Peringati Hari Kesehatan Nasional, Pemkab Bekasi Adakan Donor Darah

Kesehatan

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Pemkab Bekasi Adakan Donor Darah

Pemerintah Kabupaten Bekasi menyelenggarakan serangkaian kegiatan untuk menyambut peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-55. Salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah donor darah di Gedung Wibawa Mukti Komplek Pemerintah Kabupaten Bekasi pada 29 November 2019.

Kegiatan ini juga bersamaan dengan peringatan Hari Penyelenggaraan kegiatan tersebut bersamaan dengan peringatan Hari KORPRI Ke-48, HUT Ke-74 PGRI, Hari Guru Nasional Ke-25, dan HUT Ke-20 Dharma Wanita Persatuan Tingkat Kabupaten Bekasi. Melansir dari humas.bekasikab.go.id (2/12/2019) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bekasi Sri Enny Mainiarti menyebutkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk masyarakat yang membutuhkan donor darah karena kondisi tertentu misalnya ibu hamil dalam proses persalinan atau pun thalasemia.

Peringati Hari Kesehatan Nasional, Pemkab Bekasi Adakan Donor Darah

Di kabupaten Bekasi sendiri, thalassemia ditemukan sebanyak 140 kasus pada tahun 2019. Maka dari itu pemerintah kabupaten berusaha mencegah lewat penyuluhan, pemberian edukasi untuk mengantisipasi agar tidak semakin banyak yang mengalami. Selain itu, angka kematian pada ibu bersalin juga cukup tinggi khususnya karena pendarahan.

Sri bahkan berpesan, hal tersebut dapat terwujud apabila semua pihak dapat kolaborasi dan terintegrasi, mulai dari lapisan masyarakat, intra-sektor, dan swasta. Menurut Sri, semua harus terlibat untuk dapat mendukung kesejahteraan semua. “Untuk pelayanan kesehatan, kita usahakan semaksimal mungkin kita dekatkan ke masyarakat,” ujar Sri. Ia juga melanjutkan, kepada seluruh petugas kesehatan untuk memerhatikan kesehatannya sendiri.

[Baca Juga: Aplikasi SIDONI Berikan Informasi Donor Darah]

“Ini adalah momentum, semua yang kita kerjakan itu nomor satu untuk perbaikan kesehatan masyarakat. Selain dari mengupayakan kesehatan masyarakat, kita pribadi harus mulai menjaga dan peduli kepada kita sendiri sebagai petugas kesehatan,” sebut Sri.

Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Bekasi Iin Uju juga turut ikut meramaikan kegiatan donor darah tersebut. Ia berharap kegiatan seperti ini dapat berlangsung seterusnya dan dapat bermanfaat bagi masyarakat.b “Donor darah ini baik sekali untuk kesehatan. Saya sangat mendukung kegiatan ini, memang bagus sekali. Mudah-mudahan untuk seterusnya dapat terus dilaksanakan,” kata Iin.

[Baca Juga: Inilah Fakta Menarik Tentang Donor Darah]

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesehatan Nasional telah dilakukan secara bertahap mulai dari tanggal 25 Oktober lalu, seperti kegiatan donor darah bersama organisasi profesi Ikatan Dokter Indonesia, tes kesehatan pengemudi, kegiatan cuci tangan pakai sabun di sekolah, khitan masal, pemberian kacamata gratis di Sekolah Dasar, dan lomba penilaian ambulans se-Kabupaten Bekasi.

Kemudian ada pula kegiatan hiburan seperti lomba memancing dan lomba futsal. Sedangkan puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional akan dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2019 mendatang dengan senam Germas bersama dan pembagian hadiah-hadiah lomba.

Read More

Artikel Lainnya

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus.jpg

Hobi dan Hiburan

JOOX Siap Manjakan Penggemar K-Pop dari Juni Hingga Agustus

03 June 2020, 21:00

Dengan program terbarunya, JOOX ingin memanjakan para penggemar K-Pop di Tanah Air sekaligus berikan kesempatan berinteraksi dengan idola.

Di Antara Hewan Peliharaan, Kucing Disinyalir Paling Berpotensi Terkena COVID-19.jpg

Kesehatan

Kucing Disinyalir Hewan Peliharaan Paling Berpotensi Terkena COVID-19

03 June 2020, 20:00

Berdasarkan penelitian ahli, di antara semua hewan peliharaan yang dapat terinfeksi COVID-19, kucing berpotensi paling besar terkena.

sejarah KA semarang_1.jpg

Berita Kawasan

Menelusuri Jejak Stasiun Kereta Api Pertama di Semarang

03 June 2020, 19:47

Stasiun Semarang Gudang merupakan stasiun yang dibangun kala penjajahan Belanda. Namun, stasiun tersebut bukanlah stasiun kereta api pertama di Semarang.

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

Kesehatan

Tes Swab di Pasar Perumnas Klender Kedua Temukan 15 Kasus Positif

03 June 2020, 19:30

Pengetesan kedua ini dilakukan karena ditemukan kasus positif sebelumnya, kini ditemukan 15 orang yang positif COVID-19.


Comments


Please Login to leave a comment.