ads
DEPOK_PROPERTI_PERKEMBANGAN APARTEMEN SYARIAH DI SEKITAR PLAZA DEPOK_OCI-01.jpg

Properti dan Solusi

Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok

Grand Zamzam Towers (GZT) merupakan apartemen yang dibangun PT KSO Griya Sarana Jaya Property berkonsep relijius. Tower pertama yang berlokasi di kawasan Margonda, tidak jauh dari Plaza Depok tersebut bernama Cordoba. Nama tersebut terinspirasi oleh sebuah peradaban Islam di kawasan Spanyol bernama Cordoba yang membuat Spanyol maju pada waktu itu.

Wali Kota Depok Nur Mahmudi Ismail menyambut baik rencana pembangunan apartemen bertema relijius tersebut. "Namanya apartemennya Cordoba, menurut saya bagus, mengingatkan saya pada khazanah peradaban islam dulu," ujarnya seperti dikutip dari jakarta.bisnis.com (7/8/2018).

PT KSO Griya Sarana Jaya Property sendiri adalah pengembang yang dibentuk dua perusahaan yakni PT Griya Sarana Akbar dan PD Pembangunan Sarana Jaya. Plt. Direktur Utama PD Pembangunan Jaya Nikesman, masih dari sumber yang sama mengatakan, pembangunan apartemen GZT dengan konsep islami dilakukan karena Kota Depok dikenal sebagai salah satu kota yang menjunjung tinggi nilai-nilai Islam.

Apartemen GZT terdiri atas 10 menara yang terbagi dalam sembilan menara apartemen dan 1 menara perkantoran di atas lahan seluas 3 hektare. Sembilan tower apartemen dengan masing-masing tower memiliki 986 unit. Artinya, apartemen GZT akan dibangun sekitar 9.000 unit secara bertahap dalam waktu delapan tahun ke depan.

GZT diklaim sebagai yang pertama dirancang dengan pendekatan konsep Islami. Hal itu tidak hanya direpresentasikan dalam pengembangan masjid terbesar di Jalan Margonda sebagai etalase proyek, melainkan juga nilai-nilai relijius.

[Baca Juga : Perkembangan Apartemen Syariah di Sekitar Plaza Depok]

Menurut pengembang seperti yang dikutip dari kompas.com, nilai-nilai Islami tidak hanya berupa kehadiran masjid di depan kompleks proyek, juga pengembangan ramah lingkungan, kebersihan, dan silaturahim antar penghuni apartemen nantinya. Itulah mengapa, di setiap menara apartemen akan dilengkapi dengan sentra komunitas dan fasilitas-fasilitas yang bisa dimanfaatkan penghuni bersosialisasi dan beraktivitas.

Menara pertama yang dikembangkan yaitu Cordoba memiliki 986 unit. Tipikal unit yang ditawarkan adalah tipe studio seluas 21,67 meter persegi. Apartemen ini berhadapan dengan kantor Wali Kota Depok dan di samping Mapolresta Depok. Apartemen bernuansa relijius ini akan menjadi apartemen yang tertinggi di Depok berisi 29 lantai dengan kubah masjid di atasnya.

Quranic Village

Koperasi Syariah 212 (KS 212) bekerjasama dengan pengembang PT Griya Sarana Akbar yang mendirikan GZT membangun Tower 212, Quranic Village. Menurut situs koperasisyariah212.co.id, penandatanganan kerjasama dilakukan pada Maret 2017 di kawasan proyek GZT. Kerjasama ditandatangani oleh Ketua Umum Koperasi Syariah 212 Dr. Muhammad Syafii Antonio dan Direktur PT Griya Sarana Akbar M. Rangga Ramadhan, disaksikan Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna, Ketua Komunitas Koperasi Syariah 212.

Kerjasama pembangunan Tower 212 ini, menurut Ketua Umum Koperasi Syariah 212, Dr. Muhammad Syafii Antonio, merupakan salah satu cara membangun kekuatan ekonomi umat Islam, melalui kekuatan berjamaah. Koperasi Syariah 212 pesan satu tower di kompleks apartemen GZT berisi 370 unit.

Kehadiran Tower 212 Quranic Village di kompleks GZT melengkapi iklim Islami yang memang dibangun oleh kompleks apartemen itu. Nantinya Tower 212 Quranic Village akan mengelola musala di GZT.

[Baca Juga : Menuju Pemerataan Pembangunan Kota Depok]

Direktur Utama PT KSO Griya Sarana Jaya Property, Beny Witjaksono, masih dari sumber yang sama, menjamin legalitas tower yang akan dibangunkan untuk Tower 212 Quranic Village. Perusahaan ini adalah pengelola dari proyek join venture, GZT antara PT Griya Sarana Akbar dan PD Sarana Jaya. Tower 212 Quranic Village akan berada di Tower F3 yang saat ini sudah mulai pembangunannya. Diperkirakan Januari 2018 sudah selesai. Dari sisi legalitas, sertifikat tanah hingga izin mendirikan bangunan (IMB) sudah di tangan.

Sebagai pengelola GZT yang berlokasi di dekat Plaza Depok ini, Beni Witjaksono mengakui, pihaknya memang menyasar pasar Muslim. Oleh karena itu, pihaknya menjalin beberapa kerjasama dengan komunitas-komunitas Muslim seperti Islamic Boarding School As Syifa, Koperasi Syariah 212, dan yang sedang dalam penjajakan yaitu Lembaga Wakaf Al Azhar.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  5 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads