Peringati HPSN 2019, Bebenah Ciliwung Kembali Diadakan.jpg

Berita Kawasan

Peringati HPSN 2019, Bebenah Ciliwung Kembali Diadakan

Selain aktif dan fokus untuk membenahi area Sungai Ciliwung, Komunitas Ciliwung kembali akan menyelenggarakan kegiatan Bebenah Ciliwung yang akan diadakan pada Minggu, 24 Februari 2019.

Rencananya, acara yang sengaja diadakan untuk rangka peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2019 ini akan berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 12.00 WIB.

HSPN diperingati setiap tanggal 21 Februari. Awalnya, Peringatan Hari Sampah Nasional lahir untuk mengenang peristiwa di area Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, dimana sekitar 100 jiwa harus melayang lantaran tergulung longsoran sampah, pada 21 Februari 2006.

[Baca Juga: Menilik Komunitas FISIP UI Peduli Hewan]

Maka, tragedi Leuwigajah menjadi pemicu dicanangkannya HPSN setiap tanggal 21 Februari. Sampah memang masih menjadi persoalan di Indonesia, bahkan di dunia. Melansir dari National Geographic, melaporkan bahwa kota-kota di dunia setidaknya bisa menghasilkan sampah hingga 1,3 miliar ton setiap tahunnya.

Dengan begitu, Komunitas Ciliwung berinisiatif untuk mengadakan Bebenah Ciliwung yang akan difokuskan pada pembersihan sampah dan perawatan tanaman.

Bebenah Ciliwung merupakan bagian dari usaha mengajak masyarakat untuk merawat dan menjaga Ciliwung. Bukan hanya itu, diadakannya Bebenah Ciliwung bertujuan untuk mengubah pola piker masyarakat bahwa sungai bukanlah tempat ppembuangan sampah.

Area yang akan dilakukan pembersihan dan bebenah meliputi Sempadan Ciliwung, Grand Depok City, Kecamatan Pancoran, Kelurahan Depok, Tirtajaya, Cilodong dan wilayah Depok Timur.

[Baca Juga: Kali Karang Pluit Segera Disulap Jadi Ruang Terbuka Hijau]

“Operasi Bebenah Ciliwung ini akan melewati beberapa tahapan yang akan dilalui oleh peserta yang terbagi dalam beberapa tim sehingga kegiatan ini tampak atraktif dan terpadu,” tutur Arung Ramadhan, selaku Ketua Panitia Pelaksana Peringatan HPSN 2019, seperti dilansir dari Depok.go.id.

Selain mengadakan kegiatan operasi bersih-bersih sampah dan perawatan tanaman, dilansir dari Depok.go.id, peringatan HSPN 2019 akan dilengkapi dengan acara sosialiasi penanganan sampah serta pembuatan ecobrick yang merupakan salah satu cara memanfaatkan kembali limbah yang sulit didaur ulang.

Nantinya, setiap sampah non-organik yang dikumpulkan akan dibawa menggunakan katrol kendaraan berpenggerak empat roda (4x4) punya tim offroader kemudian akan diangkut Satgas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok.

Kegiatan Bebenah Ciliwung sendiri bakal diawasi oleh tim rescue dan relawan KCD dan dibantu oleh PMI Depok. Koordinasi dengan petugas Bendung Katulampa tetap dilakukan agar mengetahui tinggi muka air (TMA) Ciliwung.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.