Upacara Melasti Direncanakan Digelar di Jakarta Utara

Berita Kawasan

Peringati Nyepi, Upacara Melasti Direncanakan Digelar di Jakarta Utara

Sekitar satu bulan lagi maka umat Hindu di berbagai wilayah Tanah Air akan menyambut Tahun Baru Saka 1942 yang akan dirayakan dengan Nyepi. Walau jatuh pada tanggal 25 Maret 2020, sejumlah umat Hindu pun sudah mempersiapkan kegiatan untuk sambut hari raya ini.

Hal yang sama juga dilakukan oleh umat Hindu di Ibu Kota dengan rencananya, mereka akan melakukan upacara Melasti di rumah ibadah pura yang berada di Jakarta Utara.

Upacara Melasti Direncanakan Digelar di Jakarta Utara

Sekadar informasi, upacara Melasti merupakan bagian dari prosesi perayaan hari raya Nyepi. Di mana prosesinya ditujukan untuk menyucikan diri dengan memanfaatkan air dari danau atau laut untuk membersihkan diri dari kotoran atau perbuatan buruk yang pernah dilakukan.

Oleh karena itulah, upacara ini sering diadakan di pinggir pantai. Selain untuk penyucian diri, upacara Melasti juga dilakukan untuk melakukan pembersihan serta penyucan benda sakral yang ada di pura.

Untuk upacara Melasti di jakarta direncanakan akan diadakan di Pura Segara yang berada di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara. Dengan panitia pelaksana Nyepi DKI Jakarta yang terlebih dahulu menyampaikan rencana digelarnya upacara itu kepada Pemerintah Kota Jakarta Utara yang memberikan respons positif terhadap rencana tersebut.

[Baca Juga: Ratusan Seniman Ikuti Seleksi Pelatih Seni Ruang Publik di Jakarta Utara]

“Selain kegiatan inti dari penyucian lambang-lambang pura se-Jakarta yang bisa menarik ribuan wisatawan lokal ataupun mancanegara, ini bisa dijadikan momen menunjukkan kolaborasi antara Pemerintah Kota Jakarta Utara, Umat Hindu, dan masyarakat sendiri tentunya,” jelas Sekretaris Kota Jakarta Utara Desi Putra, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (4/2/2020).

Selain menyambutnya dengan positif, menurut Desi Putra, pihaknya juga akan memberikan dukungan agar upacara Melasti di Jakarta Utara bisa berjalan dengan lancar. Apalagi prosesi ini akan dihadiri oleh para pemeluk agama Hindu se-Ibu Kota.

[Baca Juga: Ribuan Anggota Pramuka Gelar Aksi Bersih-Bersih Pantai Jakarta Utara]

Bahkan rencananya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Jakarta Utara Sigit Wijatmoko akan turut hadir di kegiatan yang digelar pada 22 Maret 2020 itu. “Kami pastikan keamaan dan kenyamanan di sekitar Pura Segara agar selurug umat Hindu bisa melaksanakan upacara Melasti dengan baik tanpa terkendala sedikitpun,” tambahnya.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.