Perkuat Edukasi Digital, Kemenkominfo dan Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi Digital.jpg

Pendidikan

Kemenkominfo dan Ruangguru Luncurkan Ruang Literasi Digital

Penetrasi internet di Indonesia terus bertambah dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Ini bisa terlihat berdasarkan data terungkap bahwa pengguna internet di tahun 2021 di Indonesia, angkanya mencapai lebih dari 200 juta orang dan ini terbilang melesat bila dibandingkan tahun 2016 dengan angka 132 juta pengguna internet. Namun sayangnya meningkatnya pengguna internet ini tidak sebanding dengan kemampuan masyarakat yang melek digital sepenuhnya. Oleh karena itulah dalam upaya mengatasi hal tersebut, Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) menggandeng Ruangguru untuk menghadirkan Ruang Literasi Digital.

Kondisi kurangnya melek digital di Tanah Air ini sebenarnya terlihat dari beragam kasus atau postingan yang viral, ramainya hoax di media sosial, hingga banyak masyarakat yang terjebak pinjaman online ilegal (pinjol) dengan bunga selangit. Selain itu tak lupa juga berdasarkan survey Microsoft belum lama ini, Indonesia dipandang sebagai negara yang memiliki kesopanan digital terburuk di wilayah Asia Tenggara. Dari sinilah Kemenkominfo memandang percepatan transformasi digital yang terjadi juga harus disandingi pengembangan sumber daya manusia yang memang cakap berinternet.

Perkuat Edukasi Digital, Kemenkominfo dan Ruangguru Luncur kan Ruang Literasi Digital.jpg

Salah satu upaya untuk merealisasikan kecakapan internet ini adalah melalui kolaborasi Kemenkominfo dan Ruangguru melalui Ruang Literasi Digital. Di mana menurut Direktur Pemberdayaan Informatika Kemenkominfo Bonifasius W. Pudjianto, program ini memiliki empat pilar literasi digital yang terdiri dari kecakapan digital, etika digital, budaya digital, dan keamanan digital. Dari empat modul ini, Ruangguru menghadirkan konten di Ruang Literasi Digital yang diharapkan dapat membantu realisasi 50 juta masyarakat Indonesia mendapatkan edukasi literasi digital di Tahun 2024.

Ruang Literasi Digital sendiri sudah bisa diakses melalui apps Ruangguru dengan target para pelajar usia 10-18 tahun, guru, dan masyarakat umum. Di mana pihak Ruangguru memastikan semua konten dalam program ini dikemas sedemikian rupa agar menarik dan dapat dicerna oleh publik tanpa mereka merasa “digurui” oleh materi-materi literasi digital. Konten ini berisikan puluhan video yang bersifat interaktif dengan berisikan sitkom Keluarga Kocak, kuis, talkshow, hingga podcast.

[Baca Juga: Momen Sumpah Pemuda, Ruangguru Luncurkan Liga Ruangguru]

Salah satu yang dibahas dalam konten Ruang Literasi Digital adalah terkait keuangan digital yang nantinya disebut akan disangkutkan dengan pinjaman online. Pasalnya, pihak Kemenkominfo dan Ruangguru ingin menguatkan edukasi masyarakat bahwa memang ada pinjol yang baik karena sudah terdaftar di OJK dan ada juga yang memang ilegal yang tengah diupayakan diberantas pemerintah. Namun dalam Ruang Literasi Digital, Ruangguru menyajikan materi ini tidak secara gamblang membahas hal tersebut tapi dalam bentuk konteks bagaimana masyarakat menyadari cara tidak terjebak dengan pinjol ilegal.

Pihak Ruangguru memastikan Ruang Literasi Digital tak hanya berhenti di konten layaknya menonton YouTube semata, mengingat Kemenkominfo dan Ruangguru ingin program ini benar-benar dapat meningkatkan kemampuan melek digital masyarakat. Bahkan Ruangguru juga turut menggandeng para public figure melalui media sosial mereka untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di Ruang Literasi Digital dan tak lupa materi ini juga akan semakin diperkuat dengan pelatihan umum kepada para guru di Indonesia melalui webinar.

“Ini sudah terintegrasi kepada satu sistem learning journey. Jadi mulai dari ada kuisnya, kemudian nonton video, nanti kemudian siswa-siswi kita bisa melihat rangkuman, dan nanti ada juga kuis dan latihan soal untuk menguji kemampuan sudah seberapa paham materi yang sudah dipelajari. Kemudian kita juga ada fitur gamifikasi untuk semakin meningkatkan keaktifan anak-anak dalam menggunakan konten tersebut,” imbuh Kepala Kebijakan Publik Ruangguru Amri Ilmma dalam peluncuran Ruang Literasi Digital via zoom (10/11/2021).


Read More

Artikel Lainnya

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.

Cianjur Berduka, Dari Donasi Hingga Terus Bergerak di Lapangan Dilakukan Relawan Unpa d.jpg

Pendidikan

Cianjur Berduka, Donasi dan Bantuan Terus Berdatangan dari Relawan Unpad

30 November 2022, 11:22

Sejak H+1 gempa cianjur hingga saat ini, para relawan Unpad terus bergerak demi membantu korban bencana alam tersebut.

Selain One Republic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Selain OneRepublic, Dean Lewis dan Padi Reborn Siap Manggung di WUF 2023

29 November 2022, 15:46

Setelah mengumumkan OneRepublic dan Man With A Mission di line up pertama WUF 2023, penyelenggara kembali mengumumkan para musisi di line up fase kedua di konser yang akan digelar pada akhir Februari 2023 nanti.


Comments


Please Login to leave a comment.