Perketat Akses Perbatasan Jelang Lebaran, Pemprov DKI Jakarta Dorong Mudik Virtual

Berita Kawasan

Perketat Perbatasan Jelang Lebaran, Pemprov DKI Dorong Mudik Virtual

Tak terasa bulan Ramadan akan segera berakhir sekira sepekan lagi dengan umat Muslim yang siap menyambut hari raya Idulfitri. Namun karena diterapkannya kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta maka sejumlah tradisi yang biasanya dilakukan pada momen Idulfitri untuk tahun ini tak bisa dilakukan, seperti mudik atau silaturahmi ke rumah sanak saudara. Pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sendiri mendorong agar mudik ini dilakukan secara virtual. Bahkan demi mencegah warga Jakarta yang masih nekat untuk bepergian, Pemprov DKI Jakarta akan memperketat akses wilayah perbatasan di kawasan Ibu Kota.

Perketat Akses Perbatasan Jelang Lebaran, Pemprov DKI Jakarta Dorong Mudik Virtual

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut, pihaknya mengizinkan untuk warga Ibu Kota tetap beraktivitas di wilayah Jabodetabek tapi dengan catatan. Di mana mereka yang keluar rumah hanyalah orang-orang yang memang masuk ke dalam kategori pengecualian. Sedangkan untuk masyarakat lainnya tetap didorong untuk berdiam di rumah demi membantu terus menekan penyebaran COVID-19 wilayah Jabodetabek.

[Baca Juga: Perbatasan Bekasi-Karawang Terbanyak Kendaraan Pelanggar PSBB]

“Artinya semua tetap berada di rumah, yang bisa bepergian adalah orang yang karena tugas/pekerjaannya di 11 sekitar yang mendasar. Lebaran atau tidak, sama saja. Virus tidak kenal nama hari. Tidak ada hari besar atau hari biasa. Tidak kenal Lebaran atau tidak. Jangan kita membuat kondisi Jabodetabek kembali ke bulan Maret dan membuat usaha yang sudah berjalan semalam dua bulan lebih ini menjadi sia-sia,” tegas orang nomor satu di Provinsi DKI Jakarta itu, sebagaimana dikutip dari beritajakarta.id (16/5/2020).

Dengan banyaknya pihak yang menggaungkan mudik lokal atau mudik di dalam kawasan Jabodetabek dalam momen lebaran nanti, Anies tetap mendorong agar masyarakat Ibu Kota tak melakukannya. Mengingat ancaman virus Corona masih terus membayangi, ia meminta warganya agar memilih melakukan mudik virtual dengan menggunakan gawai agar tetap bisa bersilaturahmi di momen Idul Fitri tanpa khawatir memicu penyebaran COVID-19.

[Baca Juga: Pemprov DKI Siapkan Denda Hingga Sanksi Sosial Bagi Pelanggar PSBB]

Demi memastikan PSBB DKI Jakarta tetap efektif nanti menjelang momen Idulfitri, Dinas Perhubungan DKI Jakarta sudah siap mengetatkan pengawasan. Di mana akan ada sekitar 33 lokasi check point di area perbatasan DKI Jakarta yang nanti akan lebih diawasi demi mencegah masyarakat yang tetap nekat mudik lebaran walaupun itu bersifat mudik lokal.

“Kalau mudik otomatis tidak diperbolehkan. Dari kawasan Jabodetabek, tentu ada zonanya yang masih hijau, ini yang kami hindari. Mari sayangi keluarga kita,” tambah Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo.


Read More

Artikel Lainnya

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Suki 2 years, 4 months lalu
    suki

    Game dengan kemenangan tiada batas, Game dengan penghasilan terbesar, Game dengan sensasi yang luar biasa, Kekayaan menanti anda..... Daftarkan diri anda dan bergabunglah, Hanya di dupa88 <a href="https://dupa88.co/" rel="nofollow noopener" title="dupa88.net">Click Disini</a>