020, 18:00

Dari awal pendiriannya, Kinosaurus menyimpan visi tersendiri yang sudah tercatat di benak para pendirinya. Apa sajakah itu?

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Berbagai Fasilitas untuk Menunjang Stasiun MRT Terintegrasi

24 January 2020, 17:00

Fasilitas integrasi ini akan dilengkapi area komersial seperti restoran, kedai kopi, toilet, mushola, akses difabel berupa lift, dan akses eskalator untuk umum.

Hati-hati Coronavirus Kenali dan Cegah Penyakitnya

Kesehatan

Hati-hati Coronavirus: Kenali dan Cegah Penyakitnya

24 January 2020, 16:00

Coronavirus dengan mudah menyerang saluran pernapasan yang menyebabkan beragam penyakit pernapasan.


Comments


Please Login to leave a comment.